Inilah Kumpulan Hadis Pendek yang Membuat Hati Tentram

0
340

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Hadis merupakan isi sumber ajaran agama islam yang digunakan oleh umat muslim sebagai pedoman dalam hidup setelah Al-qur’an. Biasanya berisi sabda, perbuatan-perbuatan, ketetapan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW kemudian diriwayatkan atau diceritakan oleh sahabat untuk menjelaskan maupun menetapkan hukum islam. Hadis bisa juga dimaknai sebagai sunah nabi.

Berdasarkan sumber isinya, hadis dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu hadis qudsi dan hadis nabawi. Hadis qudsi adalah hadis yang berisi firman-firman Allah SWT yang disampaikan melalui lisan atau diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sementara itu, hadis nabawi adalah hadis yang isinya merupakan perkataan (qauli), perbuatan (fi’li), maupun ketetapan (taqriri) dari Rasulullah SAW.

Berikut ini adalah kumpulan hadis pendek yang patut kita ketahui agar kita dapat mudah mengingat dan memaknainya dengan lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

1. Hadis Pendek Tentang Senyum

Hadis tentang senyum ini memiliki keutamaan bahwa saat kita tersenyum pada sesama itu berarti kita sudah memberi sedekah paling murah sekaligus mudah yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah hadis tentang senyum sebagai bagian dari sedekah:

2. Hadis Pendek Tentang Menahan Amarah

Hadis tentang menahan amarah yang patut kita ketahui agar kita senantiasa bersabar dan tidak larut di dalam amarah yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita. Berikut ini adalah hadis tentang anjuran untuk menahan amarah yang dapat menjadi pengingat kita:

3. Hadis Pendek Tentang Keutamaan Berbakti Pada Orang Tua

Hadis tentang berbakti pada orang tua yang patut kita ketahui agar kita bersikap baik dan menjaga tutur perkataan kita pada orang tua karena keberkahan hidup pasti kita raih apabila rida orang tua membersamai langkah kita. Berikut ini adalah hadis tentang berbakti pada orang tua yang dapat menjadi pengingat kita:

 4. Hadis Pendek Tentang Menjaga Lisan

Hadis tentang menjaga lisan atau tutur kata kita yang baik agar kita tidak menyakiti hati orang lain. Berikut ini adalah hadis tentang menjaga lisan kita yang dapat menjadi pengingat:

 5. Hadis Pendek Tentang Ilmu

Hadis tentang keutamaan ilmu agar kita menjadi semangat dalam belajar dan mencari ilmu pengetahuan yang bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut ini adalah hadis tentang keutamaan ilmu yang dapat kita ketahui:

6. Hadis Pendek Tentang Niat

Di dalam ajaran islam, niat menjadi salah satu dasar paling penting saat kita melakukan beragam ibadah kita pada Allah SWT dan juga dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Berikut ini adalah hadis tentang niat yang harus kita ketahui:

7. Hadis Pendek Tentang Mendahulukan Kanan

Dari kecil kita selalu diajarkan oleh orang tua kita untuk mendahulukan kanan dibanding dengan kiri, seperti melakukan hal-hal baik dengan tangan kanan. Berikut ini adalah hadis tentang mendahulukan kanan yang harus kita ketahui:

8. Hadis Pendek Tentang Menutup Aurat

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi umat muslim yang harus dilakukan. Berikut ini adalah hadis tentang menutup aurat:

Itulah kumpulan hadis pendek yang harus kita ketahui dan dapat kita hafalkan agar menjadikan hidup kita menuju kebaikan dan meraih keberkahan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Begini Hukum, Doa, dan Tata Cara Tayamum

Kumpulan Doa Saat Turun Hujan Agar Dilimpahkan Berkah