Ketahui Perbedaan Musyrik dan Syirik dalam Ajaran Agama Islam

0
55

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Bagi Ladies yang beragama Islam, mengetahui perbedaan antara musyrik dan syirik adalah hal penting. Sebab, keduanya memang memiliki arti yang sedikit mirip, sehingga banyak umat muslim tertukar.

Musyrik maupun syirik merupakan perbuatan dosa yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Kedua hal tersebut sudah disebutkan dalam Al-Quran Surat At-Taubah ayat 113 dan Surat Al-Kahfi ayat 102. Lantas, bagaimana perbedaan syirik dan musyrik dalam pandangan Islam? Simak artikel ini sampai habis ya, Ladies!

Apa Itu Musyrik?

perbedaan-musyrik-dan-syirik-dalam-ajaran-islam

Musyrik adalah perbuatan yang mempercayai adanya kehadiran Tuhan lain selain Allah SWT. Padahal, Allah memiliki sifat Esa (tunggal) atau hanya satu-satunya. Perilaku orang-orang yang menyamakan Allah dengan hal lain selain diri-Nya disebut dengan musyrik.

Perilaku musyrik ini bisa dilakukan dalam berbagai aspek, entah itu melalui kepercayaan, amalan perbuatan, maupun ucapan. Selain itu, Syekh Ibnu Hasan Bisri At-Turjani menjelaskan mengenai tiga golongan orang musyrik, yaitu musyrik murni, musyrik perbuatan, dan musyrik pemujaan. Adapun perbedaan masing-masing musrik adalah sebagai berikut.

a. Musyrik murni

Seseorang digolongkan ke dalam musyrik murni jika perbuatan dan cara ibadah yang dilakukan tidak sesuai akidah Islam. Contohnya ketika seseorang lebih memercayai roh nenek moyang atau dukun dibandingkan Allah. Padahal segala sesuatu yang ada di muka bumi ini terjadi atas kehendak Allah. 

b. Musyrik perbuatan

orang yang mengaku dirinya Islam, namun perilaku dan amal ibadahnya tidak mencerminkan seorang mukmin tergolong dalam musyrik perbuatan. Mereka melakukan syahadat, menjalankan salat, puasa, zakat, dan haji. Namun, di sisi lain mereka masih memercayai hal-hal gaib dalam sebuah benda di sekililingnya seperti tombak, keris, todan aji, dan benda lainnya.

c. Musyrik pemujaan

Yang ketiga musyrik pemujaan yaitu orang Islam yang sering mengunjungi tempat-tempat keramat dan memercayainya sebagai hal yang bisa mendatangkan sesuatu baik itu keberuntungan, keberkahan, dan rezeki lainnya. Contohnya berdoa di kuburan para wali atau pohon-pohon agar mendapatkan rahmat dan rezeki melimpah. 

Apa Itu Syirik?

Perbedaan-Musyrik-dan-Syirik-dalam-ajaran-Islam

Kata syirik berasal dari kata syaraka yang artinya ‘mencampurkan dua atau lebih benda, atau hal tak sama yang seolah-olah sama.’ Dalam ajaran Islam, syirik berarti mempersekutukan Allah SWT dengan menyembah suatu objek guna menggantungkan harapan. Perbuatan menyekutukan Allah SWT ini mencakup uluhiyah, rububiyah, asma, dan sifat-Nya.

Contoh perbuatan syirik ini dapat kita lihat pada seorang hamba yang meyakini bahwa ada Sang Pencipta selain Allah SWT. Keyakinan inilah yang berhak disembah disebut sebagai syirik.

Perbedaan Musyrik dan Syirik

perbedaan-musyrik-dan-syirik-dalam-ajaran-islam

Dari kedua pengertian di atas, dapat kesimpulan bahwa musyrik adalah orang yang mengakui adanya Tuhan selain Allah. Sementara itu, syirik berarti perbuatan menyembah atau menyekutukan sesuatu selain Allah SWT.

Selain itu, perbuatan musyrik dan syirik juga memiliki ciri-cirinya tersendiri. Adapun ciri-ciri orang musyrik sebagai berikut.

  1. Memalingkan semua bentuk ibadah kepada selain Allah SWT.
  2. Melakukan ibadah dengan tujuan beribadah kepada selain Allah SWT.
  3. Menaati selain Allah SWT terutama berkaitan dengan sebuah kemaksiatan.
  4. Memiliki cinta yang besar dengan sesuatu selain Allah SWT.

Berbeda dengan musyrik, berikut ini ciri-ciri syirik yang telah dijelaskan dalam Al-Quran sebagai berikut.

  1. Memilih jalan yang bukan di jalan Allah SWT.
  2. Menggantungkan perihal kehinaan dan keagungan diri kepada selain Allah SWT.
  3. Menaati hukum yang diajarkan selain Allah SWT.
  4. Berjuang keras dan berusaha demi sesuatu selain Allah SWT.
  5. Mengikuti serikat dengan selain-Nya.
  6. Mendukung dan mengikuti kegiatan yang tidak diridhai Allah SWT
  7. Gentar dan takut kepada selain Allah SWT.

Itulah informasi mengenai perbedaan musyrik dan syirik. Semoga kita semua dijauhkan dari kedua perilaku tidak terpuji tersebut ya, Ladies.

Baca Juga:

Doa Meminta Kesembuhan dari Penyakit, Wajib Diamalkan

Amalan Perbuatan dan Doa Mempermudah Dagangan Cepat Laris

Anjuran Rasulullah, Inilah 5 Doa Penghapus Dosa