Sangat Indah, 7 Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Mudah Dirawat!

0
246

Penulis: Agnes

Bagi kamu yang ingin menghias akuarium, tanaman air aquascape bisa jadi solusi. Selain indah, tanaman ini juga mudah untuk dirawat. Tidak perlu memberikan treatment khusus, cukup dengan rajin membersihkan filter, menjaga suhu ruangan, dan memberikan pupuk, tanaman aquascpape dapat tumbuh subur dan indah.

Namun, ada banyak sekali jenis tanaman air aquascape. Nah, berikut ini daftar tanaman air aquascape yang mudah untuk dirawat dan dijamin membuat tampilan akuarium milikmu semakin cantik!

1. Hygrophila Difformis

tanaman air aquascape untuk akuarium

Untuk mempercantik akuarium, kamu bisa meletakkan Hygrophila Difformis. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan Water Wisteria memiliki pertumbuhan yang cepat. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah. Tanaman ini dapat bertahan dalam suhu air 23 hingga 28 derajat celcius dengan pencahayaan sedang.

2. Hemianthus Callitrichoides

jenis tanaman air aquascape untuk akuarium

Hemianthus Callitrichoides atau lebih dikenal dengan nama Dwarf Baby Tears adalah tanaman yang cocok untuk memperindah akuarium. Tanaman ini sering digunakan untuk karpet karena perawatannya yang mudah. Pastikan suhu akuarium berkisar antara 22 hingga 23 derajat celcius.

3. Java Moss

tanaman air aquascape untuk akuarium

Java Moss memiliki warna hijau terang dan tumbuh di kayu apung atau bebatuan. Sama seperti Water Wisteria, Java Moss juga tidak memerlukan pemeliharaan khusus. Cukup menjaga suhu air di suhu 21 hingga 32 derajat celcius. Selain itu, Java Moss dapat hidup dengan pencahayaan yang minim.

4.Echinodorus Amazonicus

tanaman air aquascape untuk akuarium

Echinodorus Amazonicus memiliki daun yang berbentuk seperti pedang dan dapat tumbuh hingga 50 cm. Selain itu, pastikan untuk memasang tabung untuk menyuplai CO2. Ini karena CO2 sangat dibutuhkan oleh Echinodorus Amazonicus  untuk memaksimalkan pertumbuhan. Penting juga untuk selalu menjaga tempertur air antara 22 hingga 27 derajat celsius.

5. Amazon Sword

tanaman air aquascape untuk akuarium

Nama Amazon Sword didapat karena bentuknya yang terlihat mirip pedang. Jenis tanaman ini sering sekali digunakan sebagai background akuarium. Tanaman ini dapat tumbuh di air bersuhu 22 hingga 28 derajat celsius. Untuk memaksimalkan pertumbuhannya, tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang cukup.

6. Lilaeopsis

tanaman air aquascape untuk akuarium

Lilaeopsis berbentuk seperti rumput liar yang ada di daratan. Tumbuhan aquascape ini dapat tumbuh setinggi 5 cm. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh di suhu 23 hingga 29 derajat celsius.

Tanaman ini adalah kesukaan para ikan kecil karena sering diajdikan sebagai tempat persembunyian. Penting juga untuk rajin memangkas tumbuhan ini jika tingginya sudah melebihi 5 cm. Ini karena Lilaeopsis  dapat tumbuh dengan cepat sehingga berisiko mengganggu pertumbuhan tanaman aquascape di sekitarnya.

7. Java Fern

tanaman air aquascape untuk akuarium

Java Fern merupakan family polypodiaceae. Tanaman ini juga lebih dikenal dengan sebutan Microsorum Pteropus dan banyak ditemukan di kawasan di Asia Tenggara. Java Fern tumbuh di bebatuan atau tanah yang cenderung lembap. Merawat Java Fern juga tergolong mudah.

Itulah daftar tanaman air aquascape yang bisa kamu letakan dalam akuarium. Selain memperindah tampilan akuarium, tanaman ini juga menjadi tempat favorit bagi ikan-ikan.

Meski perawatannya tegolong mudah, penting untuktetap memperhatikan pertumbuhan tanaman aquascape. Rajinlah membersihkan filter akuarium secara teratur dan jangan lupa beri pupuk cair sebagai asupan tambahan untuk tanaman agar tumbuh dengan maksimal.

Baca Juga:

10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik Angkat Sel Kulit Mati

Sudah Coba 5 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik? Dijamin Wajah Tampil Flawless!

Ini Dia 6 Rekomendasi Serum Penumbuh Terbaik yang Wajib Kamu Coba!