Kenali 7 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Ini, Biar Lebih Siaga!

0
43

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, menantikan kehadiran buah hati memang menyenangkan, apalagi menjelang saat melahirkan. Tentu tidak mudah memprediksi kapan bayi akan lahir dengan tepat. Para calon ibu, termasuk Ladies, perlu peka pada kondisi tubuhnya agar sewaktu-waktu sadar bila waktu melahirkan telah dekat.

Oleh sebab itu, penting bagi para wanita untuk mengenali apa saja tanda-tanda mau melahirkan. Dengan mengetahuinya, setidaknya calon ibu dan bapak bisa lebih cepat tanggap. 

7 Tanda-Tanda Melahirkan

Tanda-Tanda-Melahirkan

Berikut ini beberapa tanda yang mesti para ibu hamil kenali. Jangan sampai terlewatkan ya, Ladies!

1. Kesulitan Tidur

Salah satu tanda-tanda melahirkan yang bisa Ladies rasakan adalah suli untuk tidur. Saat malam hari, calon ibu menjadi lebih banyak resah dan tidak nyaman ketika tidur. Kondisi perut yang makin membesar membuat kegiatan tidur kian tak nyaman.

Oleh sebab itu, ada baiknya Ladies memanfaatkan waktu istirahat atau tidur siang dengan baik. Bagaimana pun juga, Ladies butuh energi lebih untuk menjalani proses persalinan. Salah satunya mesti menjaga porsi tidur dengan cukup.

2. Sakit atau Nyeri Perut Meningkat

Tanda mau melahirkan selanjutnya adalah rasa nyeri atau sakit pada beberapa anggota tubuh. Misalnya, punggung, perut, bahkan sendi. Rasa sakit ini biasanya terjadi pada wanita yang pertama kali mengalami proses melahirkan.

Nyeri muncul karena adanya otot serta persendian yang tiba-tiba meregang dan bergeser. Kehadiran sakit tersebut mesti ada sebagai persiapan dari proses kelahiran bayi.

3. Bayi Terasa “Turun”

Bagi Ladies yang mengalami kehamilan pertama biasanya paling peka pada tanda mau melahirkan ini. Ladies bisa merasakan bahwa bayi seperti turun ke area panggul. Biasanya tanda ini muncul dua sampai empat minggu sebelum proses melahirkan.

Bagi Ladies yang sudah mengalami persalinan lebih dari sekali, tanda ini jarang dirasakan. Kondisi bayi turun sebenarnya membuat Ladies bisa bernapas lebih lega karena posisi bayi mulai menjauhi paru-paru.

4. Sering Buang Air Kecil

Kondisi bayi yang turun ke rongga panggul calon ibu menyebabkan posisi rahim amat menekan kandung kemih. Hal inilah yang kemudian membuat Ladies lebih sering buang air kecil. Akibatnya, wanita mesti bolak-balik ke kamar mandi.

Selain itu, wanita yang hendak melahirkan rentan terkena diare karena rektum mulai mengendur. Jadi, sangat normal ya jika calon ibu mendadak merasa diare. Itu tandanya hari pesalinan makin dekat, Ladies.

5. Sering Kontraksi

Kontraksi merupakan tanda melahirkan aktif. Kontraksi menjelang kelahiran lebih dikenal dengan sebutan Braxton-Hicks. Perut akan mengencang dengan ritme datang dan pergi. Kontraksi ini biasanya tidak beraturan dan dapat kembali normal ketika calon ibu lebih relaks.

Kontraksi palsu umum terjadi pada area di daerah perut atau panggul. Berbeda dengan kontraksi sungguhan yang terjadi di bawah punggung dan berpindah ke depan perut. Braxton-Kicks akan makin kerap terjadi menjelang waktu melahirkan tiba.

6. Keluar Lendir Kental dari Vagina

Selama kehamilan, vagina Ladies akan tertutup oleh lendir. Menjelang proses persalinan, lendir kental berwarna keputihan tersebut akan keluar dari vagina. Jika jumlahnya terus meningkat, bisa dipastikan itu merupakan salah satu tanda mau melahirkan.

Beberapa Ladies bahkan mengalami keluarnya lendir berwarna kemerahan muda. Kalau menjumpai hal ini, segera bawa ke pusat layanan kesehatan terdekat karena proses persalinan sudah sangat dekat.

7. Air Ketuban Pecah

Tanda mau melahirkan paling jelas adanya air ketuban yang pecah. Sebagian besar wanita mengalami kontraksi hebat terlebih dahulu sebelum akhirnya air ketubannya pecah. Namun, ada juga yang justru pecah ketuban dulu baru kontraksi.

Ladies hamil harus segera dibawa ke rumah sakit ketika air ketuban sudah pecah. Biasanya waktu persalinan akan muncul tak berapa lama setelah momen tersebut.

Semoga informasi mengenai tanda-tanda mau melahirkan di atas dapat menjadi edukasi buat para calon ibu dan bapak, termasuk Ladies. Tetap jaga kesehatan kehamilan dan jangan lupa rutin kontrol ke dokter kandungan ya!

Baca Juga:

Wajib Tahu! 7 Rekomendasi Vitamin untuk Mengatasi Rambut Rontok

Cegah Rabun! Ini 5 Vitamin Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Menakjubkan! Ini 5 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh!