Ketahui Rincian Biaya dan Cara Mengurus Perceraian Lengkap

0
21

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Bagi pasangan yang sudah menikah, perceraian menjadi salah satu mimpi buruk. Hal ini karena banyak orang menganggap perceraian sebagai hal yang tabu dan aib. Walaupun begitu, jika keadaan hubungan suami istri sudah tidak baik lagi, maka perceraian bisa menjadi jalan keluar demi kebaikan bersama.

Ketika perceraian sudah tercatat resmi, mantan pasangan suami istri akan mendapatkan surat cerai. Pada artikel kali ini Ladies Corner sudah menyiapkan artikel yang membahas lengkap biaya dan cara mengurus surat cerai. Jadi, simak sampai habis ya, Ladies.

Biaya dalam Mengurus Surat Cerai

Cara-Mengurus-Perceraian

Mengurus proses perceraian dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan bantuan pengacara atau melakukannya sendiri. Nah, biaya yang dibutuhkan dalam proses perceraian akan berbeda tergantung dengan hal tersebut.

1. Biaya perceraian yang menggunakan jasa pengacara

Jika Ladies memutuskan untuk menyewa jasa pengacara dalam proses perceraian, tentunya ada biaya yang perlu dipersiapkan. Jasa pengacara perceraian membutuhkan biaya yang jauh lebih besar.

Penyewaan jasa pengacara dalam proses perceraian umumnya tidak memiliki standar tertentu. Kebanyakan pengacara memiliki tarif berbeda sesuai dengan beberapa faktor, Ladies. Faktor pertama, yaitu tingkat kerumitan kasus. Semakin kompleks kasus perceraian, maka semakin tinggi biaya pengacara yang perlu dikeluarkan.

Meskipun tidak ada patokan khusus untuk biaya pengacara perceraian, para pengacara di Jakarta pada umumnya mematok tarif jasa mereka dalam kisaran Rp 10.000.000 hingga Rp 60.000.000.

Jika kasus yang diproses berlanjut mencapai tahap naik banding di Pengadilan Tinggi, akan ada penambahan untuk biaya yang dibutuhkan, sekitar Rp 25.000.000. Kemudian, biaya tambahan akan dibebankan sebesar Rp 15.000.000 jika proses naik banding ke tingkat kasasi Mahkamah Agung.

2. Biaya perceraian tanpa jasa pengacara

Akibat tingginya biaya yang dibutuhkan saat menggunakan jasa pengacara perceraian, banyak orang yang memutuskan mengurus proses perceraian sendiri tanpa bantuan pengacara. Jangan khawatir, proses ini masih bisa dilakukan sendiri tanpa pengacara, loh. Jadi, simak biaya mengurus perceraian di bawah ini, Ladies. 

  • Biaya pendaftaran sebesar Rp 30.000
  • Biaya proses perceraian sebesar Rp 50.000
  • Biaya panggilan pemohon, yaitu 3x Rp 80.000 atau total Rp 240.000
  • Biaya panggilan termohon, yaitu 4x Rp 80.000 atau total Rp 320.000
  • Biaya redaksi yang dibutuhkan, sebesar Rp 5.000

Total kisaran biaya yang harus dikeluarkan ketika mengurus perceraian tanpa jasa pengacara adalah sekitar Rp 650.000. Namun, setiap tempat atau Pengadilan Agama memiliki peraturan biaya yang sudah ditetapkan masing-masing.

Langkah-Langkah Mengurus Surat Cerai

Cara-Mengurus-Perceraian

Setelah mengetahui biaya yang dibutuhkan, Ladies Corner akan membahas lebih lanjut tentang cara megurus surat cerai. Dalam mengajukan gugatan cerai, Ladies harus mengetahui langkah-langkahnya berikut ini.

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Dokumen yang harus Ladies siapkan untuk mengajukan gugatan cerai meliputi:

  • surat nikah asli dan fotokopiannya
  • fotokopian KTP (Kartu Tanda Penduduk) penggugat
  • surat keterangan dari kelurahan
  • fotokopian Kartu Keluarga (KK)
  • fotokopian akte kelahiran anak (jika memiliki anak)
  • materai.

2. Mendaftarkan gugatan cerai ke pengadilan

Dengan membawa kelengkapan dokumen, Ladies bisa mendaftarkan perceraian di pengadilan. Perlu diingat bahwa pendaftaran gugatan cerai dilakukan di pengadilan wilayah tergugat.

3. Membuat surat gugatan di pengadilan

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat surat gugatan cerai. Setelah mendaftar, pusat bantuan hukum di pengadilan akan membantu untuk proses pembuatan surat gugatan yang mencantumkan alasan bercerai.

4. Membayarkan biaya cerai

Pengadilan akan memberikan info jumlah biaya yang dibutuhkan. Biaya proses perceraian dibebankan kepada penggugat, tetapi jumlah biayanya akan bergantung kepada ketidakhadiran pihak yang bercerai.

5. Menyiapkan saksi perceraian

Dalam proses pengadilan, alasan bercerai yang diajukan di awal akan disampaikan. Pihak penggugat perlu memperkuat alasan tersebut dengan menghadirkan saksi-saksi.

Demikian informasi biaya dan langkah-langkah proses perceraian. Perlu diingat bahwa keputusan untuk berpisah harus terjadi atas dasar keputusan yang sudah bulat dan kesepakatan kedua belah pihak, Ladies. 

Baca Juga:

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili, Sekaligus Contohnya

Cara Membuat Surat Keterangan Penghasilan, Ternyata Mudah Loh!

Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Belum Menikah