Jitu Banget! Ini 7 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

0
64

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Rambut adalah mahkotanya perempuan, pernah denger ungkapan ini, Ladies? Punya rambut panjang dapat meningkatkan rasa percaya diri juga. Sayangnya proses pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda, beberapa di antara kita punya siklus pertumbuhan yang sangat lama. Hal ini yang membuat para Ladies ingin tahu cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Ada beberapa cara yang dapat Ladies lakukan untuk emmanjangkan rambut, loh. Ladies bisa mulai dari hal kecil dan menggunakan produk perawatan rambut terbukti efektif memanjangkan rambut. Nah, berikut ini beberapa cara yang terbukti ampuh memanjangkan rambutmu dalam waktu singkat. Keep scorlling, Ladies!

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Perlu Ladies ketahui secara alamiah setiap 30 hari rambut akan tumbuh sekitar 2 cm. Namun, setiap orang akan berbeda-beda, ada yang tumbuh 1 cm bahkan hanya tumbuh 0,5 cm. Tentu hal ini bisa membuat Ladies jadi kurang tampil percaya diri, apalagi kalau Ladies juga mengalami maslaah rambut lainnya, seperti rontok dan ketombe.

Namun, jangan khawatir Ladies karena ada banyak cara yang bisa Ladies lakukan untuk mempercepat siklus pertumbuhan rambut. Berikut ini beberapa langkahnya!

1. Potong ujung rambut secara rutin

Tips pertama yang bisa dicoba adalah memotong ujung rambut secara rutin. Cara ini ampuh untuk mengatasi masalah rambut bercabang dan rusak pada bagian ujung rambut.

Rambut bercabang membuat setiap helai rambut semakin tipis sehingga gampang rontok. Selain itu, rambut bercabang juga jadi penghambat pertumbuhan rambut baru, loh.

So, Ladies dapat memotong ujung rambut secara rutin untuk menghilangkan rambut bercabang.  Tidak usah terlalu banyak ya Ladies, cukup sedikit ujungnya aja yang dipotong. 

2. Keringkan rambut dengan cara alami

Kalau Ladies rutin menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, coba kurangi penggunaan alat bantu tersebut. Sering menggunakan hair dryer dapat menimbulkan kerusakan pada rambut karena dapat menghilangkan minyak alami rambut. Hal ini tentu membuat rambut Ladies jadi kering dan kaku.

Nah, untuk menghindari hal tersebut Ladies dapat mengeringkan rmabut secara alami. Ini karena mengeringkan rambut dengan alami tidak menghilangkan minyak alami rambut, sehingga kelembapan tetap terjaga. 

Namun, jika Ladies sedang buru-buru dan terpaksa menggunakannya, atur jarak agar alat hair dryer cukup jauh dari rambut dan gunakan level suhu yang rendah. Dengan demikian, udara panas dari hair dryer tidak terlalu dekat dengan rambut.

3. Keramas 2 hari sekali

Cara berikutnya untuk memanjang rambut secara alami adalah tidak keramas secara rutin. Keramas setiap hari justru membuat kulit kepala menjadi kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Hal ini membuat pertumbuhan rambut jadi tidak sempurna, sehingga rambut rentan rapuh dan patah.

Sebaiknya Ladies keramas cukup 2-3 hari sekali aja. Membilas rambut dengan air dingin setelah keramas juga efektif membuat rambut lebih lembap dan menyehatkan akar rambut. Hindari menggunakan air hangat untuk membilas rambut karena suhu panas dapat menghilangkan kelembapan rambut.

4. Pakai minyak esensial

Minyak esensial juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut loh, Ladies. Bukan hanya harum, minyak esensial juga bisa menyehatkan rambut karena efektif menjaga kelembapan rambut.

Ladies bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa murni, atau minyak kemiri untuk treatment ini. Ini karena minyak zaitun, minyak kelapa murni, dan minyak kemiri mengandung zat antioksidan dan omega 3 yang baik untuk kesehatan rambut dan sirkulasi darah kulit kepala. Tidak hanya itu, minyak esensial ini juga dapat menenangkan sekaligus menyegarkan rambut dan kulit kepala.

Ladies dapat menuangkan beberapa tetes minyak esensial lalu pijat perlahan kulit kepala agar sirkulasi darah lebih lancar. Lakukan secara rutin agar efektif menumbuhkan rambut lebih cepat Ladies.

5. Jangan menyisir rambut saat basah

Saat basah, rambut menjadi lebih lemah dan rapuh. Menyisir rambut dalam kondisi basah justru dapat menyebabkan kerontokan. Jadi tunggulah rambut kering secara alami sebelum kamu menyisirnya. Nah setelah kering pun, sisir lah rambut dengan lembut dan pastikan kamu tidak menariknya.

6. Pakai kondisioner

Kondisioner punya banyak manfaat bagi kesehatan rambut loh Ladies seperti mencegah kerusakan, menjaga elastisitas rambut, hingga mengencangkan rambut. Kondisioner berperan sebagai lemak dan protein di bagian dalam batang rambut serta membantu rambut tumbuh lebih cepat.

Ladies bisa menggunakan kondisioner setiap selesai keramas. Gunakan secara rutin and be ready to get long and healthy hair.

7. Kelola stres

Semua cara sudah dilakukan namun rambut tak kunjung tumbuh dengan cepat? Coba cek kembali apakah Ladies sudah berhasil mengelola tingkat stresmu? Jika belum, itu bisa jadi penyebab rambut tidak juga tumbuh. Stres juga bisa membuat rambut jadi rontok dan kusam. 

Kalau Ladies ingin rambut tumbuh panjang, buatlah tubuh dan pikiran jadi lebih tenang. Lakukan olahraga dan istirahat yang cukup Ladies. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat ya, Ladies.

Nah, ternyata cara memanjang rambut secara alami mudah ya, Ladies?  Lakukan secara rutin karena sesuatu yang alami membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Baca Juga:

Rambut Lepek? Berikut 7 Shampo untuk Rambut Berminyak

Wajib Tahu! 7 Rekomendasi Vitamin untuk Mengatasi Rambut Rontok

Atasi Rambut Rontok dengan 5 Rekomendasi Vitamin Berikut!