Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua, Ketahui Juga Keutamaannya

0
27

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Orang tua saja memiliki kewajiban untuk menjaga, mendidik, dan membesarkan anak-anaknya. Namun, sebagai seorang anak, kita juga memiliki kewajiban untuk membahagiakan dan menjaga kedua orang tua saat mereka sudah berusia lanjut.

Ketika kedua orang tua sakit, kita diwajibkan untuk menjaga dan meringankan bebannya. Hal itu menjadi salah satu bentuk bakti seorang anak kepada orang tuanya. Selain itu, kita juga bisa memanjatkan doa untuk kedua orang tua.

Selain mendapatkan pahala, mendoakan kedua orang tua juga memiliki keutamaan tertentu dalam Islam. Pada artikel kali ini Ladies Corner sudah merangkum keutamaan dan kumpulan doa untuk kedua orang tua.

Keutamaan Membaca Doa untuk Kedua Orang Tua

keutamaan-dan-Doa-untuk-Kedua-Orang-tua

Selain mendapatkan ganjaran pahala, mendoakan kedua orang tua merupakan kewajiban seorang anak. Berikut beberapa keutamaan membaca doa untuk kedua orang tua dalam pandangan Islam.

1. Mendapat rida Allah

Kita pasti sering mendengar kalimat hadis bahwa rida Allah tergantung pada rida kedua orang tua. Selai itu, murka Allah tergantung murka kedua orang tua. Maka, mendoakan mereka bisa mendatangkan kemudahan dan keberkahan baik untuk kita semua, Ladies.

2. Dijauhkan dari perkara yang sulit

Ketika kita sudah dimudahkan dalam mendapat rida Allah, niscaya semua urusan kita bisa berjalan lebih mudah. Tidak hanya itu, kita juga terhindar dari perkara yang menyulitkan. Hal ini tidak luput dari doa orang tua yang mustajab.

3. Dimudahkan rezekinya

Pada dasarnya bentuk rezeki itu tidak selalu hanya berupa materi, tetapi juga kehadiran dan kesehatan orang-orang yang kita sayangi, terutama orang tua. Untuk itu, mendoakan kedua orang tua dan berbakti kepada mereka adalah hal yang wajib dilakukan karena dapat membuka pintu rezeki.

Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua

keutamaan-Doa-untuk-Kedua-Orang-tua

Setelah mengetahui keutamaan dari membaca doa, kita juga perlu mengetahui beberapa doa untuk orang tua baik di dunia dan akhirat. Berikut ini kumpulan doa yang dapat kita amalkan, Ladies.

1. Doa untuk Kedua Orang Tua Yang Sedang Sakit

Salah satu momen yang tidak diinginkan oleh semua anak adalah ketika melihat orang tuanya sakit. Kita yang terbiasa dengan bantuan dari orangtua akan merasa kehilangan jika orangtua sedang sakit.

Oleh karena itu, sebagai anak yang berbakti sudah seharusnya kita mendoakan orangtua agar Allah segera mengangkat penyakit. Adapun doa yang bisa kita panjatkan yaitu:

keutamaan-dan-Doa-untuk-Kedua-Orang-tua

“Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaan laa yughaadiru saqamaa.”

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

2. Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sakit Keras

Sebagai anak, wajar jika merasa sedih melihat orangtua menderita, apalagi jika harus dihadapkan dengan sakit keras. Namun, kita masih dapat membantu mereka dengan memohon doa kepada Allah Sang Pencipta. Berikut bacaan doanya:

keutamaan-dan-Doa-untuk-Kedua-Orang-tua

“Allahumma ahyini maa kaanatil hayatu khoiroli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.”

Artinya: “Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

3. Doa untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Saat kedua orangtua meninggal, sejatinya hanya doa anak yang bisa menolong mereka di alam akhira. Oleh karena itu, kita harus terus mendoakan orang tua meskipun mereka sudah meninggalkan dunia ini. Adapun doa yang dapat dipanjatkan berikut ini:

keutamaan-dan-Doa-untuk-Kedua-Orang-tua

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi aa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khatha ya kamaa yunaqqats-tsaubul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zawjan khairan min zawjihi, wa dakhil al jannata wa a’udzu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzabin naar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah serta rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Serta muliakanlah tempat singgahnya, senggangkan jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan menggunakan air jernih serta sejuk, serta bersihkanlah kedua orang tuaku dari semua kesalahan layaknya baju putih yang telah dibersihkan dari kotoran. Serta gantilah tempat singgahnya dengan tempat singgah yang lebih baik dibandingkan yang ditinggalkannya, serta keluarga yang lebih baik, dari yang telah ditinggalkannya pula. Masukkanlah kedua orang tuaku menuju surga, serta lindungilah dari siksanya kubur dan juga fitnahnya, serta siksa api neraka.”

Itulah penjelasan mengenai keutamaan dan kumpulan doa untuk kedua orang tua yang dapat kita panjatkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Ladies.

Baca Juga:

4 Doa Meminta Kemudahan dalam Segala Urusan Hidup

Kisah Nyata Bertemu Jodoh Lewat Doa, Bukti Jodoh Pasti Ada

Anjuran Rasulullah, Inilah 5 Doa Penghapus Dosa