7 Kumpulan Hadist Tentang Keberkahan Puasa Ramadan

0
7

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Dalam Alquran Allah SWT menyebutkan beragam keistimewaan bagi setiap umat Muslim, khususnya di bulan Ramadan. Di bulan ini Allah menurunkan berbagai keberkahan kepada seluruh umat Muslim. Hal ini juga dijelaskan dalam berbagai hadist yang membahas mengenai ibadah di bulan Ramadan.

Dalam hadist tersebut dijelaskan mengenai tata cara ibadah, amalan perbuatan yang sebaiknya dilakukan, hingga hikmah khusus yang akan diperoleh. Oleh karena itu, kita disarankan untuk menunaikan kewajiban puasa dan ibadah fardhu lainnya di bulan Ramadan dengan penuh keikhlasan. 

1. Hadits tentang Rasa Gembira Menyambut Ramadan

Sebagai bulan yang penuh berkah, sudah seharusnya kita menyambutnya dengan rasa gembira. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist berikut:

مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ

Artinya: “Barang siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka,” (Diriwayatkan dalam kitab Durrat Durrat An-Nasihin).

2. Pintu Neraka Ditutup saat Ramadan

Dalam salah satu hadist Al-Bukhari dan Muslim disebutkan jika di bulan Ramadan, pintu surganya Allah SWT akan dibuka seluas-luasnya, sedangkan pintu neraka akan ditutup.

إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ، وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِينُ

Artinya: “Ketika Ramadhan masuk, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan dirantai.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dari hadist tersebut, para ulama menafsirkannya dengan pengumpamaan bahwa di bulan puasa Ramadan, setan dibelenggu karena neraka ditutup. Lalu dibukanya surga berarti kita diharuskan untuk memanfaatkannya untuk mengejar pahala sebanyak-banyaknya.

3. Keutamaan Puasa Ramadan sekaligus Puasa Syawal

Tidak hanya puasa Ramadan yang mendatangkan berkah, tetapi puasa enam hari di bulan Syawal juga bisa mendatangkan banyak pahala, loh. Bahkan, dalam hadist disebut jika berpuasa di waktu-waktu tersebut sama artinya dengan berpuasa seumur hidup.

من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر

Artinya:  “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan, lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah dia berpuasa selamanya, ” (HR. Muslim)

4. Hadist tentang Bau Mulut Orang Puasa di Bulan Ramadan

Salah satu aktivitas yang kita lakukan saat berpuasa adalah menahan diri untuk tidak makan dan minum. Selama beberapa jam mulut kita tidak tersentuh oleh makanan dan minum, sehingga menimbulkan masalah bau mulut. Namun, ternyata masalah bau mulut ini dijelaskan dalam sebuah hadist berikut:

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ

Artinya: “Ada dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa: pertama ketika dia berbuka, dan yang lainnya ketika dia bertemu Tuhannya, dan (bau) nafas (orang yang berpuasa) lebih baik di sisi Allah daripada aroma wanginya kesturi,” (HR. Al-Bukhari).

5. Berpuasa di bulan Ramadan Menghapuskan Dosa

Dalam hadist riwayat Bukhari nomor 38, 1910, 1802 disebutkan hal lain tentang puasa Ramadan. Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ ، وَفُتِحَتْ أَبُوَابُ الجَّنَةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ

Artinya: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.”

6. Hilal untuk Menentukan Waktu Mulai berpuasa dan Hari Raya Idul Fitri

Sebelum melakukan ibadah puasa, umat Muslim akan menunggu munculnya hilal. Hal ini juga dijelaskan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Artinya: “Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari,” (HR. Bukhari No. 1909).

7. Puasa Ramadan dapat Menaikkan Derajat

Ladies, berpuasa di bulan Ramadan juga dapat meninggikan derajat kita sebagai hambanya Allah SWT, loh. Hal itu sudah disebutkan dalam salah satu hadist, yaitu:

وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: “Allah memiliki hamba-hamba yang dimerdekakan dari neraka. Demikian itu pada setiap malam (Ramadan),” (HR. Tirmidzi).

Demikian kumpulan hadist tentang Ramadan yang bisa menambah pengetahuan kita soal keistimewaan bulan ini. Semoga bermanfaat ya Ladies!

Baca Juga:

30 Motto Hidup Islami Menurut Al Quran, Khalifah, dan Hadist

Hadist Tentang Sabar Menurut Islam, Ketahui Keutamaannya

Doa Pelunas Hutang Sesuai Ajaran Islam, Amalkan Setiap Hari