7 Jenis Tanaman Anthurium Paling Populer dan Cantik

0
362

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Menghabiskan waktu di rumah selama pandemi terasa menyenangkan jika diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satu aktivitas yang bisa dijadikan sebagai hobi adalah berkebun atau mengoleksi tanaman. 

Jika Ladies masih kebingungan memilih tanaman yang cocok, Anthurium bisa menjadi solusi. Tanaman hias dengan daun lebar bercorak cantik ini menjadi salah satu tanaman yang digandrungi selama pandemi loh, Ladies! Harganya pun cukup fantastis, berkisar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. 

Bagaimana, tertarik? Berikut ini 10 jenis tanaman Anthurium yang bisa kita pilih untuk percantik rumah.

1. Flamingo Lily (Anthurium Andreanum)

Spesies anthurium ini memiliki bunga merah berbentuk hati dan tunas putih kekuningan yang tampak seperti plastik. Lily Flamingo memiliki daun hijau tua lebat berbentuk hati. 

Lily Flamingo mekar sepanjang tahun jika ditanam di suhu hangat dan memiliki tanah yang menyerap dengan baik. Selain warna merah, kita juga bisa menemukan Lily Flamingo berwarna merah muda, ungu, atau putih. 

2. Anthurium Scherzerianum

Tanaman ini memiliki daun besar berbentuk tombak yang meruncing ke satu titik. Bunganya berwarna merah dan melengkung ke bawah dengan spadix (paku) kuning dan merah muda. 

Mirip dengan Anthurium andreanum, tanaman ini memiliki banyak warna lain, seperti krem, hijau, merah, dan oranye. Warna spadixnya juga beragam. 

3. Velvet Cardboard Anthurium (Anthurium Clarinervium)

Anthurium clarinervium adalah tanaman tropis yang memiliki daun hijau dan putih menakjubkan dengan bentuk hati atau oval besar. Cabang daunnya berwarna putih tebal sehingga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan anthurium. 

Daun hijaunya akan menambahkan sentuhan tropis ke interior apa pun, baik indoor maupun outdoor. Tempatkan tanaman ini di lokasi yang terang dan jauh dari sinar matahari langsung untuk menjaga urat daunnya tetap cerah. 

4. King Anthurium (Anthurium Veitchii)

Sesuai namanya, King Anthurium memiliki daun yang sangat besar dan menjadi “Raja” Anthurium. Daunnya bisa mencapai 30 cm di dalam ruangan. Namun jika ditanam di rumah kaca beriklim tropis, King Anthurium bisa memiliki daun berukuran dua kali lipatnya! Cantik banget kan Ladies?

Daunnya yang panjang dan menjuntai, membuat King Anthurium lebih bagus ditanam di keranjang gantung. Di habitat aslinya, tanaman ini cenderung tumbuh lebih tinggi di hutan. Tanaman ini lebih tahan terhadap sinar matahari langsung daripada jenis anthurium lainnya.

5. Queen Anthurium

Jika tadi adalah jenis raja Anthurium, spesies ini adalah ratunya. Spesies ini memiliki daun beludru besar berbentuk tombak memanjang, berwarna hijau tua. Dedaunan anthurium menonjolkan urat daun putih yang kontras dengan warna daunnya. 

Queen Anthurium dapat tumbuh hingga 6 kaki (2 meter). Jagalah suhu tetap hangat dengan kelembaban tinggi jika ingin menanamnya di dalam ruangan. Tanaman ini cocok diletakkan di pot gantung atau di rak tinggi. 

6. Bird’s Nest Anthurium (Anthurium hookeri)

Banyak orang yang lebih menyukai daun Anthurium hookeri atau ‘sarang burung’ (bird’s nest) ketimbang bunganya. Daunnya berwarna hijau mengkilat berbentuk lonjong memanjang seperti sendok besar. 

Anthurium hookeri juga memiliki titik-titik hitam kecil yang khas pada daunnya. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dalam pot besar dan diletakkan di dalam ruangan atau depan teras. 

7. Pearl Laceleaf (Anthurium scandens) 

Jika Ladies ingin memiliki Anthurium tapi tak suka jenis daun lebar, jenis Anthurium yang satu ini bisa menjadi pilihan. Pearl lace leaf anthurium adalah tanaman merambat yang berasal dari hutan hujan di Meksiko Selatan dan Brasil. 

Tanaman ini memiliki daun tebal berwarna hijau matte yang berbentuk lonjong hingga berbentuk tombak berukuran 13 cm. Dalam beberapa waktu, tanaman ini dapat berbuah menjadi berry putih kecil bak mutiara. 

Itulah 7 jenis Anthurium yang bisa jadi referensi. Siapkan tabungan dan mulailah menata halaman belakang agar Anthurium yang memukau ini bisa tumbuh indah di rumah!

Baca Juga:

7 Jenis Tanaman Apotek Hidup yang Bagus untuk Kesehatan!

Fakta dan Tanda Pasangan Terangsang Saat Berhubungan Sex