Kumpulan Doa untuk Ibu Hamil agar Senantiasa Dilindungi Allah SWT

0
15

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Bagi pasangan suami istri, kehadiran sang buah hati adalah pelengkap kebahagiaan dalam rumah tangga. Oleh karena itu, saat sang istri sedang hamil, pasangan suami istri akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga sang ibu dan calon bayi.

Salah satu upaya yang wajib dilakukan oleh umat muslim adalah memanjatkan doa kepada Allah agar ibu dan janin yang dikandung senantiasa sehat. Selain itu, tidak lupa untuk mendoakan agar dalam proses kelahiran dilancarkan.

Nah, berikut ini Ladies Corner sudah merangkum beberapa doa yang dapat dipanjatkan bagi para Ladies yang sedang hamil. So, langsung saja simak penjelasannya sampai habis ya, Ladies!

Amalan yang Dilakukan Saat Hamil

Kumpulan-Doa-untuk-Ibu-Hamil

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi dan rutin melakukan pemeriksaan, Islam juga menganjurkan untuk membaca doa untuk janin yang dikandung. Tujuannya agar janin yang dikandung bisa lahir dengan lancar, menjadi anak sholeh atau sholehah, dan selalu berada dalam lindungan-Nya. 

1. Memperbanyak Membaca Surat Al-Fatihah

Sebagai surat pembuka dalam Al-Qur’an, Al Fatihah memiliki banyak keistimewaan bagi siapa pun yang membacanya. Salah satunya memberikan pertolongan seperti yang tercantum dalam salah satu ayatnya yang berarti:

“Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan” (QS. Al-Fatihah: 5).

Selain itu, Ibnul Qayyim juga pernah berkata bahwa:

“Aku pernah tinggal beberapa waktu lamanya di Makkah. Ketika itulah aku menderita beberapa penyakit, sementara aku tidak berobat ke dokter dan tidak pula menemukan obat. Maka aku mengobati diriku sendiri dengan surat Al-Fatihah. Aku melihat pengaruhnya yang menakjubkan. Aku pun menceritakan pengalamanku ini kepada orang-orang yang mengeluhkan sakitnya. Dan kebanyakan mereka sembuh dengan cepat.”

Hal ini sejalan dengan kondisi ibu hamil yang membutuhkan pertolongan dari Allah SWT agar kandungannya agar tetap sehat dan dijauhkan dari bahaya. Jadi, surat Al Fatihah bisa dibaca setiap hari dan kapan saja oleh ibu yang sedang hamil.

2. Bacaan Ayat Kursi

Selanjutnya, ibu hamil juga disarankan untuk rajin membaca ayat kursi di pagi dan petang hari. Sebab, surat ini berisi puji-pujian tentang keagungan Allah sebagai Sang Pencipta. Dengan membaca ayat kursi ini bisa mendatangkan amalan baik, tidak hanya meningkatkan keimanan pribadi, tetapi juga ketenangan hati selama hamil.

3. Membaca Tiga Surat Terakhir di Alquran

Selain membaca ayat kursi, bagi Ladies yang sedang hamil juga dianjurkan untuk rutin mengamalkan tiga surat terakhir dalam Al-Qur’an yaitu surat An-Nas, Al-Ikhlas, dan Al-Falaq. Tujuannya agar janin dan sang ibu terlindungi dari segala bahaya dan senantiasa diberikan keberkahan.

Kumpulan Doa untuk Ibu Hamil

Kumpulan-Doa-untuk-Ibu-Hamil

Selain membaca surat-surat pendek Al-Qur’an, Ladies dapat memanjatkan doa-doa pendek lainnya. Dengan begitu hati akan terasa tenang selama masa kehamilan. Adapun doa-doa yang dapat diamalkan sehari-hari, yaitu:

1. Doa agar janin yang dikandung sehat

“Allahummah fazh waladii ma daama fii bathnii. Wasyfihi ma’ii. Anta asy-syaafi laa syifaa’an illa syifaa ‘uka syifaa ‘anlaa yughaadiru saqamaa.”

Artinya: “Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain.”

2. Doa untuk ibu hamil yang kelelahan

اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ

“Allaahumma ‘aafinii fii badanii wa ‘aafinii fii sam’ii wa ‘aafinii fii bashorii.”

Artinya: Ya Allah, sehatkan badanku, sehatkan pendengaranku, dan sehatkan penglihatanku.

3. Doa agar anak yang dikandung lahir sebagai anak yang beriman

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Walladziina yaquuluuna Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrata a’yunin waj’alnaa lilmuttaqiina Imaamaa.”

Artinya: “Tuhan kami, Anugerahkanlah kami istri-istri dan keturunan kami yang menyenangkan hati, dan jadikan kami imam bagi orang yang bertakwa,” (Al-Furqan ayat 74).

Selain doa-doa tersebut Ladies bisa membaca dzikir atau doa apapun yang membuat hati tenang. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk diamalkan ya, Ladies.

Baca Juga:

Doa Pelunas Hutang Sesuai Ajaran Islam, Amalkan Setiap Hari

Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Ketahui Keistimewaan dan Lafadznya

5 Bacaan Doa untuk Ketenangan Hati, Amalkan Saat Hati Galau