Kumpulan Ayat Al-Qur’an tentang Sabar dalam Menjalani Hidup

0
8

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Sabar adalah sikap istimewa yang tidak hanya mendatangkan pahala bagi kita, tetapi juga memberikan manfaat lainnya. Dengan sabar, kita bisa menemukan kebahagiaan yang hakiki dan mengatasi masalah dengan jalan yang baik. Oleh karena itu, sifat sabar sangat istimewa dan tidak semua orang memilikinya.

Bahkan dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa kesabaran memiliki banyak keutamaan. Berikut ada sejumlah firman Allah SWT dalam ayat Al-Qur’an tentang sabar dalam menjalani hidup. So, keep scrolling, Ladies!

1. Al-Baqarah ayat 45

Ayat ini berisi bagaimana sabar bisa menjadi penolong bagi umat manusia. Namun memang bagi orang-orang tertentu yang dapat melakukannya dengan ketulusan dan keikhlasan.

Ayat-Alquran-tentang-sabar-1

Artinya: “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu amat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” 

2. Al-Baqarah ayat 153

Allah SWT menjelaskan keutamaan kesabaran dalam hidup. Sabar menjadi penolong setelah amalan shalat. Hal ini di jelaskan dalam Al-Baqarah ayat 153 yang berbunyi:

Ayat-Alquran-tentang-sabar

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.”

3. Al-Baqarah ayat 155-156

Selanjutnya, dalam ayat lainnya disebut bahwa kesabaran bisa menjadi penolong ketika hamba Allah ditimpa masalah dan musibah. 

Ayat-Alquran-tentang-sabar

Artinya: “Dan sungguh akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar (155), Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepadanya kami akan kembali)” (156).”

4. Al-Baqarah ayat 177

Selanjutnya, Allah juga menyebut bahwa orang-orang yang benar imannya dan bertakwa salah satunya adalah mereka yang bersabar.

Ayat-Alquran-tentang-sabar

Artinya: “Bukanlah kebajikan itu dengan menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, akan tetapi sesungguhnya kebajikan ialah orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada para kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir dan orang-orang yang meminta-minta; dan orang yang memerdekakan hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang yang menepati janjinya apabila ia membuat janji, dan orang-orang yang bersabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” 

5. Al-Baqarah ayat 129

Selain itu, dalam surat Al-Baqarah ayat lainnya juga menjelaskan mengenai keutamaan kesabaran. Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT senantiasa bersama orang-orang yang sabar.

Ayat-Alquran-tentang-sabar

Artinya: “Maka tatkala Thalut membawa bala tentaranya, dia berkata, “Allah akan menguji kamu dengan sebuah sungai. Maka barangsiapa meminum (airnya), dia bukanlah pengikutku. Dan barangsiapa tidak meminumnya, maka dia adalah pengikutku, kecuali menciduk seciduk dengan tangan.” Tetapi kemudian mereka meminumnya kecuali sebagian kecil saja di antara mereka. Ketika dia (Thalut) dan orang-orang yang beriman bersamanya menyeberangi sungai itu, mereka berkata, “Kami tidak memiliki kekuatan lagi pada hari ini untuk melawan Jalut dan bala tentaranya.” Mereka yang meyakini bahwa mereka kelak akan berjumpa dengan Allah berkata, “Betapa banyak kelompok kecil yang mampu mengalahkan kelompok besar atas izin Allah.” Dan Allah bersama orang-orang yang sabar.”

Itulah dia kumpulan ayat Al-Qur’an yang berisi tentang kesabaran dalam menjalani hidup dan menghadapi cobaan. Semoga informasi ini bisa menambah ilmu dan membuat kita belajar untuk lebih sabar ya, Ladies.

Baca Juga:

Ayat Al-qur’an tentang Jodoh dan Cinta

7 Ayat Al Quran Tentang Cinta dan Jodoh, Yuk Amalkan

Urutan dalam Juz Amma Beserta Arti dan Jumlah Ayatnya, Wajib Tahu!