Kenali 4 Penyebab Munculnya Jerawat di Kelopak Mata

0
84

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Jerawat adalah masalah kulit yang sering kita alami, Ladies. Selain di area pipi dan dahi, jerawat juga bisa muncul di area yang nggak terduga seperti kelopak mata. Jerawat di kelopak mata, tentunya bikin kita nggak nyaman karena menyebabkan rasa nyeri.

Nah, untuk mengatasijerawat di kelopak mata, Ladies bisa periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya. Berikut ini beberapa faktor yang meningkatkan risiko jerawat di kelopak mata, Ladies. So, keep scrolling!

1. Iritasi

Penyebab-Jerawat-di-Kelopak-Mata

Jerawat bisa disebabkan oleh iritasi akibat infeksi bakteri, jamur, atau bahan kimia yang menempel di kelopak mata, Ladies. Untuk mengatasinya, Ladies bisa memperhatikan kembali kebersihan area kelopak mata.

Caranya juga mudah, misalnya dengan mencuci wajah dua kali sehari dan membersihkan lensa konta sebelum memakainya. Selain itu, pastikan Ladies mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh area wajah. 

2. Rosacea

Penyebab-Jerawat-di-Kelopak-Mata

Rosacea merupakan peradangan pada kulit yang ditandai dengan kemerahan pada kulit dan jerawat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh alergi makanan atau minuman tertentu, misalnya seperti alkohol, produk susu, dan kopi.

Selain itu, makanan pedas juga dapat memperburuk kondisi rosacea loh Ladies. Ini karena makanan pedas daat menyebabkan kulit memproduksi keringat dan minyak berlebih, sehingga kulit mudah terkena bakteri.

3. Skincare atau kosmetik

Penyebab-Jerawat-di-Kelopak-Mata

Skincare ataupun kosmetik juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat di kelopak mata, Ladies. Kulit di kelopak mata lebih tipis dibandingkan kulit tubuh lain, sehingga lebih sensitif terhadap bahan kimia dalam produk skincare atau kosmetik seperti eyeliner dan eyeshadow.

Bahkan dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan peradangan, loh. So, be wise when choose your skincare Ladies!

4. Eksim

Penyebab-Jerawat-di-Kelopak-Mata

Jerawat di kelopak mata juga menandakan kalau Ladies menderita eksim atau dermatitis atopik. Banyak ahli berpendapat bahwa eksim berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan yang kebersihannya tidak terjaga. 

Jadi, kalau Ladies memiliki riwayat eksim, maka jagalah kebersihan wajah dengan double cleansing dan menggunakan pelembap yang cocok. Hindari penggunaan skincare yang mengandung AHA dalam konsistensi tinggi karena dapat membuat iritasi.

Apabila jerawat di kelopak mata kamu tidak kunjung hilang, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi kulit kamu secara pasti. Hindari juga menyentuh langsung area mata dengan tangan yang belum dicuci bersih agar kondisi kulit kamu tidak semakin parah.

Baca Juga:

Rekomendasi 7 Masker untuk Jerawat, Ampuh Banget Ladies!

7 Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ampuh Atasi Jerawat!

7 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Kulit Berjerawat, Biar Glowing!