Kumpulan Doa Meminta Keselamatan, Pengampunan, dan Perlindungan

0
243

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Doa adalah pelengkap yang menjadi harapan agar kerja keras yang telah kita lakukan membuahkan hasil. Dengan membaca doa, kita merasa mendapat kemudahan serta keberkahan dari Allah SWT.

Biasanya, doa paling afdal dilakukan selepas salat. Agar hidup kita senantiasa dilimpahi keberkahan, keselamatan, dan pengampunan, wajib hukumnya untuk berdoa setiap saat. Oleh karena itu, Ladies Corner sudah menyediakan kumpulan doa meminta ampunan dan keselamatan yang bisa kita baca sehari-hari.

1. Doa Memohon Keselamatan dan Perlindungan dari Siksa Api Neraka

kumpulan doa keselamatan

Kita bisa memanjatkan doa dari surat-surat yang ada dalam Al Qur’an. Untuk doa memohon keselamatan dari api neraka adalah sebagai berikut:

Robbanaaa aatina fiddunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ’adzaabannaar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (Q.S Al Baqarah:201).

Sementara itu, untuk bacaan doa memohon perlindungan dari siksa api neraka adalah sebagai berikut:

Wa izaa shurifat abshooruhum tilqooo-a ashaabin naari qooluu robbanaa laa taj’alnaa ma’al qoumizh zhoolimiin.

Artinya: Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penghuni neraka, mereka berkata, “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang dzalim itu.” (Q.S Al-A’raf: 47).

2. Doa Memohon Keselamatan, Ketabahan, Keteguhan Iman, dan Keberkahan Rezeki

doa minta rezeki berlimpah

Pertama, kita bisa memulai untuk memanjatkan doa untuk memohon keselamatan dan keberkahan rezeki di dunia dan akhirat berikut:

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba’dal-maut. Hawwin alaina fi sakaratil-maut, wannajata minannaari, wal-afwa indal-hisab.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan taubat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, mendapatkan ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul-maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksaan neraka, dan dapatkanlah kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).”

Kemudian dilanjutkan dengan doa meminta ketabahan dan ketetapan pendirian diri, doanya sebagai berikut:

Rabbana-ghfir alaina shabran wa tsabbit aqdaamana wanshurna ala-qaumil-kaafirin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, tumpahkanlah kiranya ketabahan pada kami, tetapkanlah kiranya pendirian kami, dan menangkanlah kami atas orang-orang kafir.”

3. Doa Memohon Perlindungan Agar Terhindar dari Bahaya

 kumpulan doa keselamatan

Ini adalah bacaan doa memohon perlindungan agar terhindar dari marabahaya, sebaiknya dibaca sebanyak 7 kali. Doanya adalah sebagai berikut:

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa laa fis samaa ’i wa huwas sami’ul ‘aliim.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang bersama NamaNya sesuatu apa pun tidak akan celaka baik di bumi dan di langit. Dialah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

4. Doa Memohon Perlindungan dari Kejahatan

 

Berikut ini adalah bacaan doa memohon perlindungan dari perbuatan jahat yang dilakukan oleh diri sendiri dan perlindungan dari kejahatan setan. Sebaiknya dibaca pada pagi dan sore hari sebanyak satu kali. Doanya adalah sebagai berikut:

Allahumma ‘aalima I-ghoibi wa sy-syahaadati faathiro ssamaawaati wa I-ardh, robba kulli syai-‘in wa maliikah, asyhadu an laa ilaaha illa anta, a ‘uudzu bika min syarri nafsii, wa min syarri sy-suu’an au ajurruhu ilaa muslim.

Artinya: “Ya Allah Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Wahai Robb pencipta langit dan bumi, Robb atas segalas esuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, syaitan, dan sekutunya, (aku berlindung kepada-Mu) dari berbuat kejelekan atas diriku atau mendorong seorang muslim keadanya.” (HR. Tirmizi dan Abu Daud).

Nah, itulah kumpulan doa yang bisa kita panjatkan setiap saat. Semoga mendapat keberkahan dan manfaat agar kita senantiasa dalam lindungan-Nya.

Baca Juga:

Menakjubkan! Ini 5 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!

Terbukti Ampuh dan Efektif! Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk dan Flu Dewasa

Ingin Dimudahkan dalam Berkarir? Berikut Kumpulan Doa Meminta Rezeki