Kumpulan Doa Memohon Kebaikan dan Keselamatan Diri Menurut Islam

0
5

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Ladies, memanjatkan doa memohon kebaikan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat adalah hal yang patut diamalkan setiap saat. Dengan membaca doa kebaikan dan keselamatan, kita berharap agar Allah SWT menjauhkan segala hal yang merugikan dan berbahaya.

Oleh karena itu, dalam agama Islam ada penjelasan mengenai kumpulan doa memohon kebaikan dan keselamatan yang dapat dipanjatkan setiap hari. Hal ini juga diajarkan oleh Rasulullah agar kita juga menjadi pribadi yang lebih baik.

Lantas bagaimana bunyi doa memohon kebaikan dan keselamatan? Berikut ini Ladies Corner sudah merangkum beberapa kumpulan doa yang dapat kita panjatkan setiap hari. So, keep scrolling, Ladies!

1. Doa untuk Kebaikan Diri Sendiri di Dunia Akhirat

doa-memohon-kebaikan-dan-keselamatan-diri-sendiri

Sebagai manusia, kehidupan kita tidak berhenti di kehidupan fana, tetapi juga akhirat. Untuk itu, demi kebaikan diri sendiri, kita wajib untuk memanjatkan doa dan meminta perlindungan Allah baik di kedua alam tersebut. Adapun doa yang kita baca adalah sebagai berikut:

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa dil aakhirati hasanah waqina ‘adzaabannaar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

2. Doa agar Diberikan Perlindungan di Dunia dan Akhirat

Doa-Meminta-Kemudahan-dalam-Segala-Urusan-Hidup

Sejatinya Allah SWT selalu mendengar keinginan, harapan, dan doa semua umatnya. Terlebih lagi jika doa yang kita panjatkan adalah doa-doa baik. Untuk itu, berdoalah kepada Allah agar selalu diberikan petunjuk dan memohon kebaikan-kebaikan lainnya untuk diri sendiri. Ada salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah untuk kebaikan diri, yaitu:

اللهم اغفر لي وارحمني واهدني وغافني وارزقني

Allahummaghfili warhamni wahdini warzuqni

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah aku petunjuk, selamatkan aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.” (HR. Muslim)

3. Doa agar Diberikan Rezeki yang Halal dan Berkah

doa-memohon-kebaikan-dan-keselamatan-diri-sendiri

Sejatinya, rezeki bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti rezeki pekerjaan, rezeki masih diberi napas, dan lain-lain. Oleh karena itu, berdoalah kepada Allah agar setiap rezeki yang kita terima dalam keadaan halal dan mendatangkan nilai kebaikan diri sendiri. Adapun bacaan yang dapat kita panjatkan untuk memphon keberkahan yaitu:

الله هوما يا غانييو ، يا هاميدو ، يا مبديو يا معييدو يا رحيمو, يا ودودو. أغنيني بهاليقة وحرامية وبتاعتيقين معشياتيكا وبيفاضليقة عمان سواقة

Allaahuumma yaa ghaniyyu, yaa hamiidu, yaa mubdi’u yaa mu’iidu yaa rahiimu yaa waduudu. Aghnini bihaalika an haraamika wa bithaa’atika ‘an ma’shiyatika, wa bifadhlika ‘amman siwaaka.

Artinya: “Ya Allah, wahai dzat yang Mahakaya, Dzat yang Maha terpuji, Dzat yang Maha memulai, Dzat yang maha mengembalikan, Dzat yang maha pengasih, Dzat yang maha penyayang, kayakanlah pada diriku akan rezeki yang halal, jauhkan dari rezeki yang haram dan dengan ketaatan kepada-Mu jauh dari perilaku maksiat kepada-Mu dan dengan kecukupan-kecukupan karunia-Mu jauh dari siapapun selain Engkau.”

3. Doa Kebaikan Diri Sendiri agar Diberikan Keteguhan Hati

Doa-Meminta-Kemudahan-dalam-Segala-Urusan-Hidup

Allah SWT memiliki kuasa atas segala hal dalam diri kita, termasuk mengubah perasaan dan hati. Jadi jangan heran kalau sebagai manusia kita kerap kali merasakan perasaan yang terombang-ambing. Namun, untuk membuatnya lebih baik, ada doa yang bisa kita panjatkan, yaitu:

Allahumma inni as’aluka al tsabata fil amri wa as’aluka al azimata fir rusydi. Wa asaluka syukra ni’matika wa husni ibadatika wa as aluka lisanan shadiqan wa qolban saliman wa audzubika min syarri ma ta’lamu wa as’aluka min khairi ma ta’lamu wa astaghfiruka mimma ta’lamu innaka anta allamul ghuyub.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ketegaran dalam menghadapi segala permasalahan. Aku memohon kepada-Mu curahan petunjuk, serta aku memohon kepadaMu dapat mensyukuri nikmat dan rajin melakukan ibadah. Aku memohon kepada-Mu lisan yang jujur dan hati yang lurus. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang Engkau ketahui, dan aku memohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui, serta aku memohon kepada-Mu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui. Sebab hanya Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib.”

Demikianlah doa memohon kebaikan dan keselamatan diri sendiri yang bisa kita panjatkan kepada Allah SWT setiap harinya. Jangan lupa berdoa dan amalkan agar kita menjadi pribadi yang lebih baik, Ladies!

Baca Juga:

Doa Pelunas Hutang Sesuai Ajaran Islam, Amalkan Setiap Hari

4 Doa Meminta Kemudahan dalam Segala Urusan Hidup

Doa Mendapat Pekerjaan dengan Cepat, Amalkan Setiap Hari