Ketahui 5 Syarat Tunangan, Nomor 1 Wajib Banget Ada!

0
84

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Sebelum memasuki jenjang pernikahan, tunangan adalah satu momen yang paling banyak dilakukan oleh pasangan. Pada momen tunangan, biasanya pasangan lelaki akan meminta sang wanita untuk menikah dengannya. Selain itu, tunangan menjadi bukti keseriusan pasangan yang sudah memantapkan jiwa dan raga untuk bersama sampai akhir hayat. 

Akan tetapi, ada beberapa syarat tunangan yang tidak boleh dilewatkan. Penasaran syarat apa saja syarat tunangan? Yuk langsung saja cek selengkapnya di bawah ini, Ladies. Nomor satu wajib banget ada!

Arti dan Syarat Tunangan 

Syarat-Tunangan

Sebelum menikah, kedua pasangan tentunya akan mengadakan pesta atau pengajian tunangan terlebih dahulu. Tidak jauh beda dengan lamaran, tujuan dari pertunangan adalah sebagai tanda awal komitmen antara kedua pasangan untuk menjalani hidup bersama. Lantas, ini dia beberapa syarat tunangan yang perlu diketahui dan diperhatikan.

1. Punya Pasangan

Syarat-Tunangan

Satu hal yang kudu harus ada yaitu pasangan. Bagaimana bisa seseorang akan bertunangan kalau tidak memiliki pasangan. Pasalnya, pertunangan adalah momen menyatukan kedua insan yang saling berkomitmen untuk menjaga satu sama lain sampai akhir waktu. 

Selain itu, kedua pasangan juga harus hadir saat bertunangan dan tidak bisa diwakilkan. Jangan sampai sudah menyiapkan segala hal dan hati, namun pasangan saja tidak ada. 

2. Kedua Pasangan Berstatus Lajang 

Syarat-Tunangan

Jika sudah mantap dengan pilihan hati, selanjutnya yang wajib Ladies perhatikan adalah status pasangan. Pastikan bahwa masing-masing calon mempelai memiliki status lajang dan tidak sedang terikat pernikahan dengan orang lain. 

Selain itu, bagi wanita juga perlu dipastikan kalau mereka tidak sedang dalam masa iddah. Status pasangan juga tidak boleh merupakan keluarga atau muhrim sendiri. 

3. Dihadiri Keluarga Inti dan Pemuka Agama

Syarat-Tunangan

Jika sudah mantap, sekarang saatnya melibatkan keluarga dalam acara sakral ini. Bertunangan bisa dianggap sah jika dihadiri keluarga besar sebagai tanda penyatuan kedua keluarga. Selain itu, kehadiran pemuka agama juga dinilai sangat penting sebagai saksi supaya sesuai dengan kaidah agama. 

4. Membawa Seserahan 

Syarat-Tunangan

Membawa seserahan tentunya sudah menjadi hal awam saat ingin meminang kekasih hati.  Dalam tunangan pun diyakini akan lebih baik jika pihak laki-laki memberikan seserahan kepada keluarga perempuan sebagai tanda kesanggupan untuk menikahi anak perempuan mereka. 

Seserahan tersebut bisa berisikan banyak barang seperti uang, alat sholat, perhiasan, makeup, hingga zaman sekarang saham terkadang menjadi isi seserahan. Tinggal pilih sesuai kesukaan dan budget ya, Ladies.

5. Ada cincin tunangan 

Syarat-Tunangan

Selanjutnya, syarat tunangan yang terakhir adalah adanya cincin. Jika sudah menyelesaikan berbagai tahap, saatnya tunangan diikat dalam bentuk janji dengan bantuan cincin tunangan. 

Biasanya calon pengantin akan memberikan cincin tunangan kepada masing-masing calon untuk disematkan ke jari manis. Cincin ini sebagai tanda komitmen untuk mengabiskan sisa waktu bersama dan menuju pernikahan. 

Nah, itu dia syarat tunangan yang perlu Ladies tahu supaya tidak ada yang terlewat saat memasuki jenjang pertunangan. Good luck Ladies!

Baca Juga:

7 Inspirasi Kebaya Tunangan Hijab buat Lamaran, Bikin Pangling!

Jangan Sembarangan Pakai, Ini Letak Cincin Tunangan dan Artinya

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis