Ketahui Tata cara dan Niat Salat Tasbih, Wajib Banget Dipelajari

0
16

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Salat sunah merupakan salah satu amalan yang mudah untuk dilakukan tapi bisa mendatangkan pahala pada kita. Ada banyak macam salat sunnah yang bisa kita lakukan, salah satunya yaitu salat tasbih. 

Salat tasbih adalah salat sunnah yang bisa dilakukan kapan saja, baik itu siang maupun malam hari. Namun, salat ini memang lebih dianjurkan untuk dilakukan di malam Nisfu Syaban. Sebab, salat tasbih menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk menggapai malam Lailatul Qadar. 

Sesuai dengan namanya, saat menjalankan salat ini bacaan tasbih banyak dilafalkan di setiap rakaat. Yang mana bacaan tasbih adalah kalimat pujian kepada Allah SWT sehingga kita dianjurkan untuk melaksanakannya. Nah, jika Ladies ingin melakukan amalan ini, berikut tata cara dan niat salat tasbih yang perlu diketahui.

Keutamaan Salat Tasbih

salat-tasbih

Dalam kitab Syaraful Ummah Al-Muhammadiyyah Sayid Muhammad Al-Maliki menjelaskan:

 يدل بظاهره على ان الكبائر تغفر بمجرد فعل هذه الصلاة. وهو محمول على ما اذا اقترنت ببقية شروط التوبة من الاستغفار والندم والعزم على عدم العود

Artinya: “Secara dhahir hadits itu menunjukkan bahwa dosa-dosa besar terampuni hanya dengan melakukan salat tasbih ini. Itu bisa dipahami apabila salat tasbih itu dibarengi dengan syarat-syarat bertaubat yang terdiri dari memohon ampunan, menyesali, dan tekad kuat untuk tidak mengulangi,” (Sayid Muhammad Alwi Al-Maliki, Syaraful Ummah Al-Muhammadiyyah, 1985, tanpa penerbit, hal. 101)

Namun dosa-dosa yang diampuni ini hanya yang berkaitan dengan hak-haknya Allah saja, Ladies. Selain itu, besarnya keutamaan salat tasbih juga dijelaskan oleh Rasulullah. Beliau menganjurkan agar melaksanakan salat tasbih sehari sekali, bila tidak mampu seminggu sekali, sebulan sekali, setahun sekali, hingga sekali seumur hidup.

Bacaan Niat Salat Tasbih

salat-tasbih

Rukun salat yang pertama adalah membaca niat salat tasbih. Adapun lafal niat salat tasbih yang terbagi menjadi dua.

  • Salat tasbih empat rakaat satu salam 

“Ushalli sunnat tasbiihi arba‘a rak‘aatin lillaahi ta‘aalaa.”

Artinya: “Aku menyengaja salat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah Ta’ala.”

Berikut tata cara melakukan salat tasbih:

  • Salat tasbih empat rakaat dua kali salam

“Ushalli sunnat tasbiihi rak‘ataini lillaahi ta‘aalaa.”

Artinya:“Aku menyengaja salat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah SWT.”

Tata Cara Salat Tasbih

salat-tasbih

Pada dasarnya, tata salat tasbih sama dengan salat lainnya. Hanya saja, ada bacaan tasbih yang harus dibaca di setiap gerakannya, yaitu: “Subhaanallaah wal hamdu lillaah wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar.” Selanjutnya, untuk tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Membaca takbiratul ihram
  2. Membaca surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek Alquran
  3. Membaca doa tasbih sebanyak 15 kali sebelum ruku
  4. Ruku dan membaca tasbih 10 kali
  5. Melakukan i’tidal dengan membaca tasbih 10 kali
  6. Sujud pertama dan membaca tasbih 10 kali
  7. Duduk di antara dua sujud dan membaca tasbih 10 kali
  8. Sujud kedua dan membaca tasbih 10 kali
  9. Setelah sujud kedua, duduk istirahat atau tuma’ninah dengan membaca tasbih 10 kali
  10. Ulangi tata cara yang sama hingga rakaat keempat
  11. Pada rakaat keempat, akhiri dengan duduk tahiyat akhir dan salam.

Dasar Hukum Salat Tasbih

salat-tasbih

Amalan yang dilakukan dalam salat tasbih sejatinya memiliki dasar hukum yang jelas. Berdasarkan hadist Abu Rafi’, Rasulullah SAW memberitahu pamannya, Abbas, tentang tata cara salat tasbih dan berbagai keutamaannya.

Para ulama juga sering menyebut hadis tersebut dalam berbagai kitab fiqih ketika menjelaskan tentang salat tasbih. Meski masih dianggap sebagai hadis yang lemah, para ulama Syafi’iyah seperti Abu Muhammad Al-Baghawi dan Abul Mahasin Ar-Rayani menetapkan salat tasbih sebagai salat sunah. Hal ini diperkuat juga dengan penjelasan dalam Al-Adzkar oleh Imam Nawawi.

Demikianlah tata cara dan niat salat tasbih yang bisa Ladies lakukan untuk mengejar amalan di malam nisfu syaban. So, jangan lupa untuk diamalkan ya, Ladies!

Baca Juga:

Tata Cara Salat Jamak dan Niatnya, Umat Muslim Wajib Tahu  

Kumpulan Bacaan Niat Salat 5 Waktu Lengkap dengan Syaratnya

6 Keutamaan Membaca Ayat Kursi, Bahkan Membuka Pintu Rezeki