Kisah 5 Rasul Bergelar Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya, Patut Diteladani

0
82

Penulis: Aniesa | Editor: Agnes 

Secara etimologis, Ulul Azmi berasal dari kata ulul yang berarti ‘memiliki’ dan azmi yang berarti ‘keteguhan hati’. Dari kedua kata tersebut, Ulul Azmi memiliki arti yang merujuk pada gelar khusus yang diberikan oleh Allah pada nabi dan rasul yang memiliki kesabaran dan ketabahan yang tinggi dalam berdakwah.

Di antara 25 nabi dan rasul, ada lima rasul yang dipilih Allah untuk menerima gelar Ulul Azmi. Nama-nama itu disebutkan dalam surat Al-Ahzah ayat 7 yang berarti: “Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.”

Seperti apa kisah mereka? Berikut penjelasannya.

Nabi Nuh AS

Nabi Nuh adalah nabi pertama yang diperintahkan Allah untuk menyampaikan wahyunya pada umat manusia. Nabi yang termasuk urutan ketiga dari 25 nabi dan rasul tersebut selalu sabar dalam menyebarkan agama Islam. Pasalnya, banyak orang yang menolak ajarannya, termasuk keluarganya sendiri. Bahkan, ia disebut sesat dan gila.

Nabi Nuh pun berdoa pada Allah agar umatnya diberi petunjuk dan hidayah. Allah pun mengabulkannya. Allah memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat kapal besar dan mengajak umat Muslim dan hewan-hewan di sekitarnya untuk naik ke kapal tersebut.

Tak lama setelah itu, Allah menurunkan banjir besar dan menenggelamkan seluruh daratan bersama orang-orang kafir. Atas izin Allah, Nabi Nuh beserta para penumpang kapal selamat.

Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim merupakan nabi keenam dalam daftar 25 nabi dan rasul yang wajib diimani umat Muslim. Nabi yang disebut sebagai bapak dari semua nabi tersebut berkontribusi dalam pembangunan Kabah. Selain itu, beliau juga memiliki keteguhan dalam menyebarkan agama Islam. Ia berani melawan Raja Namrud beserta pengikutnya yang menyembah berhala.

Suatu hari, Nabi Ibrahim menghancurkan semua berhala tersebut. Mengetahui hal itu, Raja Namrud marah dan memerintahkan pasukannya untuk membakar Nabi Ibrahim hidup-hidup. Atas izin Allah, api yang membakar Nabi Ibrahim terasa dingin. Beliau pun bisa keluar dari api dengan selamat.

Nabi Musa AS

Nabi Musa merupakan nabi ke-14 dari daftar 25 nabi dan rasul yang wajib diimani umat Muslim. Beliau hidup di zaman Raja Fir’aun yang mengaku sebagai tuhan. Raja Fir’aun meminta pengikutnya untuk menyembahnya dan tak segan untuk menghukum siapa pun yang menentangnya. Namun, Nabi Musa diberi kesabaran dan keteguhan hati oleh Allah untuk menyebarkan agama Islam di tengah kepemimpinan Raja Fir’aun yang kejam.

Mukjizat yang diterima Nabi Musa adalah tongkatnya dapat berubah menjadi ular saat melawan penyihir Raja Fir’aun. Selain itu, tongkat tersebut juga bisa membelah Laut Merah saat beliau dikejar oleh pasukan Fir’aun. Pasukan itu pun langsung tenggelam saat laut kembali ke kondisi normal.

Nabi Isa AS

Nabi Isa adalah satu-satunya nabi yang lahir tanpa seorang ayah. Sejak bayi, nabi ke-24 dari urutan 25 nabi dan rasul tersebut sudah diberi mukjizat oleh Allah berupa kemampuan bicara untuk melindungi ibunya, Siti Maryam, dari fitnah kaum Yahudi. Selain itu, beliau juga diberi mukjizat berupa Kitab Injil dan diperintahkan Allah untuk menyebarkan wahyunya.

Atas izin Allah, Nabi Isa juga memiliki kemampuan yang luar biasa, seperti menyembuhkan orang yang buta, menghidupkan makhluk yang mati, dan menurunkan makanan dari langit. Bahkan, Allah juga melindunginya dengan mengangkatnya ke langit saat saat akan dibunuh oleh kaum Yahudi. Beliau akan diturunkan lagi ke bumi sebagai tanda kiamat kubra.

Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad adalah rasul terakhir di dunia. Sebagai penutup dari nabi dan rasul terdahulu, Nabi Muhammad memiliki beban yang cukup berat. Beliau harus menyebarkan agama Islam di tengah kekejaman kafir Quraisy. Meskipun begitu, beliau tetap sabar dan memiliki keteguhan hati dalam melakukannya.

Mukjizat terbesar yang diterima oleh Nabi Muhammad adalah Al-Qur’an. Beliau selalu menyampaikan ayat demi ayat yang beliau terima dari Allah melalui Malaikat Jibril. Mukjizat lainnya adalah peristiwa Isra Miraj, yaitu ketika Nabi Muhammad diangkat ke langit dan bertemu Allah serta mendapat perintah untuk menjalankan salat lima waktu.

Itu tadi kisah lima nabi Ulul Azmi beserta mukjizatnya. Semoga Ladies bisa memetik hikmahnya dan meneladaninya, ya.

Baca Juga:

Amalan Perbuatan dan Doa Mempermudah Dagangan Cepat Laris

Anjuran Rasulullah, Inilah 5 Doa Penghapus Dosa

Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri Agar Berlimpah Berkah