Kenali Ciri-Ciri Ambivert, Apakah Kamu Termasuk Ladies?

0
4

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Buat kamu yang merasa bukan sepenuhnya introvert ataupun ekstrovert, bisa jadi masuk dalam kategori ambivert. Salah satu keunikannya adalah suka menyendiri, tetapi di juga ingin bersosialisasi dengan orang sekitar. Ambivert sering diibaratkan sebagai sosok yang seimbang karena memiliki dua sisi, yaitu introvert dan ekstrovert.

Lalu, orang dengan sifat ambivert biasanya akan tampil seperti apa? Nah, pada kali ini Ladies Corner akan membahas seputar kepribadian ambivert. Siapa tahu ternyata kamu termasuk golongan ambivert, Ladies!

1. Gemar Bersosialisasi, tetapi Juga Menghargai Kesendirian

Ciri-Ciri-Ambivert

Saat di tengah-tengah keramaian bersama rekan kerja atau teman, para ambivert akan mudah bersemangat karena merasa mendapat energi. Di sisi lain, ada kalanya ambivert juga merasa nyaman meskipun hanya sendirian. Ini bukan berarti kamu aneh, melainkan tanda kalau kamu adalah seorang ambivert, Ladies.

Orang dengan kepribadian ambivert merasa senang baik dalam keramaian maupun kesendirian. Itu semua tergantung dari kondisi dan kebutuhan hatinya. Orang seperti ini cukup fleksibel dalam bersosialisasi.

2. Empati Tinggi

Ciri-Ciri-Ambivert

Selain dikenal sebagai sosok yang fleksibel, para ambivert sering sekali menjadi tempat curhat oleh teman, keluarga, maupun sahabat. Hal ini karena kamu dinilai sebagai sosok pendengar yang baik dan memiliki empati yang tinggi. 

Orang ambivert memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang tepat. Para ambivert tahu kapan mereka harus menjadi pendengar dan kapan saatnya memberi pendapat atau memberi solusi. Inilah yang membuat orang-orang merasa nyaman ketika berbincang bersama ambivert, Ladies.

3. Mahir dalam Berbicara Sekaligus Mendengar

Ciri-Ciri-Ambivert

Ekstrovert identik dengan kemampuan bicara yang baik, sementara introvert lebih cakap dalam mendengar. Nah, ambivert sering digambarkan sebagai sosok yang memiliki perpaduan dua kepribadian yaitu ekstrovert dan introvert. Kamu tergolong sebagai ambivert jika memiliki dua kemampuan berbicara dan mendengar yang sama-sama baik.

Seorang ambivert tak pernah ragu atau takut dalam mengutarakan pendapat. Di sisi lain, para ambivert punya kemampuan bersabar dan menghargai orang lain berbicara. Uniknya, tidak semua orang dapat mempunyai dua kemampuan ini bersamaan, lho.

4. Berperan sebagai Penyeimbang dalam Kelompok

Ciri-Ciri-Ambivert

Saat terjebak dalam kelompok yang canggung, apakah kamu bisa memecah suasana jadi lebih menyenangkan? Jika iya, mungkin saja kamu termasuk golongan orang ambivert yang dikenal sebagai sosok penyeimbang.

Bahkan ketika terjadi konflik dalam kelompok, para ambivert tetap bisa mengendalikan emosi dengan baik. So, tidak heran kalau banyak orang suka dengan para ambivert, Ladies.

5. Fleksibel dan Tidak Kaku

Ciri-Ciri-Ambivert

Meskipun menyukai kesendirian, para ambivert juga suka berinteraksi dengan orang lain, Ladies. Hal ini yang membuat kamu dikenal sebagai orang yang easy going. Sikap fleksibel ini membuat kamu tidak terlalu kaku dalam lingkungan sosial. Selain itu, sifat kamu yang mudah berbaur membuat kamu mudah beradaptasi pada berbagai perubahan, Ladies.

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri ambivert. So, dari semua ciri-ciri yang ada, apakah kamu tergolong dalam ambivert? Apa pun jenis kepribadian kamu, sebisa mungkin untuk membangun hubungan dengan baik pada diri sendiri dan orang sekitar, Ladies!

Baca Juga:

4 Kepribadian Manusia: Melankolis, Korelis, Sanguinis, dan Plegmatis

Dikenal Cerdas, Ini Kepribadian Golongan Darah AB

Pendiam dan Setia, Begini Kepribadian Para ISTJ