Ketahui Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh dan Tata Caranya

0
74

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunnah di tengah bulan yang diajarkan baginda Rasululllah SAW. Dalam pelaksanaannya, puasa ayyamul bidh disunnahkan selama 3 hari di tiap bulan. Nah, biasanya dilakukan pada 13,14, dan 15 tiap bulan.

Nah, kalau Ladies pernah dengar puasa Ayyamul Bidh dan pernah mengamalkannya? Kalau belum cari tahu di sini yuk informasinya! 

Keutamaan Melakukan Puasa Ayyamul Bidh

puasa-ayyamul-bidh

1. Amalannya seperti berpuasa sepanjang tahun dan mendapat pahala 10x lipat

Keutamaan yang pertama apabila kita istiqomah menjalankan puasa ayyamul bidh setiap bulan, maka amalannya seperti puasa satu tahun penuh. Seperti yang disebutkan dalam hadist berikut:

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari no. 1979)

Satu hari berpuasa sunnah, kebaikan yang bisa kita dapatkan berlipat ganda sebanyak 10 hari kebaikan. Jadi, jika Ladies berpuasa 3 hari dalam satu bulan, maka akan mendapatkan 30 hari kebaikan. Lalu, apabila puasa sunnah selama satu tahun, berarti akan mendapatkan amalan seperti berpuasa sepanjang tahun.

2. Merupakan wasiat baginda Nabi Muhammad SAW

Puasa Ayyamul Bidh menjadi salah satu puasa sunnah yang diwasiatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadist berikut:

Dari Abu Hurairah r.a., berkata: “Kekasihku (Rasulullah) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: (1) mengerjakan puasa selama tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan salat Dhuha, (3) mengerjakan salat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari).

3. Mendapatkan keberkahan karena mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad SAW

Diriwayatkan oleh Nabi, ketika kita mampu mengikuti kebiasaan tersebut, niscaya akan memperoleh kasih dan sayang Allah SWT. Berikut penjelasannya:

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa berpuasa pada ayyamul biidh ketika tidak bepergian maupun ketika bersafar.” (HR. An Nasai no. 2347. Al Hafizh Abu Thohir dan Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

4. Mendapatkan surga Ar Rayyan bagi yang rajin menjalankannya

Selain mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat, menjalankan puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan lainnya yaitu mendapatkan surga Ar Rayyan. Surga Ar Rayyan merupakan surga yang dijanjikan Allah untuk umat muslim yang sering berpuasa semasa hidupnya. Hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari sebagai berikut:

“Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut “ar rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.” Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya.” (HR. Bukhari no. 1896 dan Muslim no. 1152).

Tata Cara Melakukan Puasa Ayyamul Bidh

puasa-ayyamul-bidh

1. Membaca niat berpuasa

Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya:“Saya niat berpuasa besok pada (ayyamul bidh) hari-hari putih sunnah karena Allah Ta’ala.”

2. Sahur

Sama seperti puasa lainnya, Ladies disarankan untuk disarankan untuk sahur di waktu sebelum fajar. Namun, sahur hukumnya adalah sunnah, sehingga jika tidak melaksanakannya pun tidak apa-apa, asalkan sudah niat sebelumnya. 

3. Berpuasa

Selanjutnya adalah menjalankan puasa Ayyamul Bidh dengan menahan diri dari nafsu. Seperti menahan diri dari makan, minum, berhubungan badan dengan suami-istri, mabuk dan lain sebagainya sebelum waktu buka puasa.

4. Berbuka

Setelah menjalankan puasa, maka bagian akhirnya ialah berbuka. Dilakukan saat waktu adzan magrib. Ladies dapat berbukan dengan makanan yang menyegarkan dahaga dan meningkatkan energi seperti kurma.

Itulah penjelasan mengenai keutmaan dan tata cara puasa ayyamul bidh. Semoga dengan melakukan ibadah sunnah ini, kita mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Baca Juga:

Inilah Kumpulan Ucapan Selamat Puasa Bagi yang Menjalankan

Inilah Keutamaan Puasa Muharram dalam Islam dan Niatnya