10 Jenis Tanaman Kaktus Hias Ini Sulap Area Indoor Rumah Makin Cantik

0
322

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Apakah Ladies akhir-akhir ini merasa jenuh dengan gaya interior rumah atau ruang kerja yang itu-itu saja? Ingin mengganti suasana meja kerja menjadi lebih segar?

Tanaman kaktus hias menjadi salah satu jawabannya. Selain bisa mempercantik ruangan, kaktus hias juga bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan. 

Tidak seperti kebanyakan tanaman, kaktus membutuhkan jumlah air yang sangat sedikit. Praktis, kan, diletakkan di dekat jendela, meja kerja atau samping ruang keluarga?

Masih bingung memilih jenis kaktus yang cocok untuk ruanganmu? Coba cek 10 jenis tanaman kaktus hias berikut ini, ya, Ladies!

1. Bunny Ears Cactus (Opuntia microdasys)

Ini adalah kaktus asal Meksiko. Bunny Ears alias Kaktus Kuping Kelinci memiliki dua bantalan mirip telinga kelinci yang ditutupi duri berwarna cokelat. 

Kaktus ini biasanya maksimal memiliki tiga kaki dan sedikit berbunga jika terkena cahaya matahari yang cukup. 

2. Chin Cactus (Gymnocalycium)

Chin Cactus atau Kaktus Dagu adalah tanaman dari Amerika Selatan. Kaktus ini cukup unik karena hanya ada sedikit rambut dan duri pada ujung tanaman. Cantik, ya!

3. Saguaro Cactus (Carnegiea gigantea)

Kaktus Saguaro dapat tumbuh hingga 10 meter loh, Ladies! Meski begitu, pertumbuhan tanaman ini sangat lambat dan bisa digunakan untuk menghias area indoor yang agak luas. Letakkan di area yang terjangkau sinar matahari tidak langsung, ya, Ladies

4. Old Lady Cactus (Mammillaria hahniana)

Kaktus ini memiliki rambut dan duri juga bunga kecil berwarna merah muda atau ungu. Siramlah tanaman ini setiap minggu agar tumbuh dengan baik. 

5. Star Cactus (Astrophytum asteria)

Juga dikenal sebagai kaktus bulu babi, Star Cactus berbentuk bulat dengan rambut putih dan titik-titik putih kecil. Di musim semi, kaktus ini tumbuh dengan bunga mekar berwarna kuning. Star cactus hanya tumbuh berdiameter dua hingga enam inci, sehingga cocok untuk menghias meja kerja. 

6. Christmas Cactus (Schlumbergera bridgesii)

Christmas Cactus biasanya mekar di akhir musim dingin. Kaktus ini memiliki bunga berwarna merah cerah dan biasa dibeli sebagai kado akhir tahun. 

Hindari penyiraman terlalu banyak karena akan menyebabkan akar membusuk. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan lingkungan cahaya rendah, tetapi bunganya akan mekar maksimal jika diletakkan di area terpapar sinar matahari. 

7. Moon Cactus (Gymnocalycium mihanovichii)

Moon Cactus bervariasi dalam banyak ukuran, bentuk dan warna. Varietas yang populer adalah kaktus hibotan asal Amerika Selatan. Kaktus ini biasanya berwarna merah cerah, merah muda, kuning dan oranye. Tanaman kecil ini dapat tumbuh subur di pinggir jendela yang mendapat cahaya matahari sebagian.

8. Nopal Cactus (Opuntia)

Di Indonesia, kaktus jenis ini biasa disebut Kaktus Centong karena bentuknya yang pipih dan berduri panjang. Kaktus asal Amerika Serikat dan meksiko ini cocok untuk area indoor rumah dan pinggir jendela kamar. 

9. Rat Tail Cactus (Aporocactus flagelliformis)

Rat Tail Cactus memiliki batang yang unik dan bisa ditempatkan di dalam pot gantung area indoor. Biasanya, tanaman asal Meksiko ini dapat menghasilkan bunga berwarna pink sehingga semakin mempercantik ruangan. Tempatkanlah kaktus ini di dekat jendela atau ruangan yang terpapar sinar matahari, ya, Ladies

10. Angel Wings Cactus

Angel Wings Cactus memiliki duri seperti rambut yang tidak tajam. Kaktus ini memiliki tinggi tidak lebih dari 61 cm jika tak terkena sinar matahari. Jadi, tanaman ini cocok untuk diletakkan di area dalam ruangan rumah. 

Namun, jika Ladies ingin kaktus ini tumbuh tinggi, letakanlah kaktus di area yang terpapar sinar matahari. Pencahayaan maksimal bisa membuat tanaman ini tumbuh hingga 152 cm. Cantik banget loh!

So, sudah tentukan pilihan? Pastikan kaktus yang kita pilih mendapat pencahayaan cukup meski di dalam ruangan ya, Ladies. Siramlah seminggu sekali dan beri pupuk 2 bulan sekali agar kaktus bisa menyerap air secukupnya. Happy gardening!

Baca Juga:

6 Cara Ampuh untuk Tambah Subscribers di YouTube

Inspirasi Desain Rumah Sederhana yang Modern

8 Aplikasi Pembuat Stiker WhatsApp Lucu dan Unik