Bikin Taman Rumah Cantik, Ini 8 Jenis Tanaman Bonsai dan Perawatannya

0
183

Penulis: Aufia | Editor: Agnes 

Siapa yang tak kenal bonsai? Tanaman bonsai menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan secara profesional untuk mempercantik taman rumah. Sayangnya, tak semua tanaman bisa dijadikan bonsai, Ladies. Ada karakteristik khususnya seperti harus tanaman dikotil yang berumur panjang, berbentuk estetik, dan tahan banting.

Jika Ladies tertarik untuk merawat bonsai, berikut Ladies Corner rangkumkan 8 jenis bonsai yang bikin taman rumah cantik beserta cara merawatnya. Yuk disimak Ladies, jangan sampai ada yang terlewat ya!

1. Bonsai Bougenville

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki daya tarik pada daun dan warna bunganya. Warna bunganya beragam, seperti putih, pink, ungu, orange, kuning, dan merah. Uniknya dalam satu pohon bonsai bisa terdiri dari beragam warna loh, jika ditanam menggunakan metode okulasi.

2. Bonsai Azalea

Sama seperti Bonsai Bougenville, Bonsai Azalea juga banyak diminati karena bentuk daun dan warna bunganya. Daunnya berbentuk kecil dengan warna hijau gelap. Sementara bunganya yang berwarna pink, merah atau putih akan terlihat mempesona saat mekar.

3. Bonsai Adenium

Yang ditonjolkan dari tanaman yang berasal dari Afrika dan Arab ini adalah bunga dan kontur bonggol batangnya. Semakin unik bentuk batang bawahnya, maka akan semakin tinggi harga jualnya. Bunganya tak kalah cantik dari Azalea, bahkan ada yang memiliki kelopak bertumpuk seperti mawar.

4. Bonsai Cemara

Selain bunga, tanaman dedaunan juga bisa dijadikan bonsai, Ladies. Salah satunya adalah pohon cemara. Meskipun identik dengan tanaman pegunungan tinggi, namun dengan teknik bonsai, tanaman ini bisa ditanaman di pekarangan rumah. Keunikan Bonsai Cemara adalah daunnya yang kecil memanjang dengan warna hijau dan abu-abu, serta batangnya yang beralur.

5. Bonsai Beringin

Mungkin banyak yang mengira bahwa memiliki beringin ukuran mini tidaklah mungkin. Faktanya banyak pehobi tanaman yang mengoleksi bonsai beringin. Daya tarik bonsai ini ada pada bentuk pohon dan daunnya yang rimbun.

6. Bonsai Kelapa

Keunikan Bonsai Kelapa adalah bentuk daunnya, Ladies. Hampir semua jenis pohon kelapa bisa dijadikan bonsai, tapi yang paling populer adalah kelapa gading. Hal ini karena umumnya pohon kelapa berwarna hijau, sedangkan daun dan pelepah kelapa gading berwarna oranye.

7. Bonsai Anggur

Tanaman buah merambat ini juga bisa dijadikan bonsai Ladies. Oh iya, meskipun berukuran mini tapi tetap bisa berbuah loh. Buahnya juga tetap aman untuk dikonsumsi.

8. Bonsai Asam

Kolektor bonsai pasti tidak asing dengan varietas Asam Jawa dan Asam Belanda. Nilai artistik dari bonsai Asam Belanda adalah batang dan cabangnya yang berbentuk tidak teratur. Sedangkan daya tarik Bonsai Asam Jawa adalah struktur batangnya yang kuat sehingga tidak mudah patah ketika akan dibentuk.

Cara Merawat Bonsai

Berikut cara merawat bonsai yang wajib Ladies tahu sebelum memutuskan untuk menjadikan bonsai sebagai penghias taman.

1. Pemilihan Pot

Pot yang digunakan harus berlubang agar air siraman tidak menggenang dan menyebabkan akar busuk. Selain itu pot juga harus diganti secara berkala ke ukuran yang lebih besar. Supaya mendorong pertumbuhan akar baru.

2. Penyiraman

Penyiraman harus disesuaikan dengan jenis tanaman dan musim. Di musim penghujan bonsai harus disiram dua kali sehari. Di musim kemarau harus lebih sering disiram. Namun khusus adenium jangan sering disiram karena tanaman gurun ini bisa busuk kalau kebanyakan air.

3. Penjemuran

Setelah dua minggu penanaman, sebaiknya bonsai dijemur 1-3 jam sehari. Setelah itu, dosis penyinaran bisa ditingkatkan secara bertahap.

4. Pemupukan

Pupuk yang digunakan sebaiknya campuran kotoran ayam dan kotoran kambing. Ingat jangan sampai kebanyakan ya, supaya tanaman tidak terlalu subur.

5. Pembasmian Hama

Bonsai rawan terserang ulat, wereng coklat dan wereng putih. Oleh sebab itu, cara mengatasinya bisa menggunakan insektisida, Ladies.

Itu dia Ladies jenis tanaman bonsai yang bisa mempercantik taman. Kamu tertarik mengoleksi yang mana Ladies!

Baca Juga:

Ini Cara Merawat Tanaman agar Tidak Layu dan Subur

Inspirasi Desain Rumah Minimalis 1 Lantai untuk Milenial

Ketahui Keunikan dan Makna Filosofi Rumah Adat Bengkulu