Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet

0
295

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Pernikahan sering dikatakan sebagai gerbang awal memulai kehidupan yang baru bagi pasangan pengantin. Selain mengharapkan pernikahan yang sakinah, mawadah, dan warohmah, doa juga senantiasa dipanjatkan sebagai penyempurna agar tujuan tersebut dapat tercapai.

Ladies juga pasti ingin jika pernikahan kita ataupun orang terdekat mendapat keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah kumpulan doa yang Ladies Corner kumpulkan untuk para pengantin baru. Simak sampai habis ya, Ladies.

1. Doa Para Tamu Undangan untuk Pengantin yang Berbahagia

Ladies, memenuhi undangan pernikahan merupakan kewajiban bagi para muslim. Selain itu, datang ke pernikahan keluarga, kerabat, ataupun teman pastilah terasa menyenangkan. Ikut memberikan restu bagi pengantin yang berbahagia sekaligus memberi doa bagi pasangan pengantin baru. Berikut ini doa yang bisa diucapkan para tamu undangan setelah menyaksikan ijab kabul pengantin baru:

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” 

2. Doa untuk Pengantin Pria kepada Pengantin Wanita Setelah Akad

Setelah proses akad nikah yang khidmat dan sedikit menegangkan, perasaan kedua mempelai terasa lega tatkala kata “sah!” terucap. Selain doa yang dipanjatkan wali nikah setelah ijab kabul, ada doa lain yang bisa dibaca oleh pengantin pria kepada istrinya. Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk membacakan doa ini bagi pengantin pria. Pengantin pria bisa memegang ubun-ubun sang istri sambil membaca doa berikut ini:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.” 

3. Doa untuk Pengantin Saat Malam Pertama

Setelah acara resepsi pernikahan, pasangan pengantin baru biasanya langsung beristirahat sekaligus menikmati waktu berdua sebagai pasangan suami istri. Berikut doa yang dianjurkan dibaca oleh suami istri saat malam pertama sekaligus doa memohon agar senantiasa dilindungi dan dijauhkan dari godaan setan.

Bismillaahi Allahumma jannibnasy syaithoona wajannibisy syaithoona maa rozaqtanaa

Artinya: “Dengan Nama Allah, Ya Allah! Jauhkan kami dari setan, dan jauhkan setan agar tidak mengganggu apa (anak) yang Engkau rezekikan kepada kami”. (HR. Bukhari dan Muslim).

 4. Doa Memohon Keturunan yang Baik

Bagi pasangan pengantin yang ingin segera memiliki keturunan juga dapat membaca doa ini untuk memohon agar diberi keturunan yang baik.

Hunālika da’ā zakariyyā rabbah, qāla rabbi hab lī mil ladungka żurriyyatan ṭayyibah, innaka samī’ud-du’ā`

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (Q.S. Al-Imran: 38).

Setelah itu, jangan lupa untuk menyambung doa dengan membaca ayat berikut ini. 

Robbi hab lii minash-sholihiin

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang shaleh.” (Q.S. As-Saffat: 100).

5. Doa Setelah Berhubungan Suami Istri untuk Pengantin Baru

Setelah melakukan hubungan suami istri, pasangan pengantin hendaknya membaca doa ini yang cukup dibaca di dalam hati tanpa menggerakan mulut.

Bismillahi. Alhamdulillâhilladzî khala minal mâ’i basyarâ, faja‘lahû nasaban wa shahrâ, wa kâna rabbuka qadîrâ.

Artinya: “Dengan nama Allah, segala puji bagi-Nya yang telah menciptakan manusia dari air, lalu menjadikannya sebagai keturunan dan kekerabatan. Tuhan-mu Maha Kuasa.

 6. Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri

Seusai berhubungan suami istri, sebaiknya pasangan pengantin baru untuk segera mandi junub agar bisa segera melaksanakan ibadah salat. Maka saat mandi wajib hendaklah membaca doa berikut ini.

Bismillahirrahmanirrahim nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta’ala.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala.

Itulah Ladies kumpulan doa untuk pengantin baru. Semoga keberkahan, kebaikan, dan kebahagiaan selalu menyertai pernikahan kita dan orang-orang di sekitar.

Baca Juga:

Ingin Cepat Sembuh? Berikut Kumpulan Doa Meminta Kesembuhan

Ingin Dimudahkan dalam Berkarir? Berikut Kumpulan Doa Meminta Rezeki

Kumpulan Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Orang Tersayang