Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Bisa Menghasilkan Untung

0
293

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Terkadang kita tidak memikirkan barang bekas yang menumpuk di gudang. Jika sudah penuh, mau tak mau barang-barang tersebut kita buang ke tempat sampah. 

Tapi siapa sangka, barang bekas yang kita abaikan itu bisa menghasilkan untung jika berada di tangan yang tepat. Dengan mengandalkan kreativitas, kita bisa menyulap barang bekas menjadi barang bermanfaat loh, Ladies!

Penasaran? Simak 7 ide kerajinan tangan dari barang bekas ini, ya!

1. Vas Bunga dari Toples Selai

kerajinan barang bekas yang menghasilkan uang

Punya toples selai yang sudah habis? Jangan dibuang, Ladies! Manfaatkan toplesmu dengan menjadikannya sebagai vas bunga. 

Lepas kertas bagian luar dan mulailah menghias toples. Kita bisa melukis toples langsung dengan gambar yang diinginkan atau melapisi toples dengan gambar yang sudah di-print

Voila, jadilah vas bunga yang bisa mempercantik sudut meja kerja. Jual di marketplace bakal laku keras! 

2. Vas dari Botol Kaca

kerajinan barang bekas yang menghasilkan uang

Botol kaca rupanya tak hanya bermanfaat untuk wadah minum loh, Ladies. Dengan botol kaca bekas, kita enggak perlu membeli pot atau tray saat menanam benih tanaman. 

Hiaslah botol kaca menjadi sebuah wadah lalu letakkan tanah dan benih di dalamnya. Terus ulangi hingga wadah menjadi banyak dan bisa disusun dengan rapi di pekarangan rumah! Gimana, keren banget, kan?

3. Hiasan Dinding dari CD Bekas

kerajinan barang bekas yang menghasilkan uang

Punya CD yang tidak terpakai? Enggak usah bingung, ya. Cukup poles CD dengan gambar dan lukisan cantik, CD bekasmu bisa langsung terlihat cantik digantung di dinding. 

Jual CD hasil lukisanmu itu dengan paket tiga hingga lima set ya, Ladies. Dijamin, deh, dinding kamar bakal terlihat lebih elegan. 

4. Rol Tisu Toilet Menjadi Tempat Pensil

kerajinan barang bekas yang menghasilkan uang

Siapa bilang rol tisu toilet enggak ada manfaatnya? Nyatanya, kita bisa ubah barang bekas ini menjadi tempat pensil di meja kerja. 

Caranya pun mudah. Jika ingin model variatif, kita bisa mengubah model tabung rol tisu toilet dengan potongan zig zag atau sesuai yang diinginkan. Lalu, rekatkan karton atau kertas berwarna di sekeliling rol tisu. Setelah itu, kita bisa hias rol tisu dengan cat atau manik-manik. 

5. Lampu Sendok

kerajinan barang bekas yang menghasilkan uang

Pada 2010, designer bernama Yaroslav Olenev menjadi pemenang dalam nominasi “Ekologi dan Desain” dari majalah FutureNow. Saat itu, ia membuat sebuah lampu hias dari sendok plastik. 

Keren banget, kan? Nah, lampu sendok ini bisa menjadi inspirasimu, Ladies. Lampu sendok menjadi contoh yang sangat baik tentang bagaimana mengubah barang biasa menjadi objek desain.

Tempelkan sendok ke botol, lalu sambungkan kabel untuk mengalirkan listrik. Hasilnya? Cahaya lampu terlihat lebih temaram. 

Selain cantik, tentunya Ladies bisa mengurangi sampah dan mendukung upaya go green untuk bumi tercinta. Semoga 5 kerajinan tangan bekas ini bisa menjadi inspirasi menghasilkan uang, ya, Ladies!

Baca Juga:

7 Rekomendasi Primer untuk Kulit Berminyak, Makeup Flawless Seharian!

Biar Tetap Sehat, Ini Daftar Suplemen Vitamin C yang Bagus

5 Jenis Diet Ini Ampuh Bikin Berat Badanmu Turun, Cobain Ya!