6 Jenis dan Manfaat Pohon Cemara yang Jarang Diketahui

0
186

Penulis: Aufia | Editor: Agnes

Ladies, pasti tidak asing dengan pohon cemara. Pohon yang identik dengan perayaan Natal ini bisa ditemukan tumbuh di area pegunungan, pesisir pantai, atau sebagai tanaman hias. Pohon cemara juga dijuluki evergreen karena daunnya selalu hijau, tidak mudah kering dan rontok.

Tapi tahukah Ladies, kalau tanaman cemara memiliki banyak jenis? Selain itu juga punya segudang manfaat loh, baik untuk alam maupun kesehatan. Kira-kira apa saja ya jenis dan manfaat pohon cemara? Penasaran? Yuk simak list lengkapnya di artikel Ladies Corner berikut, Ladies!

1. Cemara Udang

Cemara yang bernama latin Casuarina equisetifolia linn ini asli Indonesia loh! Ciri Khasnya berdaun lancip seperti daun, batangnya besar dan kulit batangnya hitam kasar. Habitatnya di pesisir pantai dan sering dimanfaatkan sebagai bonsai.

2. Cemara Norfolk

Dinamai Norfolk karena berasal dari Pulau Norfolk, pulau kecil di Samudera Pasifik. Daunnya seperti jarum tumpul, sementara pohonnya berbentuk simetris. Namun semakin tua, pertumbuhan cabangnya semakin acak, sehingga tidak simetris lagi. Tanaman ini tumbuh subur di daerah yang beriklim dingin dan mendapat cahaya sinar matahari langsung.

3. Cemara Pensil

Bernama latin Cypress tuscan atau Cypress mediterania ini memiliki aroma khas. Daunnya berwarna hijau tua, sangat rimbun dan padat. Sering dijuluki drama tree karena akan membungkuk jika terkena angin, meskipun pelan. Pohon yang sering digunakan sebagai tanaman hias ini cocok tumbuh di area yang dingin dan lembab.

4. Cemara Kipas

Disebut cemara kipas karena daunnya mengerucut ke samping dan berbentuk seperti kipas. Jenis cemara yang dikenal dengan white cedar ini banyak tumbuh di hutan basah di kawasan Eropa. Daunnya merupakan sumber makanan rusa, sedangkan kayunya sering dimanfaatkan untuk membuat pagar dan perahu.

5. Cemara Laut

Sesuai nana manya, cemara ini memiliki habitat di pesisir pantai. Cemara yang bernama latin Casuarina equisetifolia ini memiliki percabangan halus berwarna coklat keabuan dengan batang bertekstur halus. Namun semakin tua batangnya menjadi kasar, tebal dan retak.

Pohonnya berbatang kurus dan sering tumbuh bengkok akibat terpaan angin. Daunnya mudah rontok, tumbuh merunduk dan berbentuk seperti jarum dengan warna hijau keabu-abuan.

6. Cemara Chinese Golden

Ini nih cemara yang paling populer! Daunnya agak kuning menyala berbeda dengan cemara pada umumnya. Uniknya, meskipun berwarna kuning namun daunnya masih sehat dan tidak akan gugur Ladies.

Beragam Manfaat Pohon Cemara

Selain memiliki banyak jenis, pohon cemara ternyata banyak manfaatnya loh, Ladies. Berikut beberapa manfaat pohon cemara.

1. Menyuburkan tanah

Daun cemara kering juga bermanfaat loh, Ladies! Daun kering yang jatuh ke tanah akan membusuk, kemudian berproses menjadi humus yang baik untuk kesuburan tanah.

2. Mencegah abrasi

Pasti Ladies sering melihat cemara di pesisir pantai? Tujuannya untuk mencegah abrasi atau pengikisan tanah akibat gelombang laut. Hal ini karena cemara memiliki akar tunggang yang menancap kuat dan dalam.

3. Meredakan stress

Menurut psikologi dari University of Surrey, pohon cemara ampuh untuk meredakan stress. Bahkan aroma dan bentuk cemara yang mencerminkan suasana alam diyakini mampu meringankan penyakit mental.

4. Sumber vitamin C alami

Dilansir dari Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine cemara menghasilkan buah yang kaya akan vitamin C. Bahkan kadarnya tak kalah tinggi dengan jeruk dan jambu biji. Vitamin C ini kaya akan manfaat, beberapa diantaranya adalah sebagai antioksidan serta dapat mencerahkan kulit.

5. Mengobati bronkitis

Selain sebagai pengharum ruangan, aroma menyegarkan cemara juga bisa mengatasi batuk. Minyak atsirinya diyakini mampu mengatasi keluhan asma, sinus dan bronkitis. Caranya cukup mudah Ladies, tinggal meneteskan minyak cemara ke air hangat kemudian hirup uapnya secara perlahan.

6. Mencegah diare

Jika Ladies terkena diare, tak ada salahnya memanfaatkan daun cemara sebagai obatnya. Daun cemara bisa memerangi bakteri yang menyebabkan penyakit pencernakan. Bahkan bisa mencegah agar tidak kambuh lagi.

Itu dia Ladies, jenis dan manfaat pohon cemara! Banyak banget kan? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca Juga:

6 Fakta dan Mitos Kejatuhan Cicak, Benarkah Bikin Sial?

Mimpi Berhubungan Intim? Simak 7 Arti dan Mitosnya

Cari Teman atau Pasangan? Cobain 8 Rekomendasi Aplikasi Kencan Online Ini