Ketahui 5 Pantangan Syaraf Kejepit yang Harus Dilakukan

0
48

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, syaraf kejepit merupakan kondisi saat bantalan lembut pada tulang belakang terdorong keluar. Alhasil, rasa nyeri luar biasa akan muncul. Maka, beberapa pantangan syaraf kejepit harus dipatuhi agar rasa sakitnya tidak memburuk, Ladies.

Lalu, apa saja yang harus dihindari saat sakit syaraf kejepit? Agar proses penyembuhan lancar, pantangan syaraf kejepit berikut ini bisa Ladies lakukan. Simak dan belajar sama-sama yuk!

Melakukan Gerakan Tiba-Tiba

pantangan-Syaraf-Kejepit

Gerakan tiba-tiba sebaiknya jangan dilakukan apalagi kalau Ladies menderita syaraf kejepit. Pasalnya, gerakan mendadak seperti menyentak dapat meningkatkan stres pada tubuh.

Stres tersebut akan menyebabkan syaraf dan otot ikut menegang. Pada orang yang mengalami gangguan syaraf kejepit, kondisi ini akan memperparah kondisi syaraf. Alhasil, rasa sakit tak tertahankan akan makin menjadi dan sulit disembuhkan.

Mengangkat Benda Berat

pantangan-Syaraf-Kejepit

Pantangan syaraf kejepit yang paling sering dokter ingatkan adalah perihal mengangkat benda berat. Kegiatan berat ini dapat memberikan tekanan pada otot-otot, loh. Tidak hanya itu, persendian pun rentan mengalami gangguan jika aktivitas ini dilakukan berulang.

Penderita syaraf kejepit tidak disarankan mengangkat beban lebih dari 5 kg. Jika memaksakan diri mengangkat benda terlalu berat, proses penyembuhan syaraf akan terganggu dan membutuhkan waktu lebih lama, Ladies.

Banyak Begadang

pantangan-Syaraf-Kejepit

Begadang sering dianggap sebagai hal biasa, terlebih jika Ladies sedang lembur karena kerjaan sedang menumpuk. Tapi, ternyata begadang dapat memperburuk syaraf kejepit, loh. Hal ini karena tubuh kita perlu istirahat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk syaraf, Ladies.

Kualitas tidur dan istirahat yang kurang dapat meningkatkan stres pada tubuh. Jadi, mulai dari sekarang biasakan untuk tidur tepat waktu dan cukup dengan durasi 6 sampai 8 jam. Selain itu, perhatikan juga kondisi kasur dan bantal agar posisi tidur juga nyaman.

Olahraga Terlalu Berat

pantangan-Syaraf-Kejepit

Olahraga baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan. Namun, olahraga terlalu berat justru jadi pantangan bagi pasien syaraf kejepit. Terlalu sering mengangkat beban saat berolahraga dapat memperburuk syaraf kejepit, Ladies. Apalagi jika olahraga tersebut rutin dilakukan tiap hari.

Otot-otot juga perlu istirahat untuk memulihkan jaringan yang rusak. Beberapa olahraga yang sebaiknya Ladies hindari saat menderita syaraf kejepit seperti sepak bola dan angkat beban. Sebagai alternatif, Ladies bisa memilih renang karena minim risiko cedera dan dapat memperbaiki postur tubuh.

Melakukan Gerakan Ulang Berkali-kali

pantangan-Syaraf-Kejepit

Pantangan syaraf kejepit lainnya adalah melakukan gerakan berulang. Pasalnya, gerakan berulang dapat memicu syaraf kejepit pada area sendi. Misalnya, orang yang terlalu sering mengetik seharian, naik-turun tangga dengan membawa beban berat, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, Ladies perlu mengistirahatkan diri, setiap 30 atau 60 menit. Selain itu, tidak ada salahnya melakukan peregangan tubuh di sela-sela kerja agar syaraf tidak mudah tegang.

Itulah beberapa pantangan syaraf kejepit yang harus Ladies tahu. Jika Ladies mengalami syaraf kejepit, patuhi pantangan tersebut ya. Jangan lupa rutin konsultasikan kondisi tubuh ke dokter syaraf!

Baca Juga:

5 Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Alami, Ampuh Redakan Nyeri

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Ladies, Ini Loh 7 Ragam Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan