Wajib Tahu! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kain Bahan Taslan

0
327

Penulis: Nia | Editor Agnes

Taslan adalah salah satu bahan pakaian yang sedang naik daun sekarang ini. Taslan terlihat modern dan kuat, cocok dijadikan sebagai bahan pakaian berolahraga, bahan tas, hingga pakaian bagi pekerja di lapangan. 

Kain taslan memiliki banyak kelebihan yang membuatnya unggul dibanding bahan kain lainya. Namun, tetap saja kain taslan juga memiliki kekurangan, loh. Mari kita bandingkan kelebihan dan kekurangan kain taslan di bawah ini.

Kelebihan Kain Taslan

kelebihan dan kekurangan kain taslan

Ladies punya jaket berbahan taslan? Jangan dikasih ke orang karena kain taslan punya banyak sekali kelebihan, loh.

1. Bahan Kain Waterproof 

Kain taslan dibuat dengan nanoteknologi sehingga membuat kain ini terasa halus. Selain itu, kain taslan juga diformulasi dengan teknologi anti air, sehingga aman dipakai bepergian saat hujan. Meski disiram air yang banyak pun, pengguna kain taslan tidak akan basah maupun tembus. Wah, praktis sekali untuk dipakai saat musim hujan!

2. Kain Taslan Tidak Mudah Jamuran

Jika Ladies tinggal di rumah atau daerah dengan tingkat kelembapan tinggi, mungkin sering khawatir akan datangnya jamur ke pakaian Ladies. Namun dengan kain taslan, Ladies tak perlu khawatir karena kain ini tidak mudah jamuran loh, Ladies. Meskipun begitu, kain berbahan tasla tetap harus dirawat dengan baik untuk memperpanjang umur pemakaiannya. 

3. Mempunyai Sifat Anti Minyak

Seringkali pakaian atau jaket kita terkena noda makanan yang berminyak. Tentunya akan sangat repot untuk mencucinya, Ladies. Namun tidak usah khawatir, kain taslan ini tahan minyak loh, Ladies. Jadi, jauh lebih mudah untuk membersihkannya ketika mencuci. 

4. Dapat Melindungi dari Dingin

Ketika Ladies pergi camping atau hiking, cocoknya memakai jaket atau coat berbahan taslan. Bahan ini bisa melindungi Ladies dari udara dan angin dingin karena serat kainnya yang rapat. Bahan taslah memberi kehangatan ke tubuh kita sehingga kita tidak mudah kedinginan.

5. Harga yang Murah

Good news, Ladies! Selain mempunyai banyak keunggulan, kain taslan ini harganya affordable, loh! Kain ini diproduksi masal dan siap dibeli oleh produsen pakaian. Tak perlu mengeluarkan uang banyak, kita bisa mendapatkan kain taslan yang berguna.

Kekurangan Kain Taslan

kelebihan dan kekurangan kain taslan

Selain banyak kelebihan, kain taslan juga memiliki beberapa kekurangan. Tentunya hal ini bisa menjadi pertimbangan Ladies dalam memilih pakaian.

1. Bahan yang Cenderung Panas

Salah satu jenis kain taslan cenderung membuat kita gerah ketika memakainya. Di negara kita yang tropis ini, memakai pakaian berbahan taslan untuk sehari-hari pastinya tidak terlalu nyaman. Sebaiknya gunakan pakaian berbahan taslan ketika hujan atau berolahraga saja.

2. Bahan Kain Terasa Kaku

Kain taslan cenderung kaku. Pakaian yang berbahan kaku membuat kita tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, lebih baik pilih pakain berbahan katun atau kaus untuk sehari-hari.

Kain taslan memang ada kelebihan dan kekurangannya. Tetapi setelah kita lihat, sepertinya masih lebih banyak kelebihannya ya, Ladies. Pantas saja kain taslan sangat populer dan digemari apalagi dipakai untuk berolahraga.

Baca Juga:

Kumpulan Doa Islam untuk Pengantin Baru Agar Rumah Tangga Awet

Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Pulen untuk Pemula

Inilah 6 Jenis Pakaian Adat Yogyakarta yang Masih Dipakai Warga Lokal