Ssst! Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Jutek

0
141

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Apakah Ladies mendapat julukan “Si Jutek” dari teman-teman sekitar? Atau mungkin Ladies pernah tak disukai orang saat berkenalan karena pembawaan atau wajah yang terkesan sombong? Tentu keadaan ini membuat kita sangat tidak nyaman, ya.

Meskipun tidak bermaksud untuk bersikap sombong, enggak ada salahnya untuk mengubah dan memperbaiki diri menjadi lebih baik loh, Ladies. Apalagi, first impression menjadi poin penting ketika kita bertemu seseorang untuk pertama kali, baik dalam suasana formal atau informal. Nah, coba ubah 7 kebiasaan di bawah ini, ya, Ladies!

1. Tidak Kontak Mata

Kebiasaan Terlihat Jutek

Pada sebagian orang, tidak melakukan kontak mata dengan lawan bicara mungkin punya alasan tersendiri, seperti gugup atau malu. Tapi perlu diingat, tidak semua orang mengenal kepribadian kita dan memaklumi sikap kita. 

Apa pun alasannya, kontak mata yang buruk dapat membuat kita dianggap jutek dan sombong. Saat berkomunikasi dengan lawan bicara, usahakan untuk melakukan kontak mata dengannya sebagai tanda kita menghargai mereka. 

2. Tidak Mendengarkan Saksama

Kebiasaan Terlihat Jutek

Semua orang pada dasarnya ingin didengarkan. Apa jadinya ketika teman sedang curhat dan kita tidak mendengarkannya? Tentu mereka akan sangat tersinggung. 

Fokuslah pada pembicaraan. Hindari meminta teman mengulang obrolannya yang sudah panjang lebar ia ceritakan hanya karena kita tidak berusaha mendengarkannya. 

3. Menampilkan Bahasa Tubuh yang Tidak Baik

Bahasa tubuh juga bisa memberikan sinyal yang tidak bersahabat. Misalnya, ketika ada seseorang berbicara, secara tidak sadar kita menyilangkan tangan, atau yang lebih buruk melihat jam tangan sambil bermain ponsel. 

Bahasa tubuh ini akan membuat lawan bicara tidak nyaman berbicara dengan kita. Meskipun kita tidak menyukai topik pembicaraan, ada baiknya kita tetap bersikap sopan, dan bisa untuk berbicara baik-baik untuk mengganti topik lainnya. 

4. Super Blak-blakan

Kebiasaan Terlihat Jutek

Memang, kita harus menunjukkan sikap adanya dan menjadi diri sendiri. Namun, bukan berarti kita harus menjadi orang yang tidak sopan dan tak mencerna perkataan, kan, ladies?

Mungkin bagi kita ucapan yang dikeluarkan tidak seberapa penting. Tapi kita tidak mengetahui sifat lawan bicara dan seberapa sensitif mereka. Meskipun sebaiknya menghindari sifat people pleaser, tapi nggak ada salahnya memikirkan matang-matang ucapan terlebih dahulu ya, Ladies.

5. Menunggu Orang Lain Menghampiri

Kebiasaan Terlihat Jutek

Coba bayangin deh, kita sedang hadir di sebuah pesta, lalu kita merasa tak nyaman sehingga duduk di pojok sendirian. Lalu kita bertanya-tanya mengapa tidak ada teman-teman yang mendekati. 

Itu semua bisa terjadi karena kesalahpahaman. Mereka tidak mengetahui bahwa kita tidak nyaman dengan keramaian, sehingga menganggap kita tidak suka bergaul dan terkesan eksklusif. Maka dari itu, komunikasi dua arah sangat disarankan agar tidak ada judgement dari orang-orang sekitar. 

6. Selalu Berpikir Negatif

Kebiasaan Terlihat Jutek

Jangan lupa untuk menunjukkan positivity saat berbicara, apalagi dengan orang yang baru kita kenal. Selalu menunjukkan pikiran negatif hanya akan membuat orang berasumsi buruk tentang kita. Hindari selalu bersikap pesimistis, judgemental dan sinis saat membicarakan seseorang di depan orang lain ya, Ladies!

7. Bersikap Dingin dan Tidak Tertutup

Kebiasaan Terlihat Jutek

Pemilik sifat introvert mungkin sulit beradaptasi dengan orang lain. Tapi sekali lagi, jika ingin mengubah pandangan orang terhadap kita, tak ada salahnya untuk bersikap welcome dan menyenangkan. 

Jika kita terlalu tertutup dan tak membuka obrolan, orang akan menganggap kita sangat dingin dan angkuh. Hal ini berbeda jika orang-orang di sekitar kita sudah mengetahui sifat asli kita yang sebenarnya. Namun jika ingin mendapat first impression yang baik, mulailah untuk terbuka dengan kehadiran orang lain. 

Itulah 7 kebiasaan yang membuat kita dianggap jutek dan ada baiknya untuk diubah. Meskipun begitu, keep being you, Ladies! Poinnya bukan untuk berubah demi orang lain, tapi bersikap lebih baik dengan kehadiran orang lain yang ingin berkomunikasi dengan kita. Have a good day!

 Baca Juga:

Ini Dia Kelebihan serta Kekurangan Kepribadian ISFP

Ketahui 5 Ciri-Ciri Orang dengan Kepribadian Introvert

8 Arti Mimpi Jadi Pengantin, Apakah Pertanda Buruk?