Ingin Cepat Sembuh? Berikut Kumpulan Doa Meminta Kesembuhan

0
226

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Kita semua pasti pernah merasakan sakit dan tentunya pasti kita menginginkan untuk diberi kesembuhan. Sakit merupakan salah satu bentuk ujian bagi seorang mukmin maka hendaknya kita harus bersabar dan terus berikhtiar dalam mencari kesembuhan.

Setelah kita berusaha dengan periksa ke dokter dan meminum obat, sebaiknya menyempurnakan ikhtiar itu dengan berdoa pada Allah SWT. Inilah doa-doa meminta kesembuhan yang bisa kita coba saat sedang mendapat ujian sakit dari Allah SWT.

1. Doa Meminta Dihilangkan Rasa Sakit

Dalam beberapa hadis dikatakan bahwa sakit menjadi salah satu cara Allah SWT untuk menghapus dosa yang telah kita lakukan. Salah satunya terdapat dalam hadis ini:

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan menggugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang menggugurkan daun-daunnya,” (H.R. Bukhari, no.5660 dan H.R. Muslim no. 2571).

Doa meminta dihilangkan rasa sakit dan diberi kesembuhan ini bisa dibaca oleh diri kita sendiri maupun saat kita menjenguk orang yang sakit. Doa ini Rasulullah SAW baca ketika menjenguk orang yang sakit dan diriwayatkan dalam Hadis Muslim.

Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi laa syifa’a illa syifa’uka, syifa’an laa yughadiru saqaman

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah. Engkau dzat Yang Maha Penyembuhan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.”

 2. Doa Meminta Kesembuhan dan Diampuni Dosa

Doa ini bisa dibaca saat sedang menjenguk orang yang sakit agar orang tersebut dapat diberi kesembuhan sekaligus diampuni dosanya, berikut adalah doanya:

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

 3. Doa Nabi Ayub A.S. Saat Diberi Ujian Sakit Menahun

Doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ayub A.S. saat diberi ujian sakit menahun oleh Allah SWT agar lekas diberi kesembuhan. Bagi Ladies yang juga sedang mengalami sakit, bisa mengamalkan doa Nabi Ayub. Berikut ini adalah bacaan doanya:

Robbahuuu annii massaniyadh-dhurru wa anta arhamur-roohimiin

Artinya: “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (Q.S. Al-Anbiya:83).

 4. Doa yang menjadi Obat dari Segala Macam Penyakit

Surah Al Fatihah adalah surah pembuka dalam Al Qur’an yang banyak memiliki keistimewaannya. Salah satunya yaitu dapat menyembuhkan segala penyakit. Hal ini yang membuat surat Al Fatihah sering disebut sebagai obat penyembuh. Atas seizin Allah SWT, seseorang dapat diberi kesembuhan dengan membaca surah Al Fatihah.

Bismillahir-rohmaanir-rohiim. Alhamdulillaahi Robbil-‘aalamiin. Ar-Rohmaanir-rohiim. Maaliki yaumid-diin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinash-shiroothol-mustaqiim. Shirootalladziina an’amta ‘alaihim, ghoiril-maghduubi ‘alihim wa ladh-dhooolliin.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Itulah kumpulan bacaan doa meminta kesembuhan yang dapat Ladies baca untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain saat sedang diberi ujian kesabaran berupa sakit. Semoga dengan menyempurnakan ikhtiar yang sedang kita lakukan dengan berdoa, Allah SWT menjawab doa-doa yang kita panjatkan dan segera memberi kita kesembuhan.

 Baca Juga:

Yuk Intip 9 Negara Islam yang Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia

Tak Sekedar Budaya, Paes Pengantin Solo Sarat Akan Makna

Sedang Melamar Kerja? Ini Contoh Portofolio yang Disukai HRD