Bikin Rumah Makin Cantik! Ini 7 Jenis Sirih Gading

0
186

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Apakah Ladies sedang bingung mencari tanaman apa yang cocok untuk di rumah? Ingin tanaman yang perawatannya simple? Ya, sirih gading adalah opsi tanaman yang tepat untuk membuat rumah semakin cantik dan homey

Sirih gading atau epipremnum aureum adalah jenis tanaman merambat khas tropis yang berbatang panjang dan memiliki daun berbentuk hati. Sebagai tanaman hias, sirih gading mudah tumbuh di dalam ruangan hanya dengan sedikit perawatan, loh! Bisa tumbuh di dalam pot, digantung, atau langsung di tanah. 

Selain itu, sirih gading juga memiliki banyak jenisnya. Ciri pembedanya adalah bentuk dan warna daunnya yang beragam. Penasaran? Simak jenis-jenis sirih gading di bawah ini, ya!

Jade

Jade adalah jenis tanaman sirih gading berwarna daun hijau tua bentuk hati. Daunnya lebat dan dapat dipangkas untuk membuat tanaman meja yang indah.

Batang jade dapat tumbuh hingga 90 cm di dalam ruangan. Selain untuk menghias meja, jade juga cocok menjadi tanaman gantung. Jika ingin tumbuh maksimal, tempatkanlah jade di ruangan dengan cahaya rendah dan teduh. 

Golden

Golden adalah salah satu jenis tanaman sirih gading yang paling populer karena daunnya bercorak kuning dan cocok digantung di dalam ruangan. Pola daunnya yang berwarna lemon dan membantu mencerahkan sudut yang teduh. Golden dapat ditempatkan di dalam ruangan dengan cahaya rendah dan terbatas. 

Marble Queen

Marble Queen memiliki daun beraneka ragam berwarna krem dan hijau. Tanaman yang cerah ini memiliki dedaunan marble yang menakjubkan sehingga menarik ditempatkan di ruangan mana pun. Tanaman ini lebih suka tumbuh di bawah sinar matahari yang cerah dan tidak langsung. Marble Queen memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat yang dapat mempermudah perawatannya. 

Neon

Sesuai dengan nama, warna daun sirih gading jenis neon berwarna hijau cerah dan hampir tembus cahaya. Neon adalah tanaman yang kuat dan sangat baik ditempatkan sebagai tanaman gantung atau pot.  Ladies juga bisa menanam Neon di sekeliling area perairan seperti kolam jika ingin meletakkannya di lokasi yang sulit dijangkau. Neon dapat tumbuh sempurna  di lokasi yang terang. 

Manjula

Manjula adalah tanaman yang menakjubkan karena memiliki daun putih bersih dengan hanya sedikit warna hijau. Daun lainnya memiliki efek marble hijau dan putih. 

Manjula adalah salah satu sirih gading yang langka dan memiliki  perawatan khusus agar tetap hidup. Sangat penting untuk menjaga Manjula di lokasi yang terang tetapi jauh dari sinar matahari langsung. 

Glacier

Glacier adalah sirih gading merambat dengan daun kecil berbentuk hati. Dedaunan beraneka ragam berwarna hijau dengan bintik-bintik perak dan abu-abunya mirip dengan Jade. Glacier tumbuh dengan lebat, sehingga cocok dijadikan tanaman pot yang cantik untuk menghias meja. Glacier tumbuh dengan baik kondisi cahaya rendah. 

Cebu

Ciri khas Cebu adalah daunnya yang berbentuk hati memanjang. Tidak seperti varietas lainnya, Cebu memiliki dedaunan biru silver mengkilap dengan pola yang menarik.

Seperti halnya merawat semua jenis sirih gading, tanaman ini tumbuh subur di bawah sinar matahari yang cerah dan tidak langsung. Sirami Cebu secukupnya untuk menjaga tanah sedikit lembab. 

Bagaimana Ladies, sudah memutuskan jenis sirih gading apa untuk menghias rumah? Yang penting, rawatlah tanaman dengan baik dan beri pupuk tiga bulan sekali, ya!

Baca Juga:

Bikin Teras Rumah Cantik , Ini 10 Tanaman Hias Gantung

5 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 1 Lantai buat Para Milenial

Inspirasi Desain Rumah Sederhana yang Modern