Pendiam dan Setia, Begini Kepribadian Para ISTJ

0
135

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Sifat dan kepribadian orang ISTJ (introversion, sensing, thinking, judging) sebenarnya cukup banyak kita temui di masyarakat. Maklum, salah satu kepribadian introvert ini merupakan paling banyak di dunia. Bisa jadi orang-orang di sekitar kita identik dengan karakter ISTJ ini.

Lalu, sebenarnya ISTJ sendiri itu apa sih? Pahami dulu hal-hal berikut ini agar kita bisa mengenal sifat dan kepribadian para ISTJ.

Pengertian ISTJ

ISTJ merupakan salah satu kepribadian dalam MBTI. Karakter “introvert” mendominasi kepribadian ini. Maksudnya, orang ISTJ pastinya lebih suka menghabiskan waktu sendiri daripada keramaian. Selanjutnya, “sensing” mewakili karakternya yang suka berpegang pada fakta dan data dalam mengambil sebuah kesimpulan.

Selain itu, segala keputusannya pun mesti berdasarkan “thinking” alias berpikir secara menyeluruh dan mendalam. Orang ISTJ cenderung lebih bisa dipengaruhi dengan penjelasan masuk akal. Terakhir, “judging” di sini maksudnya adalah suka melakukan perencanaan daripada tindakan spontan.

Itulah garis besar pengertian dari ISTJ. Nah, sekarang coba kita kenali sekaligus pahami kelebihan serta kekurangan kepribadian para ISTJ yuk! 

Kelebihan

1. Fokus dan Teratur

Orang dengan kepribadian ISTJ pasti mudah fokus dalam mengerjakan sesuatu. Dia bukan jenis orang yang mudah terdistraksi. Konsistensi dalam bekerja juga patut diacungi jempol.

Salah satu kunci yang membantu ISTJ fokus adalah hidup teratur. Para ISTJ terkenal patuh pada jadwal yang mereka buat sendiri. Bagi mereka, keteraturan adalah cara terbaik mengasah konsistensi.

2. Perencana yang Baik

Keunggulan orang dengan kepribadian ISTJ adalah mampu merencanakan sesuatu serba detail. Inilah yang membuat agenda dan tujuan para ISTJ cenderung berhasil tercapai. Selama semua rencana terstruktur dengan baik, orang ISTJ pasti tenang menjalankan pekerjaan atau proyek.

Sifat perencana ini juga berpengaruh ke cara ISTJ mengambil keputusan. Orang dengan kepribadian ini tidak pernah gegabah atau terburu-buru. Semua hal dipertimbangkan masak-masak dengan memilah sekaligus memilih risikonya. 

3. Setia

Kelebihan yang satu ini jarang sekali dimiliki banyak orang loh. Para ISTJ dikenal setia, baik dalam hubungan maupun pekerjaan. Wah, enak juga ya kalau punya pasangan dengan kepribadian ISTJ ini.

Bagi orang ISTJ, kesetiaan erat hubungannya dengan moral. Maka, para ISTJ pun tidak suka bermain-main dalam sebuah hubungan, entah itu dengan pasangan maupun teman. Mereka selalu menjunjung tinggi tanggung jawab dalam setiap hubungan.

Kekurangan

1. Tingkat Kepekaan Rendah

Meski banyak kelebihan, orang-orang berkepribadian ISTJ juga punya kekurangan kok. Salah satu yang paling menonjol adalah rendahnya kepekaan akan sekitar. Bahkan, ada beberapa orang ISTJ merasa kesulitan memahami perasaan orang lain.

Hal ini disebabkan oleh kecenderungan para ISTJ yang lebih suka berpatokan pada data dan logika. Namun, bukan berarti sifat ini tidak bisa diperbaiki. Orang ISTJ hanya butuh belajar peka sedikit demi sedikit saja agar bisa berempati.

2. Kaku

Dengan kebiasaan serba terencana dan teratur, jelas orang ISTJ terkesan kaku di mata orang-orang. Kepribadian para ISTJ dianggap kurang bisa santai. Hidupnya ketat oleh aturan dan kurang fleksibel.

Kekurangan ini pun sebenarnya dapat diatasi dengan memberi kelonggaran pada jadwal yang biasa mereka buat. Anggap saja kelonggaran tersebut sebagai ruang untuk fleksibilitas. Jadi, orang dengan kepribadian ISTJ ini tidak mudah stres saat beberapa hal tak terjadi sesuai rencana.

3. Keras Kepala

Para ISTJ kadang juga terlihat amat keras kepala. Apalagi jika ada informasi yang tak sesuai dengan data dan fakta yang selama ini dipegangnya. Tak jarang mereka kesulitan menerima kesalahan yang dilakukan sendiri.

Padahal, setiap orang pastilah pernah melakukan salah perhitungan. Sikap keras kepala para ISTJ sebenarnya dapat disiasati dengan mulai terbuka pada saran orang lain. Dengan begitu, mereka memiliki perspektif baru yang dapat jadi solusi ketika kegagalan datang.

Itulah tadi beberapa kelebihan serta kekurangan kepribadian ISTJ. Dengan memahami hal-hal tadi, semoga kita dapat lebih bijak dalam berkomunikasi dengan para ISTJ ya!

Baca Juga:

Ketahui Kepribadian Berdasarkan Zodiak Kelahiran

Ini Dia Kelebihan serta Kekurangan Kepribadian ISFP

Ketahui 5 Ciri-Ciri Orang dengan Kepribadian Introvert