Yuk Kenali 7 Nama dan Keunikan Rumah Adat Jawa Timur!

0
183

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Bicara soal Jawa Timur tentu tidak lepas dari tempat wisatanya yang populer. Sebut saja Bromo, Gunung Ijen, dan Jatim Park. Namun, tahukah Ladies, kalau ternyata Jawa Timur juga memiliki beragam rumah adat dengan keunikan masing-masing.

Sekilas memang rumah adat Jawa Timur hampir mirip dengan rumah adat Jawa Tengah. Bahkan ada yang memiliki nama sama yaitu Joglo. Namun rumah adat Jawa Timur memiliki ciri khas tersendiri yang dipengaruhi oleh suku-suku yang mendiami wilayah tersebut.

Ingin tahu apa saja jenis rumah adat Jawa Timur Ladies? Untuk itu, yuk kenali 7 nama rumah adat Jawa Timur beserta keunikannya di artikel berikut!

1. Rumah Adat Joglo Situbondo

rumah adat jawa timur

Joglo Situbondo merupakan rumah adat yang paling umum di Jawa Timur. Bangunannya berbentuk limas dan menggunakan material kayu jati. Keunikan rumah adat ini dapat dilihat dari tata ruang dan arsitekturnya yang erat dengan kepercayaan kejawen.

Rumah adat Joglo Situbondo dibagi menjadi 3 ruangan, yaitu senthong tengah), senthong tengen, dan senthong kiwo. Tiang utama atau saka guru dan bebatur (tanah yang dibuat lebih tinggi dari sekitarnya) merupakan representasi dari harmonisasi sesama manusia dan lingkungannya.

Di bagian depan rumah juga terdapat ornamen makara atau selur gulung. Konon hiasan ini berfungsi sebagai penolak bala atau pelindung dari hal gaib agar tidak masuk ke dalam rumah Ladies.

2. Rumah Adat Joglo Sinom

rumah adat jawa timur

Selain Joglo Situbondo, ada juga rumah ada Joglo Sinom. Sisi unik dari rumah adat ini adalah tiang penyangganya yang berjumlah 36 buah, namun saka guru-nya hanya 4 buah. Dilengkapi dengan teras yang mengelilingi bangunan serta atap tradisional yang disebut atap tajug atau atap limas. 

3. Rumah Adat Dhurung

rumah adat jawa timur

Rumah adat yang satu ini unik banget Ladies! Berbentuk seperti saung dengan atap besar dan tinggi terbuat dari rumbai daun atau gerabah. Biasanya terletak di samping rumah utama. Mengingat fungsinya untuk tempat beristirahat setelah dari sawah, bersosialisasi, dan mencari jodoh.

Namun, terkadang Dhurung juga digunakan sebagai lumbung padi dan dilengkapi jebakan tikus. Sayangnya, saat ini rumah adat ini sudah jarang ditemukan.

 4. Rumah Adat Trajumas Lawakan

rumah adat jawa timur

Rumah Trajumas Lawakan ini tak kalah unik dari rumah Dhurung loh, Ladies! Bangunnanya berbentuk simetris dengan 20 pilar utama yang berjajar dengan rapi. Teras rumah ini mengelilingi bangunan, dengan atap yang didesain dengan kemiringan yang berbeda dari atap bangunan utama. Material utama dari hunian ini adalah kayu kuat seperti kayu kelapa dan jati. Pastinya selain unik bangunan ini juga kokoh banget deh!

5. Rumah Adat Osing

rumah adat jawa timur

Kalau rumah adat yang satu ini merupakan rumah khas Banyuwangi. Rumah ini dibagi menjadi 3 jenis sesuai jumlah bidang atapnya atau rab. Tikel Balung memiliki 4 rab, Baresan memiliki 3 rab, dan Crocogan memiliki 2 rab.

Rumah dibagi menjadi 4 ruang yaitu ampet (teras), baleh (pembatas), jerumah (ruang tengah), dan pawon (dapur). Atapnya terbuat dari gerabah dan biasanya berlantai tanah.

6. Rumah Adat Tengger

rumah adat jawa timur

Dari namanya, pasti sudah tahu dong kalau rumah adat ini merupakan rumah Suku Tengger di Bromo? Keunikan rumah adat ini adalah bangunannya beratap tinggi, dengan 1 hingga 2 jendela. Selain itu, terdapat dipan di bagian depan rumah untuk tempat duduk, dengan jarak yang saling berdekatan. Hal ini bertujuan untuk menghalau angin pegunungan dan tetap hangat di cuaca dingin. 

7. Rumah Adat Limasan Lambang Sari

rumah adat jawa timur

Berbentuk limas seperti Joglo, namun bangunan ini memiliki keunikan tersendiri Ladies. Tiang rumah berjumlah 16 pilar dengan atap empat sisi. Keempat sisi tersebut dihubungkan dengan bubungan yang kuat.

Selain itu alas tiang rumah terbuat dari batu atau umpak dilengkapi purus pada tiang bawah untuk mengunci tiang bangunan. Yang tak kalah unik adalah konstruksi atap yang berupa balok penyambung.

Itulah tujuh jenis dan keunikan rumah adat Jawa Timur. Ladies pernah lihat yang mana nih?

Baca Juga:

8 Aplikasi Pembuat Stiker WhatsApp Lucu dan Unik

Intip Indahnya 5 Rumah Adat Sumatera Utara Berikut Ini Yuk!

Wajib Tahu! Begini Cara Membuka dan Download WhatsApp di Laptop