Kenali Kekurangan dan Kelebihan Bahan Moscrepe Agar Tahu Cara Merawatnya

0
545

Penulis : Rina | Editor: Agnes

Bagi Ladies yang memakai hijab tentu sudah tidak asing dengan bahan moscrepe. Jenis bahan ini sering digunakan untuk membuat tunik, pashmina, hingga gamis. Bahan moscrepe, yang bertekstur seperti kulit jeruk, kini menjadi andalan outfit perempuan untuk tampil rapi dan stand out.

Sepintas bahan ini terlihat kasar, namun sebenarnya moscrepe terasa halus dan lembut jika disentuh loh, Ladies. Untuk merawat pakaian yang terbuat dari bahan moscrepe sebaiknya kita perlu tahu kekurangan dan kelebihan bahan ini.

Kelebihan Bahan Moscrepe

kekurangan dan kelebihan bahan moscrepe

Memiliki beragam kelebihan, tak heran pakaian berbahan moscrepe menjadi favorit banyak perempuan. Jika Ladies belum tertarik terhadap jenis bahan yang satu ini, coba nih perhatikan kelebihan yang melekat pada moscrepe.

1. Murah

Pakaian berbahan moscrepe umumnya lebih murah lantaran material ini dipasarkan dengan harga terjangkau. Bagi Ladies yang memiliki bisnis, bahan moscrepe cocok dipakai sebagai material kerudung dan gamis untuk usaha Ladies.

2. Ringan dan tidak menerawang

Jika dibandingkan dengan jenis bahan crepe lainnya, moscrepe cenderung lebih ringan sehingga memudahkan Ladies untuk beraktivitas. Sifat dari moscrepe yang lentur juga membuat penampilan lebih anggun. Selain itu, serat kain moscrepe yang rapat membuat pakaian tidak menerawang dan cocok dipakai dalam berbagai acara.

3. Tidak mudah kusut

Tekstur material moscrepe yang kasar membuat pakaian tidak mudah kusut. Terbuat dari benang rayon menjadikan pakaian berbahan moscrepe akan selalu nampak rapi. Meskipun tidak disetrika, tekstur kain bisa menyamarkan bagian yang sedikit kusut.

4. Warna lebih terang

Material moscrepe yang tersusun dari benang rayon mengikat warna kain sehingga menjadi lebih hidup. Kain jenis ini juga memiliki banyak pilihan warna sehingga memudahkan Ladies untuk mix and match sesuai dengan style kesukaan.

Kekurangan Bahan Moscrepe

kekurangan dan kelebihan bahan moscrepe

Memiliki beragam kelebihan, bukan berarti kain ini tidak punya kekurangan loh. Dua kekurangan utama yang menjadi pertimbangan saat memilih outfit berbahan moscrepe yaitu:

1. Tidak menyerap keringat

Pakaian berbahan moscrepe kurang cocok digunakan saat Ladies beraktivitas di tempat yang panas atau berolahraga karena bahan ini tidak menyerap keringat. Solusinya, Ladies bisa menjadikan pakaian berbahan moscrepe sebagai outer sehingga tidak langsung menyentuh kulit.

2. Sensitif terhadap panas

Sama halnya dengan bahan rayon lainnya, moscrepe tidak tahan terhadap suhu panas yang tinggi. Sehingga Ladies perlu berhati-hati saat menyetrika agar tidak hangus. 

Cara Perawatan

Kekurangan dan kelebihan bahan moscrepe

Setiap baju tentu harus dirawat dengan benar supaya tahan lama dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut ini, yuk!

  • Pilih deterjen yang tepat

Pakaian jenis moscrepe berwarna putih bisa menggunakan deterjen yang mengandung pemutih, sedangkan pakaian berwarna lain sebaiknya gunakan deterjen yang lembut tanpa pemutih. Pemilihan deterjen yang tepat bisa membuat warna kain tetap cerah. Pastikan untuk tidak merendam baju moscrepe putih bersamaan dengan baju berwarna lainnya. Tujuannya agar tidak terkena lunturan dari baju lain.

  • Cuci pakai tangan

Hindari penggunaan mesin cuci untuk kain moscrepe. Pencucian secara manual menggunakan tangan sangat disarankan agar tekstur kain tetap terjaga. Gunakan spons basah untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian. Ladies juga harus hindari proses perendaman yang terlalu lama.

  • Setrika dengan suhu rendah

Sifat moscrepe yang sensitif terhadap suhu tinggi akan membuat kain rentan gosong apabila disetrika dengan suhu tinggi. Agar pakaian tetap rapi, disarankan untuk menyertika baju ini dengan suhu rendah. Ladies juga bisa menggunakan kain pelapis untuk menyetrika agar pakaian lebih aman dan tidak gosong.

Perlu diingat bahwa setiap bahan kain memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perawatan yang tepat bisa membantu Ladies memperpanjang usia pakaian.

Baca Juga:

Tak Sekedar Budaya, Paes Pengantin Solo Sarat Akan Makna

Coba 7 Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha Paling Efektif

Ingin Dimudahkan dalam Berkarir? Berikut Kumpulan Doa Meminta Rezeki