8 Jenis Masker Wajah Terbaik dan Fungsinya untuk Wajah

0
266

Penulis: Agnes

Masker adalah salah satu perawatan kulit yang tidak boleh ketinggalan bagi kaum hawa. Ini karena masker terbukti mampu merawat kulit wajah agar tetap sehat. Selain itu, dengan pemakaian rutin, masker dapat membantu kulit beregenerasi sehingga tampak lebih cerah dan glowing.

Ada banyak brand yang menjual masker dengan berbagai keunggulan. Namun, sebelum menggunakan masker, sebaiknya kamu harus tahu jenis-jenis masker berdasarkan bentuk dan fungsinya. Ingin tahu selengkapnya? Simak di bawah ini!

1. Sheet Mask

jenis masker dan fungsinya

Sheet mask adalah masker berbentuk wajah yang bahannya terbuat dari selembar kain atau kertas tipis yang direndam serum. Masker ini sangat cocok untuk kamu yang nggak mau ribet karena tidak perlu membilas wajah. Cara menggunakan sheet mask juga sangat mudah, kamu hanya perlu membuka bungkus sheet mask merek apa saja. Setelah itu, tempelkan di wajahmu. Tunggu 15 hingga 20 menit sampai serum sheet mask meresap ke dalam kulit. Kulitmu terasa lebih segar, halus, dan cerah!

2. Peel off Mask

jenis masker dan fungsinya

Selanjutnya ada peel off mask. Masker yang satu ini berbentuk krim atau gel yang dapat dikelupas saat masker mengering.  Masker ini efektif mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo di sekitar hidung. Kulit jadi terasa lebih halus dan bersih. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan kulit kering sebaiknya hindari penggunaan masker ini ya, Ladies. Ini karena peel off mask dapat membuat wajahmu semakin kering.

3. Clay Mask

jenis masker dan fungsinya

Clay mask adalah masker yang terbuat dari tanah liat yang membantu membersihkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit. Produk ini sangat bagus untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Ini karena clay mask ampuh mengurangi minyak berlebih (sebum) di wajah hingga pori-pori terdalam.

Saat ini sudah banyak clay mask dengan kandungan yang berbeda-beda sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi kulit. Untuk kamu yang yang kulitnya kering, hindari produk ini karena dapat membuat kulitmu semakin kering.

4. Mud Mask

jenis masker dan fungsinya

Mirip dengan clay mask, mud mask dikenal karena manfaatnya yang antibakteri sehingga bagus untuk merawat kulit berjerawat. Masker ini terbuat dari lumpur dengan kandungan mineral yang mampu mengangkat sisa kotoran dan sebum wajahmu. Selain itu, kandungan air dalam mud mask cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan clay mask, sehingga mampu menghidrasi kulit wajah.

5. Wash off Mask

jenis masker dan fungsinya

Masker jenis ini berupa krim, gel, atau bubuk yang dapat dilarutkan dengan air. Selain itu, sesuai dengan Namanya, wash off mask dapat dibersihkan menggunakan air biasa. Ada banyak brand yang menjual wash off mask dengan berbagai bahan natural lainnya. Sebelum menggunakan masker ini, sebaiknya perhatikan kandungannya terlebih dahulu ya, Ladies.

6. Sleeping Mask

jenis masker dan fungsinya

Sama seperti sheet mask, sleeping mask juga sangat populer karena khasiatnya yang mampu membuat kulit kenyal dan cerah. Sesuai dengan namanya, sleeping mask digunakan sebelum tidur dan dibiarkan hingga semalaman. Masker ini baik membantu menyegarkan wajah, melembapkan dan mencerahkan.

7. Exfoliating Mask

jenis masker dan fungsinya

Exfoliating mask diformulasikan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di wajah. Masker ini sangat efektif untuk mengatasi pori-pori tersumbat dan membantu memaksimalkan penyerapan skincare routine lainnya. Bahan aktif yang terkandung dalam masker ini adalah AHA, BHA, PHA, asam laktat, dan retinol. Namun, masker ini tidak dapat digunakan setiap hari ya Ladies. Cukup 1 kali dalam seminggu agar kulit tidak iritasi.

8. Natural Mask

jenis masker dan fungsinya

Mungkin kamu sering menggunakan bahan alami yang ada di dapur untuk dijadikan masker? Inilah yang disebut sebagai natural mask atau DIY mask. Masker ini biasanya terbuat dari bahan alami yang diracik sendiri, seperti lemon, timun, oatmeal, dan madu. Selain bagus untuk kulit, natural mask ini cocok buat remaja yang low budget.

Itulah delapan jenis masker yang bagus untuk merawat kulit wajahmu. Dari delapan jenis masker di atas, kira-kira masker apa yang sering kamu gunakan, Ladies?  

Baca Juga: 

7 Jenis Tanaman Apotek Hidup yang Bagus untuk Kesehatan!

10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik Angkat Sel Kulit Mati

Sudah Coba 5 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik? Dijamin Wajah Tampil Flawless!