Kenali Karakteristik Kain Sutra yang Wajib Diketahui!

0
283

Penulis : Rina | Editor: Agnes

Pemilihan kain menjadi faktor utama dalam menghasilkan produk pakaian yang berkualitas. Kain sutra menjadi salah satu kain bernilai tinggi karena kualitasnya yang tak perlu diragukan lagi. 

Sebelum bisa dipakai sebagai bahan baku pembuatan produk manufaktur, kain sutra harus melalui perjalanan panjang, loh. Jadi jangan heran ya Ladies kalau kain sutra termasuk golongan kain mewah.

Kain sutra telah lama menjadi ikon melalui keindahan dan kehalusan yang dimilikinya. Kekuatan dan daya serap yang tinggi membuat kain ini lebih unggul dibanding kain lainnya. Yuk kenali lebih jauh karakteristik jenis kain cantik ini! Kain ini bisa berfungsi sebagai UV Protector bagi kulit tubuh loh

Karakterisktik Kain Sutra

karakteristik kain sutra

Kain sutra terbuat dari kepompong yang dihasilkan oleh ulat sutra murbei. Ulat ini merupakan jenis sutra yang paling banyak digunakan. Berperan sebagai penghasil serat atau benang sutra, ulat sutra murbei memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jenis binatang ngengat ini membutuhkan waktu 10 hari untuk menetas dan berubah menjadi kepompong sutra mentah.

Dari segi pembuatannya, kain sutra dibagi menjadi dua diantaranya ditenun dengan mesin dan bukan dengan mesin. Kain sutra yang dibuat tanpa mesin biasanya lebih kasar, lebih cepat kusut, tidak tipis, dan tentunya lebih mahal karena diproduksi secara terbatas.

1. Kain Lebih Kuat dan Elastis

karakteristik kain sutra

Meskipun tampak halus saat dipandang, kain sutra memiliki tekstur yang kuat loh, Ladies. Kain sutra terdiri dari 80% fibroin (protein ulat sutra) dan 20% sericin (karet sutra). Kerapatan serat membuat kain sutra lebih kuat dan elastis. Bayangkan saja, serat sutra mampu membentang hingga seperlima dari ukuran aslinya.

2. Sejuk dan Terasa Halus

karakteristik kain sutra

Apa Ladies sering dengar pribahasa “sehalus sutera”? Ternyata itu bukan sekadar ungkapan, loh. Serat sutra ternyata memang mengandung senyawa yang membuatnya halus. Kandungan asam amino dalam kain sutra akan membuat kain ini terasa halus saat menyentuh kulit. 

Kain ini juga cocok dipakai kita yang tinggal di negara tropis karena sifat kainnya yang sejuk. Kemampuannya menyerap panas tubuh tentunya membuat kain ini nyaman digunakan saat beraktivitas outdoor.

3. Mampu Menahan Sinar UV

karakteristik kain sutra

Mirip seperti kain wol, kain sutra bersifat non konduktur sehingga mampu menyimpan suhu tubuh dan tidak menghantarkan panas ke luar. Sifat serat sutra ini diperoleh karena kandungan protein yang terbentuk dalam kain. 

Pakaian yang terbuat dari kain sutra cocok dikenakan saat musim panas tiba. Sinar UV yang dipancarkan matahari bisa membuat kulit mudah terbakar, sehingga perlu perlindungan ekstra bagi Ladies yang aktif di luar rumah.

4. Tidak Mudah Terbakar

karakteristik kain sutra

Walaupun tipis dan lembut, kain sutra tidak mudah terbakar loh, Ladies. Serat benang sutra tidak cepat habis saat terbakar. Selain itu, sutra yang terlalap api akan mengeluarkan bau seperti rambut atau bulu terbakar.

Tips untuk Ladies yang hendak membeli kain sutra dan masih bingung membedakan yang asli dan palsu, potong sedikit bagian kain lalu bakar potongan tersebut. Apabila menimbulkan bau seperti rambut terbakar, udah pasti itu kain sutra asli!

5. Berkilau

karakteristik kain sutra

Susunan fibroin yang ada dalam kain sutra membuat kain ini akan tampak berkilau bagaikan mutiara saat berada di bawah cahaya. Mengenali kain ini cukup mudah, Ladies bisa memantulkan cahaya langsung ke kain. Baik itu cahaya matahari ataupun cahaya lampu, kain sutra akan memancarkan kilaunya saat disorot cahaya.

Itu dia karakteristik yang dimiliki kain yang anggun ini. Bukan hanya dipakai sebagai bahan dasar pakaian, serat sutra juga dipakai membuat gorden, senar hingga parasut. Memiliki banyak keunggulan, perawatan kain sutra harus dilakukan secara manual agar tidak merusak struktur kain ya, Ladies.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kain Bahan Taslan

Kenali Kekurangan dan Kelebihan Bahan Moscrepe Agar Tahu Cara Merawatnya

Kumpulan Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Orang Tersayang