Ketahui Manfaat dan Titik Pijat Refleksi Kaki, Bikin Badan Rileks

0
25

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Refleksi kaki merupakan salah satu pengobatan yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Refleksi kaki dilakukan di beberapa titik yang dipercaya memiliki berpengaruh pada organ tubuh tertentu. Pengobatan asal Cina ini sering digunakan sebagai pengobatan alternatif. 

Namun, Ladies tidak dapat melakukan refelsi kaki dengan sembarangan orang. Lakukanlah refleksi kaki hanya dengan terapis yang berpengalaman. Untuk memahaminya lebih mendalam, kita simak ulasan ini sama-sama, Ladies.

Manfaat Pijat Refleksi

Manfaat-Pijat-Refleksi-Kaki

Refleksi kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari pijat refleksi:

1. Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu titik pada telapak kaki terhubung langsung dengan pembuluh darah tubuh dan jantung. Alhasil, pijat refleksi dapat mempengaruhi kinerja dan fungsi jantung. Selain itu, peredaran darah pada tubuh juga jadi lebih lancar.

2. Meredakan Cemas

Dilansir dari Hello Sehat, melakukan pijat refleksi ternyata membantu mengatasi beberapa masalah psikologis seperti kecemasan dan kegelisahan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang pasien penderita varises yang hendak operasi mengalami penurunan rasa cemas setelah pijat refleksi.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Oleh karena dapat meredakan cemas, pijat refleksi juga efektif mengurangi rasa stres. Orang yang mengalami kesulitan tidur dapat memanfaatkan pijat refleksi agar lebih nyenyak saat tidur malam.

Titik Refleksi Kaki dan Manfaatnya

Manfaat-Pijat-Refleksi-Kaki

Ada tujuh titik refleksi kaki yang punya manfaat berbeda-beda, Ladies. Simak selengkapnya lewat ulasan ini:

1. Sela jari kaki

Titik ini merupakan lokasi yang paling sering dilakukan terapis. Titik refleksi berfungsi menjaga kesehatan pada daerah paru-paru, punggung belakang, dan dada.

2. Jari kaki

Rasa pegal pada area betis dapat hilang dengan melakukan pemijatan di titik jari kaki. Pemijatan ini juga membuat kaki lebih fleksibel dalam bergerak.

3. Tumit kaki

Titik refleksi pada tumit kaki bermanfaat meredakan rasa pegal pada area tersebut. Terapis memijat pada titik ini untuk menenangkan kaki agar tidak terlalu kaku.

4. Sisi kaki bagian atas tumit

Jika Ladies mengalami rasa pegal di daerah pinggul, terapis akan melakukan pijat refleksi pada titik sisi kaki bagian atas tumit. Melakukan pemijatan di area ini efektif meredakan pegal dan kaku pada sekitar pinggul.

5. Jempol kaki

Siapa sangka sakit di bagian kepala dapat diredakan dengan memijat titik refleksi di jempol kaki. Bukan cuma kepala, memijat jempol kaki membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kram.

6. Punggung kaki bagian atas

Titik refleksi pada area ini bermanfaat memberikan rasa rileks dan tenang pada tubuh. Titik ini juga sering dipijat oleh para terapis. 

7. Pergelangan kaki bagian belakang

Titik refkelsi pada pergelangan kaki bagian belakang terhubung dengan otot tendon dan betis. Dengan memijat titik refleksi ini membuat kaki kita terasa lebih rileks dan nyaman, Ladies.

Jenis Orang yang Tidak Boleh Pijat Refleksi

Manfaat-Pijat-Refleksi-Kaki

Sayangnya, tidak semua orang boleh direfleksi. Bagi beberapa orang dengan catatan berikut ini sebaiknya tidak sembarangan mendapatkan pijat refleksi:

  • Ibu hamil: Tekanan pada titik refleksi rentan memunculkan kontraksi ke ibu hamil. Wanita yang tengah hamil, terutama trimester pertama, dilarang melakukannya ya.
  • Ada masalah pembekuan darah: Pijat refleksi dapat menimbulkan peningkatan sirkulasi yang dapat memengaruhi terbentuknya gumpalan darah pada otak maupun jantung.
  • Cedera kaki: Segala jenis cedera pada kaki jelas tidak boleh mendapatkan pijat refleksi karen dapat memperparah kondisi kaki.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dan titik refleksi pada kaki. Apakah Ladies tertarik mencoba refleksi kaki? 

Baca Juga:

Ajaib Banget! 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Baik untuk Kesehatan, Ini Dia 5 Manfaat Bawang Merah yang Super Ajaib!

6 Cara Mengencangkan Miss V Secara Alami, Simak Yuk Ladies!