Ketahui 5 Manfaat Tanaman Sirih Gading dan Cara Merawatnya

0
4

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Sirih gading, yang memiliki nama latin epipremnum aureum, merupakan salah satu jenis tanaman yang digemari banyak orang. Kepopuleran tanaman sirih gading menyebabkan tanaman ini banyak dipelihara untuk mempercantik halaman rumah.

Tidak hanya itu, sirih gading juga sering dijadikan sebagai alternatif tanaman indoor untuk mempercantik ruangan, loh! Jika kamu tertarik untuk memelihara sirih gading, Ladies Corner sudah menyiapkan artikel lengkap tentang manfaat dan cara merawatnya di bawah ini.

Manfaat dari Tanaman Sirih Gading

Tanaman-Sirih-Gading

Selain karena bentuknya yang cantik, sirih gading ternyata juga memiliki banyak manfaat. Tidak heran jika banyak orang memilih untuk merawatnya. Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman sirih gading yang harus kamu tahu.

1. Menyerap racun yang berbahaya

Tanaman sirih gading bermanfaat untuk menyerap zat racun berbahaya yang ada di udara. Beberapa zat racun yang dapat diserap oleh sirih gading adalah zat residu dari cat tembok, cat kayu, pembasmi nyamuk, peralatan elektronik, hingga pengharum ruangan. Hal ini menjadi alasan banyak orang meletakkan sirih gading di dalam rumah agar udara terasa lebih segar.

2. Penyedia pasokan oksigen

Seperti tanaman lainnya, sirih gading juga menghasilkan pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah oksigen yang dihasilkan oleh sirih gading dapat memberikan kualitas udara yang baik untuk ruangan Ladies, loh!

3. Memperbaiki sistem pernapasan

Sirih gading dapat menyerap zat beracun yang ada di udara dan menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan paru-paru. Berkurangnya polusi membuat udara jadi lebih segar.

4. Menetralkan ruangan dari bau tidak menyenangkan

Bau menyengat berasal dari banyak hal, seperti makanan yang berbau tajam, bau asap rokok, dan sebagainya. Dengan meletakkan tanaman sirih gading di dalam ruangan, maka bau menyengat pun akan netral.

5. Menguraikan amonia di dalam akuarium

Sirih gading dapat ditanam pada media air. Ketika diletakkan di dalam akuarium, sirih gading bermanfaat untuk membantu mengurai zat amonia, loh! Ikan-ikan peliharaan kita juga menjadi lebih sehat karena tidak teracuni oleh zat amonia.

Cara Merawat Tanaman Sirih Gading

Tanaman-Sirih-Gading

Sebagai tanaman hias, tentunya kita menginginkan tanaman bisa tumbuh dengan sehat dan lebat. Nah, berikut ini adalah cara merawat tanaman sirih gading yang tepat!

1. Hindari cahaya matahari secara langsung

Untuk tetap tumbuh, tanaman sirih gading membutuhkan cahaya yang cukup. Namun tanaman ini tidak boleh terkena cahaya matahari langsung secara berlebihan. Hal ini karena cahaya mahari dapat membuat daun sirih gading kering.

2. Pastikan berada di ruangan dengan suhu yang tepat

Agar tanaman sirih gading bisa tumbuh dengan sehat, letakan tanaman ini di dalam ruangan dengan suhu antara 18-29 derajat celcius. Suhu yang di terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan stres pada tanaman sirih gading sehingga memengaruhi pertumbuhannya.

3. Memotong daun sirih gading secara teratur

Agar daun sirih gading semakin lebat, pastikan Ladies memotong daun sirih gading secara ruitn. Periksa tanaman sirih gading dan cabut atau potong bagian daun yang mati atau batang yang sudah terlalu panjang. Hal ini membuat daun baru tanaman sirih gading dapat tumbuh dengan segar.

4. Berikan ruang yang cukup untuk tanaman

Jika Ladies memiliki lebih dari satu tanaman hias, pastikan tanaman sirih gading memiliki ruang yang cukup. Berikan jarak atau ruang untuk setiap tanaman agar dapat berkembang dengan baik.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dan cara merawat tanaman sirih gading. Semoga tanaman sirih gading kita dapat tumbuh dengan baik, Ladies.

Baca Juga:

Fakta dan Cara Merawat Tanaman Miana, Supaya Tumbuh Subur

7 Jenis Tanaman Keladi yang Cocok Jadi Tanaman Hias Aesthetic

Bikin Taman Rumah Cantik, Ini 8 Jenis Tanaman Bonsai dan Perawatannya