Ketahui Manfaat dan Efek Samping Daun Meniran untuk Tubuh

0
48

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Daun meniran termasuk jenis daun liar berukuran kecil yang biasa tumbuh di tanah berpasir atau gembur. Sejak dahulu, daun meniran dimanfaatkan dalam pengobatan alternatif, terutama di kawasan Asia Tenggara.

Memangnya apa saja sih manfaat dari daun meniran? Nah, kali ini Ladies Corner akan membahas mengenai manfaat daun meniran bagi tubuh kita, Ladies. Namun, ada baiknya kita juga perlu memahami efek samping dari daun meniran.

Manfaat Daun Meniran

Manfaat-dan-Efek-Samping-Daun-Meniran

Meskipun meniran termasuk dalam jenis tanaman semak, tanaman ini memiliki banyak manfaat, loh. Hal ini karena daun meniran mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid, saponin, dan polifenol yang baik untuk pengobatan. Adapun manfaat daun meniran yang bisa Ladies rasakan adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Batu Ginjal

Sejak dahulu, daun meniran digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal. Tanaman ini dipercaya dapat mencegah pembentukan batu ginjal yang bersifat asam.

Berdasarkan penelitian dalam International Brazilian Journal of Urology (2018), sekitar 56 penderita gangguan diberikan esktrak daun meniran sebanyak 4,5 gram per hari. Selama terapi tersebut terbukti bahwa daun meniran mampu mengurangi ukuran batu ginjal pada penderitanya.

Namun, penggunaan daun meniran sebagai obat alternatif harus di bawah pengawasan dokter. Pasalnya, daun ini berpotensi menyebabkan alergi yang dapat berbahaya bagi nyawa pasien jika dikonsumsi sembarangan.

2. Menjaga Gula Darah Stabil

Penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung pada daun meniran efektif menjaga gula darah tetap seimbang. Oleh sebab itu, banyak penderita diabetes yang memanfaatkan daun meniran sebagai alternatif pencegahan lonjakan gula darah.

Namun, sejauh ini penelitian daun meniran untuk manfaat ini baru dilakukan pada hewan. Belum ada kajian menyeluruh dan mendalam untuk manusia. Maka, klaim untuk pengobatan diabetes ini belum sepenuhnya dapat dibuktikan tanpa penelitian lebih lanjut.

3. Menjaga Imunitas Tubuh

Selain menjaga kadar gula, kandungan antioksidan pada daun meniran juga punya manfaat lain. Zat ini baik untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Jadi, cocok dikonsumsi saat pandemi seperti sekarang ya, Ladies.

Kandungan antioksidan juga berperan meningkatkan penyerapan dan kinjera vitamin dan mineral dalam tubuh, sehingga efektif melindungi kita dari berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit.

4. Bersifat Anti Kanker

Daun meniran dapat memperlambat pertumbuhan tumor atau kanker dengan bertindak sebagai sel mati yang hampir mirip dengan kanker. Keberadaan sel mati ini mencegah terbentuknya sel kanker baru sehingga pertumbuhannya dapat diminimalisasi.

Dalam penelitian tahun 2010 yang berjudul Phytotherapy Research studied the effect of Phyllanthus emblica membuktikan bahwa kandungan daun meniran dapat mengobati kanker. Oleh sebab itu, daun meniran sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi kanker. 

Waspadai Efek Samping Konsumsi Daun Meniran

Manfaat-dan-Efek-Samping-Daun-Meniran

Setelah memahami beberapa ragam manfaat daun meniran, ada baiknya kita juga mempelajari risiko yang muncul. Efek samping dari daun meniran dapat menimbulkan sakit perut berupa diare. Selain itu, beberapa orang juga dapat mengalami alergi berupa ruam pada kulit.

Oleh karena itu, sebaiknya anak-anak, ibu hamil, dan menyusui menghindari daun meniran. Selain itu, sebagai obat alternatif penggunaan daun meniran juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Tujuannya agar tidak terjadi interaksi obat dan mengurangi efek samping lainnya. Jangan sampai khasiat yang ada justru bawa bencana karena tidak adanya pengawasan dokter.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan efek samping daun meniran bagi tubuh kita. Meskipun punya banyak manfaat, sebelum mengonsumsi daun meniran sebaiknya Ladies konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

Baca Juga:

Nggak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

12 Manfaat Wedang Uwuh yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing dan Cara Memberikannya