Kenali 5 Manfaat Daun Kemangi yang Baik buat Kesehatan

0
31

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Selain nikmat dijadikan lalapan, daun kemangi juga punya manfaat luar biasa bagi tubuh, Ladies. Banyak orang menyukai daun kemangi karena rasanya yang segar dan praktis karena dapat dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Daun kemangi juga sering dihidangkan bersama nasi hangat, sambal, serta aneka lauk seperti ikan, ayam, sapi, atau bebek.

Lalu, apa saja ya manfaat dari daun kemangi ini? Yuk, kita pelajari sama-sama lewat pembahasan mengenai manfaat daun kemangi dalam artikel ini, Ladies. 

1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat-Daun-Kemangi

Radikal bebas merupakan senyawa kimia yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas berasa dari polusi, obat-obatan, bahkan makanan yang diolah dengan cara yang tidak tepat. Nah, kandungan flavonoid pada kemangi dapat menangkal radikal bebas secara alami, Ladies.

Berkat kandungan antioksidannya, daun kemangi efektif membantu mencegah risiko penyakit kanker, loh. Sifat antikanker dalam kemangi dapat menghambat tumbuhnya sel-sel kanker hati, kanker kulit, hingga kanker paru-paru.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat-Daun-Kemangi

Dilansir dari berbagai sumber, sebuah penelitian menunjukkan kalau daun kemangi punya manfaat menyembuhkan infeksi dan luka sariawan. Hal ini karena saun kemangi memiliki sifat antivirus dan antijamur yang efektif meredakan serta mengobati peradangan luka pada. Tak jarang beberapa orang sering memanfaatkan daun kemangi sebagai obat herbal untuk mengobati luka bekas operasi.

3. Meredakan Stres

Manfaat-Daun-Kemangi

Daun kemangi menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam pengobatan herbal. Dilansir dari HelloSehat, daun kemangi dapat membantu melindungi organ tubuh dari stres, baik yang bersifat kimiawi maupun psikologis.

Selain itu, daun kemangi mampu mengontrol gula darah dan tekanan darah dengan baik berkat kandungan antioskidannya yang tinggi. Alhasil, stres yang bersifat metabolik pun dapat dicegah. Wah, ajaib juga ya manfaat si daun kemangi ini!

4. Mencegah Demam Berdarah

Manfaat-Daun-Kemangi

Menurut penelitian dari Journal of Agromedicine and Medical Sciences, ekstrak daun kemangi dapat digunakan menjadi obat nyamuk bakar guna mencegah gigitan nyamuk. Hal ini karena daun kemangi mengandung flavonoid, minyak atsiri, dan saponin pada kemangi bertindak sebagai racun bagi insketisida seperti nyamuk penyebab demam berdarah.

5. Menjaga Sistem Pencernaan Tetap Sehat

Manfaat-Daun-Kemangi

Gangguan pencernaan seperti gerd atau tukak lambung juga dapat diobati dengan daun kemangi, loh. Daun kemangi efektif membantu menurunkan asam lambung, menyembuhkan diare, hingga mengurangi rasa mual. So, buat Ladies yang sering mengalami masalah pencernaan, tidak ada salahnya rutin mengonsumsi daun kemangi guna menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Setelah mengetahui beberapa manfaat daun kemangi, Ladies pasti semakin doyan mengonsumsinya. So, jangan lupa konsumsi daun kemangi ya, Ladies.

Baca Juga:

8 Manfaat Buah Stroberi, Bikin Kulit Jadi Glowing Maksimal  

Nggak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Benarkah Minyak Kayu Putih Punya Manfaat buat Kejantanan Pria?