Ketahui 8 Keutamaan Sholat Witir dalam Ajaran Islam

0
89

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Ketika mendengar sholat witir, kita pasti langsung tertuju pada sholat tarawih tepatnya di bulan Ramadan. Kedua sholat sunnah tersebut memang menjadi sholat sunnah yang sangat dianjurkan dan termasuk salah satu amalan baik di malam Ramadan yang akan rugi jika ditinggalkan. Sayangnya, beberapa orang hanya melaksanakan sholat tarawih dan menyepelekan sholat witir.

Padahal, sholat yang dilaksanakan pada malam hari sebagai penutup shalat malam lainnya ini memiliki banyak keutamaan. Apa saja? Simak artikel ini sampai habis ya, Ladies.

1. Sholat yang Disaksikan Malaikat

Keutamaan yang pertama yaitu ketika melaksanakan sholat witir di penghujung malam, maka niscaya akan disaksikan oleh malaikat. Bahkan, mereka akan ikut mendoakan kita kepada Allah SWT dan akan datang keberkahan kepada siapa saja yang melaksanakan sholat ini. Seperti yang telah dijelaskan dalam hadits berikut:

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Mu’awiyah] dari [Al A’masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena sholat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdhal dan utama.” Abu Mu’awiyah berkata: “Mahdhurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

2. Wasiat dari Rasulullah SAW

Ladies, sejatinya ada 3 perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW dalam hidupnya. Pertama yaitu berpuasa 3 hari setiap bulan, kedua melaksanakan dhuha dan terakhir yang tidak pernah tertinggal ialah sholat witir. Bahkan, apabila Rasulullah meninggalkan sholat witir sekali saja, beliau akan mengqadhanya. Hal ini disebutkan dalam hadits berikut:

Artinya: “Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan sholat Duha 2 rakaat dan sholat witir sebelum aku tidur.” (HR. Bukhari)

3. Sholat yang Dicintai Allah SWT

Seperti yang kita tahu kalau Allah SWT sangat menyukai bilangan yang ganjil. Maka dari itu, sholat witir dengan bilangan ganjil menjadi salah satu ibadah yang dicintai Allah SWT. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW berikut ini:

Artinya: “Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli Al-Quran.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Sebagai Tambahan Sholat

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa sholat witir merupakan sholat tambahan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan di antara waktu salat fardu yakni setelah salat isya dan sebelum sholat subuh. 

Artinya: “Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kalian tambahan sholat, yaitu sholat Witir, maka sholat Witirlah kalian antara waktu sholat ‘Isya’ hingga sholat Subuh.” (HR. Ahmad)

5. Menjadi Penyempurna Sholat Malam

Selain menjadi sholat tambahan dan memberikan pahala, sholat witir dikenal juga sebagai penyempurna dari ibadah atau sholat malam. Hal itu sudah dijelaskan dalam hadits berikut ini:

Artinya: “Jadikanlah akhir sholat kalian di malam hari dengan sholat Witir” (HR. Muslim)

6. Sholat yang Lebih Baik Dari Unta Merah

Salah satu hadits menyebut bahwa sholat witir memiliki nilai lebih besar dari nilai seekor unta merah terutama jika dilaksanakan sebelum waktu sholat subuh. Berikut isi haditsnya:

Artinya: “Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa’id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata: Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah salat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu sholat witir, dan telah menjadikannya berada di antara sholat Isya hingga terbit fajar.” (HR Abu dawud)

7. Dikabulkan Doa ketika Melakukannya

Keutamaan sholat witir lainnya yaitu ketika kita berdoa di waktu sholat tersebut, maka niscaya akan dikabulkan. Waktu pelaksanaannya di tengah malam adalah waktu yang tepat untuk setiap hamba berada dekat dengan Allah SWT. 

8. Amalan yang Dilakukan Ahli Al-Quran

Tidak hanya Rasulullah yang selalu melaksanakan sholat witir, nyatanya hal itu diikuti oleh para ahli Al-Quran dari kalangan sahabat juga sangat berkomitmen untuk mengamalkan dan mendakwahkannya. Disebutkan dalam sebuah hadist yang artinya:

“Sesungghnya Allah itu witir, mencintai witir, maka lakukanlah sholat witir wahai ahli Al-Quran.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

“Wahai ahli Al-Quran, lakukanlah sholat witir. Karena sesungguhnya Allah Azza wa Jalla itu witir, mencintai yang witir.” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah; shahih) 

Itulah tadi keutamaan dari sholat witir. Semoga dari informasi tersebut, bisa menginspirasi kita untuk terus melakukan perintah Allah SWT dan menjalankan hal-hal yang dicintai-Nya ya Ladies!

Baca Juga:

7 Makna Seserahan Pernikahan dan Lamaran yang Penuh Makna 

Ingin Dimudahkan dalam Berkarir? Berikut Kumpulan Doa Meminta Rezeki

Kumpulan Motto Hidup Islami, Bikin Hidup Jadi Bermakna