Ketahui Gejala Penyakit Herpes, Pengobatan, dan Pencegahannya

0
88

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Herpes merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh virus. Uniknya, seseorang yang sudah pernah terkena herpes akan sangat kecil kemungkinan terjangkit penyakit yang sama di kemudian hari.

Lalu, gejala apa saja yang menyertai herpes ini? Kita bisa memahaminya bersama-sama lewat ulasan berikut ini, Ladies. Ssst, ada informasi pencegahan sekaligus penyembuhannya, loh.

Pengertian Herpes

Herpes merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh sekelompok virus bernama herpes yang kemudian menyebabkan infeksi pada manusia. Karena berasal dari virus, maka herpes ini menular sehingga penderita penyakit ini mesti mahir menjaga jarak dengan orang-orang terdekat.

Tanda paling mudah terlihat dari herpes adalah munculnya lepuhan atau bintil pada kulit yang berwarna kemerahan dan berisi cairan. Beberapa orang yang terkena herpes mengalami gatal di area lepuhan tersebut, tetapi ada juga yang tidak.

Beberapa jenis virus penyebab herpes antara lain herpes zoster, herpes simplex, Epstein-Barr virus, Cytomegalovirus, dan lain-lain. Yang paling lazim ditemui adalah herpes zoster (penyebab cacar ular) serta herpes simplex (penyebab herpes oral dan herpes genital).

Gejala Herpes

Meskipun sekilas herpes mirip dengan cacar air, Namun kondisinya jauh berbeda, loh. Penderita herpes biasanya akan merasakan pegal atau sakit luar biasa di area dekat lenting atau lepuh. Agar lebih mudah memahaminya, kita simak yuk rentetan gejala-gejala dari herpes berikut ini, Ladies.

1. Infeksi Primer

Infeksi primer merupakan awal dari gejala herpes itu sendiri, loh. Pada fase ini, muncul bintil-bintil putih yang tampak seperti berisi air. Bintil-bintil tersebut juga muncul berkelompok di atas kulit hingga lama-kelamaan warnanya mulai berubah menjadi kemerahan.

Infeksi primer biasanya berlangsung selama tiga minggu. Beberapa orang yang sedang ada di fase ini akan mengalami gejala lain seperti demam dan lemas. 

2. Fase Laten

Setelah itu, herpes akan memasuki fase laten. Pada gejala ini, bintil-bintil yang awalnya muncul memang mulai mereda. Namun, bukan berarti kondisi penderita herpes lekas membaik. Justru di fase inilah rasa sakit lain mulai muncul, Ladies.

Hal ini disebabkan oleh virus yang tengah berkembang. Tidak cuma itu, virus pun mulai menyebar ke saraf tulang belakang di bawah permukaan kulit. Orang yang terkena herpes akan mengalami rasa pegal luar biasa ketika ada di fase ini. So, hati-hati ya kalau sudah muncul tanda seperti ini.

3. Infeksi Rekuren

Bintil pada fase infeksi primer dapat muncul kembali setelah fase laten. Hanya saja bentuknya tidak separah sebelumnya. Rasa pegal dan sakit juga mulai berangsur-angsur berkurang. Penderita herpes biasanya akan merasakan gatal atau kesemutan pada daerah yang terinfeksi.

Perlu diingat Ladies bahwa gejala penyakit herpes ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Bahkan, rentang waktu pada tiap fase pun tidak akan sama. Ada pula orang yang tidak banyak merasakan gejala, melainkan hanya perkembangan bintil yang cukup cepat.

Secara umum, gejala herpes dapat dicirikan dengan hal-hal berikut ini:

  • Nyeri otot
  • Mudah lelah
  • Demam
  • Nafsu makan menurun.

Kalau sudah muncul tanda-tanda seperti di atas, langsung periksakan diri ke dokter, ya.

Pencegahan dan Pengobatan Herpes

Bagi orang yang terkena herpes, pengobatan paling manjur tentu saja dengan berobat ke dokter kulit. Dokter biasanya akan meresepkan obat antivirus untuk menekan pertumbuhan virus herpes.

Selain itu, dokter akan memberikan obat antiradang dan antinyeri untuk mengurangi rasa sakit akibat herpes. Obat oles juga diberikan untuk mempercepat pengempesan bintil-bintil yang muncul.

Ingat Ladies, herpes merupakan penyakit menular. Oleh sebab itu, pencegahan paling efektif tentu saja dengan menghindari kontak dengan penderitanya. Kita juga dapat perbanyak konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas.

Jika kita mengalami gejala herpes, sebaiknya kita langsung berobat ke dokter ya. Pengobatan yang sesegera mungkin dapat membantu mempercepat meredakan efek herpes ke depannya, Ladies. 

Baca Juga:

Aman dan Ampuh, Inilah 5 Cara Mengobati Bisul secara Alami

Ini Deretan Menu Makanan Sehat Buat ke Kantor

9 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik untuk Kesehatan