Kisah Cinta Nabi Yusuf yang Berliku, Perjuangan Menjaga Kesucian Diri

0
11

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Nabi Yusuf berasalnya dari Bani Israel. Beliau diberikan kedudukan yang mulia di Kerajaan Mesir. Selain itu, Nabi Yusuf juga terkenal sebagai sosok lelaki yang tampan, gagah, dan juga perkasa. Setiap wanita yang memandangnya pasti akan jatuh hati melihat paras beliau. 

Ketampanan Nabi Yusuf bahkan berhasil memikat istri majikannya, yang bernama Zulaikha, sebelum beliau diangkat menjadi seorang nabi. Kisah cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha pun tidaklah mudah dan penuh lika-liku.

Lantas, bagaimana kisahnya? Kalau penasaran, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Ladies!

Baca Juga: Macam-Macam Sholawat Nabi dan Keutamaannya dalam Islam, Wajib Tahu!

Pertemuan Pertama dengan Zulaikha

Kisah-Cinta-Nabi-Yusuf

Pada awalnya, Nabi Yusuf dan Zulaikha bertemu saat Yusuf menjadi budak dan diangkat sebagai anak oleh Qifthir, yaitu suami dari Zulaikha. Zulaikha pun menyambut Yusuf dengan riang gembira.

Dalam beberapa kisah dijelaskan bahwa Qifthir adalah menjabat sebagai menteri keuangan yang memiliki pengaruh yang kuat di Mesir. Setelah diangkat menjadi anak dan budak, Nabi Yusuf tinggal bersama Zulaikha dan Qifthir.

Namun, kehadiran Nabi justru membuat Zulaikha terkejut sebab memiliki paras yang tampan dan menawan. Kekaguman Zulaikha terhadap paras Nabi Yusuf akhirnya menimbulkan fitnah besar.

Godaan Zulaikha yang Hampir Membuat Nabi Yusuf Berdosa

Kisah-Cinta-Nabi-Yusuf

Bagi Nabi Yusuf, Zulaikha adalah cobaan terberat terlebih paras Zulaikha juga cantik jelita. Untuk memikat hati Nabi Yusuf, Zulaikha sering berdandan dan menggoda sang nabi, bahkan mengajaknya berzina. 

Namun, dengan keteguhan hati Nabi Yusuf, ia menolak dan berusaha keluar dari rumah tersebut. Zulaikha lantas mengejar dan menarik pakaian Nabi Yusuf hingga terkoyak bagian belakangnya.

Sayangnya, Qifthir memergoki mereka berdua di depan pintu. Lantas, Zulaikha berkata bahwa Yusuf mengajaknya berkhianat. Tidak terima dengan pernyataan tersebut, Nabi Yusuf pun membantah dan mengatakan bahwa hal itu tidaklah benar.

Baca Juga: Hikmah dari Kisah Nabi Sulaiman, Ketaatan yang Patut Dicontoh

Rela Dipenjara untuk Menjaga Diri dari Fitnah

Kisah-Cinta-Nabi-Yusuf

Mendengar kesaksian Zulaikha dan Yusuf yang bertolak belakang, Qifthir pun bingung. Lantas ia mendatangkan seorang saksi dari keluarga Zulaikha. Sang saksi pun berkata:

“Jika pakaian Yusuf terkoyak di bagian depan maka Yusuflah yang berbohong, tapi jika bagian belakanglah yang terkoyak maka Zulaikha yang berbohong.”

Melihat fakta bahwa pakaian Nabi Yusuf terkoyak di bagian belakang, Qifthir pun merasa malu dan meminta Nabi Yusuf untuk merahasiakan kejadian tersebut. Kemudian Nabu Yusuf berdoa agar dirinya dipenjarakan untuk menghindari dari fitnah dan zina. Allah pun mengabulkan doanya. 

Pertemuan Kembali Nabi Yusuf dan Zulaikha

Kisah-Cinta-Nabi-Yusuf

Setelah lama Yusuf dipenja, ia pun dibebaskan. Akhirnya ia menjadi pejabat negara dan menggantikan raja yang sebelumnya telah meninggal. Saat itulah ia dipertemukan lagi dengan Zulaikha yang sudah jatuh miskin dan hidup terlantar. Penglihatannya pun hilang sebab menangisi Yusuf tiada henti. Nasib Yusuf pun membuat Zulaikha menjadi pengemis.

Bersatu dalam Ikatan Suci

Kisah-Cinta-Nabi-Yusuf

Meskipun pernah difitnah oleh Zulaikha, Nabi Yusuf tidak membalas kejahatan Zulaikha. Ia justru memaafkan dan menikahi Zulaikha, yang sudah menjadi janda dan buta, dalam ikatan suci pernikahan. 

Kemudian Yusuf bangkit mendirikan shalat dan berdoa kepada Allah. Zulaikha pun duduk di belakang Yusuf agar kecantikan dan penglihatan Zulaikha dikembalikan seperti sedia kala. Ajaibnya, Zulaikha mendapatkan kembali penglihatannya karena Allah mengabulkan doa Nabi Yusuf. 

Demikianlah Allah SWT sangat memuliakan Nabi Yusuf karena mampu menjaga diri dari hal yang diharamkan oleh-Nya. Nabi Yusuf pun baru mengetahui bahwa Zulaikha masih perawan sebab mantan suaminya dahulu impoten. Sejak menikah, mereka pun dikaruniai dua anak yaitu Maisy dan Afratsim. 

Nah, itulah kisah cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha yang penuh dengan lika-liku. Godaan setan tak lantas membuat Nabi Yusuf lengah. Ia justru menghindari segala perbuatan zina. Kegigihan Nabi Yusuf dalam menjaga diri dan mampu memaafkan orang lain patut menjadi teladan bagi kita semua, Ladies.

Baca Juga: Kisah Cinta Realistis, Berikut Sinopsis Drama Korea One Spring Night