Wajib Tahu! 5 Kelebihan dan Kekurangan Rooting Handphone

0
223

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Sering kesal saat harus melakukan sesuatu dengan cepat tetapi loading handphone lambat? Salah satu jalan pintas untuk mengatasi hal itu adalah dengan melakukan rooting.

Rooting berarti kamu mengubah mode handphone menjadi super user yang memiliki izin untuk melakukan perubahan pada sistem android. Tujuannya untuk menurunkan atau menaikkan kemampuan kerja handphone. Meskipun terlihat mudah dan menjanjikan, namun ada kelebihan dan kekurangan dari rooting, loh! Mau tahu apa saja? Simak sampai habis ya, Ladies.

Kelebihan Rooting HP

 rooting hp

Untuk mengatasi performa ponsel yang melambat, rooting menjadi solusi praktis yang bisa dilakukan. Selain itu, ada banyak kelebihan dari rooting.

1. Aplikasi bawaan otomatis terhapus

kekurangan dan kelebihan root hp

Setiap HP, pasti disematkan aplikasi bawaan oleh produsen. Banyak dari aplikasi tersebut yang tidak kita gunakan, sehingga membuat memori HP jadi penuh. Dengan  rooting, beberapa aplikasi bisa terhapus sehingga memberikan banyak ruang di memori internal HP.

2. Bebas instal aplikasi apa saja

kekurangan dan kelebihan root hp

Ladies seorang gamers sejati? Ada banyak aplikasi games yang mewajibkan kita untuk melakukan root sebelum melakukan instalasi. Selain games, banyak aplikasi keren lainnya, seperti Google Camera yang bisa dipasang setelah rooting.

3. Performa lebih cepat

kekurangan dan kelebihan root hp

Dengan rooting, kita dapat memaksimalkan kinerja sistem software pada HP. Dengan begitu, performa semua aplikasi yang gunakan jadi lebih cepat. Bye-bye loading!

4. Baterai lebih awet

kekurangan dan kelebihan root hp

Percaya atau tidak, waktu yang kita gunakan untuk menunggu HP selesai loading dapat menghabiskan daya baterai dengan cepat. Hal itu tentunya dapat menurunkan performa baterai. Untuk menjaga baterai tetap awet, kita bisa melakukan rooting, sehingga HP jadi lebih powerful dan tidak boros baterai.

5. Bebas dari iklan

kekurangan dan kelebihan root hp

Siapa nih yang suka terganggu sama iklan? Gunakan aplikasi seperti AdBlock Plus, untuk memblokirnya. Yup, aplikasi ini hanya bisa dipasang jika HP sudah di-rooting.

6. Bisa pasang atau modif ROM

kekurangan dan kelebihan rooting hp

Jika kita ingin mengubah tampilan HP jadi lebih bervariasi, tentu harus rooting handphone agar bisa memasang aplikasi tertentu, Ladies. Setelah rooting dan menerapkan tema baru, tampilan HP-mu jadi lebih keren dan terlihat baru, lumayan banget, kan?

Kekurangan Rooting Handphone

kekurangan dan kelebihan root hp

Selain banyak kelebihannya, rooting juga memberikan dampak negatif bagi ponsel. Sebaiknya pertimbangkan lagi sebelum melakukan rooting, Ladies.

1. Garansi HP hangus

kekurangan dan kelebihan root hp

Ketika HP kita rusak dan pernah me-rooting, garansi dari produsen tentunya tidak akan berlaku lagi. Jadi kerusakan apapun, harus bayar sendiri.

2. Tak lagi mendapatkan update software baru

kekurangan dan kelebihan root hp

Dengan melakukan rooting, sistem HP kita bukan lagi menjadi tanggung jawab produsen dan pengembang software. Hal itu yang membuat HP kita tidak akan mendapatkan update software secara otomatis.

3. Mudah terkena virus

kekurangan dan kelebihan root hp

Menyenangkan sih, bisa instal aplikasi apa saja. Tetapi kebebasan tersebut harus kita bayar dengan risiko yang harus diterima. Rooting membuat HP rentan terkena virus maupun malware, sehingga keamanan jadi taruhannya.

4. Handphone cepat panas

kekurangan dan kelebihan root hp 10

Kinerja sistem setelah di-root pasti powerful. Namun HP jadi cepat panas. Puncaknya, bisa membuat umur HP jadi lebih pendek.
5. Menimbulkan rusaknya sistem dan hardware

kekurangan dan kelebihan root hp

Hal lain yang harus dipikirkan sebelum rooting adalah kemungkinan terjadinya bootloop atau HP mati total. Jika sudah begitu, kita harus instal ulang software HP.

6. Sulit untuk dijual kembali atau tukar tambah

kekurangan dan kelebihan root hp

Beberapa produsen HP gencar mengadakan promo tukar tambah. HP yang sudah di-rooting akan susah untuk dijual atau ditukar tambah karena isinya sudah tidak asli lagi.

Itulah 5 kelebihan dan kekurangan dari rooting HP yang harus kita tahu. Intinya jangan gegabah ya, Ladies. Lakukan rooting HP jika kamu paham betul mengenai segala risikonya atau percayakan saja ke layanan service.

Baca Juga:

Inilah 6 Jenis Pakaian Adat Yogyakarta yang Masih Dipakai Warga Lokal

Ingin Dimudahkan dalam Berkarir? Berikut Kumpulan Doa Meminta Rezeki

Wajib Coba! 6 Rekomendasi Produk Some By Mi Untuk Berbagai Jenis Kulit