Kumpulan Doa Pagi Katolik buat Mengawali Hari

0
266

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Bagi umat Katolik, pagi hari adalah waktu paling tepat buat berdoa. Suasana pagi yang masih hening dan teduh dijadikan momen untuk berbincang lebih dalam dengan Tuhan. Doa pagi Katolik biasanya dapat berupa ucapan syukur, memohon pertolongan, hingga kekuatan sebelum bekerja.

Berikut ini penggalan doa pagi umat Katolik yang bisa kita panjatkan saat bangun tidur. Hati dijamin lebih tenang dan syahdu kala memilih menyapa Tuhan sebelum beraktivitas.

Doa Pagi dalam Keheningan

Doa pagi paling baik dipanjatkan saat suasana di sekitar kita masih sunyi. Terlebih saat sebagian besar orang juga masih terlelap dalam tidurnya. Di keheningan inilah kita lebih mudah konsentrasi sehingga hadirat Tuhan dapat lebih nyata dan dekat kita rasakan.

Berikut petikan doa pagi Katolik yang bisa diucapkan:

Bapa, terima kasih untuk tidur nyenyak yang telah Kau berikan semalam. Pagi ini, aku datang ke hadirat-Mu dan mengucap syukur atas satu hari baru yang kujalani. Mohon berkat-Mu ya Bapa, biar segala tutur kata dan perbuatanku di hari hanyalah yang berkenan di hadapan-Mu. Pakai tangan, mulut, kaki, dan hatiku buat kemuliaan nama-Mu. Dan agar kehendak-Mu yang jadi di hidupku ya, Bapa. Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Doa Pagi Ucapan Syukur

Pagi hari juga menjadi waktu yang tepat untuk mengucap syukur atas kebaikan-kebaikan Tuhan di hidup kita. Oleh sebab itu, ambil waktu sejenak buat menaikkan doa pagi. Berterima kasihlah untuk tiap hal-hal kecil hingga anugerah yang telah kita peroleh dari Tuhan.

Berikut petikan doa pagi Katolik yang bisa dipanjatkan:

Terima kasih Bapa untuk pagi hari indah yang sudah Kau berikan buatku. Kasih dan kebaikan-Mu begitu melimpah dalam hidupku. Pagi ini, aku mau mengucap syukur untuk segala hal yang Kau sediakan buatku. Terima kasih untuk kesehatan, pekerjaan, keluarga, dan berkat lain yang telah kuterima. Aku berdoa agar Engkau juga menjaga sekaligus memberi berkat untuk keluarga serta sahabatku. Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Doa Pagi Meminta Bimbingan Tuhan

Kita membutuhkan kekuatan untuk menjalani hari-hari. Bukan hanya kekuatan fisik, melainkan ketabahan dari Tuhan. Maka, memohon bimbingan Tuhan dalam menjalani hari juga dapat dimasukkan dalam doa pagi.

Berikut kutipan doa pagi Katolik yang bisa dipanjatkan:

Mengucap syukur dan terima kasih ya, Bapa, atas penyertaan-Mu di hari kemarin hingga aku bisa bangun di pagi ini. Kini, aku mohon berkat dan pimpinan-Mu untuk menjalani satu hari panjang ini. Bapa kiranya sertai dan tuntun aku dalam menghadapi rintangan apa pun yang akan muncul. Beri hikmat agar tiap tingkah lakuku hanya seturut dengan kehendak-Mu saja. Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Doa Pagi sebelum Bekerja

Kita kadang tidak terbiasa berdoa sebelum bekerja. Rutinitas pagi menyebabkan kita senantiasa terburu-buru bekerja dan melewatkan ritual doa. Padahal, memanjatkan doa pagi sebelum bekerja juga penting loh.

Berikut penggalan doa pagi Katolik yang dinaikkan:

Bapa, terima kasih untuk pekerjaan yang masih Kau berikan buatku. Hari ini, tuntunlah aku dalam bekerja. Beri aku tangan yang tak lelah menempa. Penuhi hatiku dengan ketulusan agar semua pekerjaan yang kulakukan menjadi kemualiaan nama-Mu saja. Jauhkan aku dari godaan mengeluh. Jadikan aku alat-Mu biar aku bisa jadi berkat buat orang lain. Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Doa Pagi Mohon Kekuatan

Ada kalanya kita merasa lelah dan ingin menyerah. Mau memulai hari baru saja rasanya amat berat. Di titik inilah kita butuh sujud menyembah dan berserah pada Tuhan. Mintalah kekuatan saat doa pagi agar hati kita lebih tenang.

Berikut penggalan doa pagi Katolik yang diucapkan:

Bapa, hari ini aku amat lelah. Aku tak tahu apakah punya kekuatan lebih untuk menjalani hari baru ini. Aku mau serahkan segala pergumulanku ke dalam tangan-Mu. Biar kasih-Mu menjamah sekaligus hatiku dalam tutur kata dan perbuatan hari. Aku percaya, badai besar apa pun itu, Engkau selalu ada di sisiku. Berikanlah kekuatan agar aku bisa menjalani hari ini dengan lebih bersuka cita. Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Itulah beberapa penggalan doa pagi Katolik yang bisa menjadi penyemangat sebelum memulai hari. Bercakap-cakap sejenak dengan Tuhan di pagi hari dapat menguatkan kita.

Baca Juga:

Kumpulan Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah

Bacaan Doa Qunut Nazilah untuk Meminta Perlindungan Allah

Inilah Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Ulang Tahun