Kumpulan Doa Saat Turun Hujan Agar Dilimpahkan Berkah

0
174

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang juga bukti atas kekuasaan dan kebesaran dari Allah SWT. Hadirnya air hujan menjadi sumber kehidupan bagi makhluk-makhluk yang ada di bumi. Tanah menjadi tidak kering dan gersang, tumbuhan menjadi subur, hewan mendapatkan air untuk minum, dan manusia mendapatkan sumber air untuk minum dan mendukung beragam aktivitas harian.

Berbagai nikmat yang Allah SWT berikan melalui hadirnya hujan, membuat kita untuk senantiasa melengkapi rasa syukur itu dengan doa-doa yang tulus dari dalam hati. Apalagi saat hujan termasuk waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa dan harapan pada Allah SWT. Sesuai dengan Hadis riwayat Al Hakim dan Al Baihaqi yang mengatakan bahwa ada dua yang tidak akan ditolak. Pertama adalah doa ketika azan dan yang kedua adalah doa ketika turunnya hujan.

Berikut ini adalah doa saat hujan yang dapat kita panjatkan agar Allah SWT memberi semakin banyak rahmat dan keberkahannya pada kita:

Bacaan Doa Memohon Manfaat Ketika Turun Hujan

doa saat turun hujan

Di dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW ketika melihat turunnya hujan, mengucapkan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

“Allahumma shoyyiban nafi’an.”

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Selain membaca doa yang Rasulullah SAW lakukan, bisa juga melengkapinya dengan bacaan zikir yang dikutip dari buku Doa dan Wirid oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas. Inilah bacaan zikirnya:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

“Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih.”

Artinya: “Kita diberi hujan (dari langit) karena karunia dan rahmat Allah.”

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan Lebat

doa saat turun hujan

Di dalam hadis riwayat Al-Bukhari, Rasulullah SAW membaca doa berikut saat hujan lebat turun untuk memohon pada Allah SWT agar hujan yang Allah turunkan bukanlah hujan yang merusak dan menyebabkan musibah melainkan hujan yang diturunkan dapat untuk memberi manfaat. Inilah bacaan doa ketika turun hujan yang lebat:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa ini pun bisa dibaca saat hujan lebat yang turun terus-menerus dan mengakibatkan kesulitan dan musibah banjir. Kita bisa memanjatkan harapan dan permohonan pada Allah SWT agar hujan lebat yang turun dapat segera berhenti sambil membaca doa ini.

Zaman dahulu dikisahkan pernah turun hujan yang lebat selama berhari-hari yang mengakibatkan banyak kesulitan bagi manusia, mulai dari terputusnya akses jalan, membusuknya stok makanan, dan beragam aktivitas yang terhambat. Rasulullah SAW memanjatkan doa ini pada Allah SWT untuk menolong umatnya yang sedang ditimpa kesulitan agar hujan dapat berhenti.

Bacaan Doa Saat Hujan Disertai Petir

doa saat turun hujan

Dalam hadis riwayat Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa berikut ini saat hujan turun yang disertai dengan petir. Inilah bacaan doanya: 

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

“Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya: “Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”

Bacaan Doa Saat Hujan Disertai Angin Kencang

doa saat turun hujan

Di dalam salah satu hadis yang diriwayatkan pada Imam Muslim, Rasulullah SAW membaca doa berikut ini saat hujan turun disertai angin yang kencang. Inilah bacaan doa saat hujan disertai angin kencang.

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

“Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

Itulah kumpulan bacaan doa saat hujan yang dapat kita amalkan saat hujan turun. Semoga Allah SWT senantiasa menurunkan nikmat air hujan untuk memberi keberkahan dan manfaat bagi seluruh makhluk yang ada di bumi.

Baca Juga:

Agar Cepat Dipertemukan, Inilah Doa Agar Mendapatkan Jodoh Terbaik

Inilah Tata Cara dan Doa Mandi Wajib Setelah Haid

Ingin Cepat Sembuh? Berikut Kumpulan Doa Meminta Kesembuhan