Kumpulan Doa agarMasuk Surga dan Terhindar dari Neraka

0
6

Penulis: Raizza | Editor: Agnes 

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, manusia tidak akan hidup abadi di dunia. Ada kehidupan lain yang akan dijalani setelah selesai dengan urusan dunia, yaitu akhirat. Saat masa perhitungan amal datang, manusia terbagi menjadi dua golongan yaitupenghuni surga dan neraka.

Allah SWT menjanjikan surga sebagai tempat yang paling indah dan sempurna bagi manusia. Sementara itu, neraka adalah tempat paling menakutkan dan paling buruk bagi semua makhluk.

Selain kewajiban, para manusia berbuat kebaikan agar menjadi calon penghuni surga. Salah satu amalan yang dapat dilakukan setiap waktu oleh manusia adalah berdoa. Berikut ini kumpulan doa untuk masuk surga dan terhindar dari siksa neraka.

1. Doa untuk masuk surga

Kumpulan-doa-agar-masuk-surga

La ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu, kullu syaiin halikun illa wajhahu. Allahumma antal ladzi mananta ‘alayya bi hadzihis syahadati wama syahidtuha illa laka wa la yaqbalullah minni ghairuka faj’alna li qurbatan ‘indaka wahijaban min narika wagh firli wa liwalidayya wa likulli mu’minin wa mu’minatin birahmatika innaka ‘ala kulli syaiin qadir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah SWT, zat Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Segala sesuatu akan binasa kecuali zat-Nya. Ya Allah, Engkaulah yang telah memberi karunia kepadaku dengan kesaksian ini, dan tidaklah aku memberi kesaksian kecuali bagi-Mu, dan tak ada yang dapat menerima kesaksian dariku selain Engkau.”

2. Doa pembuka pintu surga

Kumpulan-doa-agar-masuk-surga

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, allahummaj’alni minat tawwabina waj’alni minal mutathahhirin.

Artinya: “Saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah, satu-satunya Tuhan dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, ya Allah, jadikanlah aku bagian orang-orang yang tobat dan jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang menyucikan diri.”

3. Doa masuk surga yang dicontohkan baginda Nabi Muhammad SAW

Ladies, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa ketika kita memohon agar masuk surga sebanyak tiga kali, maka surga itu berdoa kepada Allah agar kita masuk ke dalam surga-Nya. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ahmad, Nasai, dan Turmudzi.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Kumpulan-doa-agar-masuk-surga

Artinya: “Siapa yang meminta surga sebanyak 3 kali, maka surga akan berkata: ‘Ya Allah, masukkanlah ia ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: ‘Ya Allah, lindungi lah ia dari api neraka.”

Itulah kumpulan doa agar masuk surga yang bisa kita panjatkan setiap hari. Semoga dengan mengamalkan doa-doa ini kita dapat terhindar dari siksa api neraka. 

Baca Juga:

Kumpulan Doa untuk Ibu Hamil agar Senantiasa Dilindungi Allah SWT

Kumpulan Doa Memohon Kebaikan dan Keselamatan Diri Menurut Islam

Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua, Ketahui Juga Keutamaannya