Cocok Jadi Peliharaan, Berikut Jenis-Jenis Kelinci Populer  

0
159

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Kelinci adalah hewan yang sangat jinak dan menggemaskan. Tak heran jika banyak orang ingin memelihara hewan berkaki empat yang satu ini. 

Sama seperti kucing dan anjing, kelinci rupanya memiliki banyak jenis loh, Ladies. Rupa dan bentuknya pun beragam dengan kisaran harga terjangkau hingga jutaan rupiah. Sebelum memutuskan memelihara kelinci, yuk, simak dulu berbagai jenis kelinci populer yang dirangkum Ladies Corner berikut ini!

1. French Lop

French Lop adalah jenis kelinci besar dengan telinga panjang, pipi tembem, dan dahi lebar. Kelinci bertulang berat ini biasanya memiliki berat 5-6 kg saat dewasa. Meski begitu, kelinci French Lop memiliki pribadi yang tenang dan baik hati.

2. Holland Lop

Kelinci Holland Lop dikembangbiakkan di Belanda dan ukurannya lebih kecil ketimbang French Lop. Kelinci jenis Holland Lop memiliki telinga yang membingkai kepalanya yang besar. Holland Lop memiliki 30 warna corak dan sangat ramah. Gemes!

3. Mini Lop

Meskipun tubuhnya relatif kecil, Mini Lop sebenarnya lebih besar dari Holland Lop. Tubuhnya kekar, kepalanya seukuran bola softball, dan telinganya panjang menjuntai.  Mini Lop sangat menggemaskan dan penuh kasih sayang, mereka juga tipe kelinci yang sangat betah ada di sekitar rumah. 

4. Californian

Jika Ladies mencari kelinci yang aktif dan senang bermain, pilihlah kelinci jenis ini. Meskipun tampak pemalu saat berada di tempat baru, Californian akan nyaman dan sangat aktif jika diperlakukan dengan tepat. Hampir seluruh bulunya berwarna putih kecuali tanda hitam di hidung, telinga, kaki, dan ekornya. 

5. Dwarf Papilon

Papillon berarti kupu-kupu dalam bahasa Prancis. Hal itu karena kelinci ini memiliki corak kupu-kupu di hidungnya. Papillon Dwarf juga memiliki telinga yang menonjol berbentuk V dan corak di tulang belakang yang membentang di sepanjang punggung. Imut banget, kan, ladies?

6. Netherland Dwarf

Netherland Dwarf hanya berbobot sekitar 1 kg. Netherland Dwarf adalah salah satu ras kelinci terkecil. Kombinasi kepala besar, telinga pendek, dan matanya yang besar menambah kelucuan jenis kelinci yang satu ini. 

Namun, Netherland Dwarf mudah stres sehingga tidak direkomendasikan untuk Ladies yang memiliki anak kecil di rumah. Tetapi jika dipelihara dengan kasih sayang, Netherland Dwarf dapat menjadi kelinci yang sangat jinak. 

7. Mini Rex

Mini Rex dikenal karena bulunya yang mewah. Membelai Mini Rex terasa seperti menyentuh beludru. Untungnya, bulu mewah mereka tidak membutuhkan banyak perawatan karena kehalusan bulunya adalah genetika. Sifatnya sangat tenang dan ramah, sehingga cocok disayang oleh seluruh anggota keluarga.

So, Ladies, pastikan kita memiliki waktu luang untuk merawat kelinci-kelinci kita, ya. Jangan lupa untuk berkomitmen merawat hewan kesayangan seumur hidupnya, termasuk menjaga kesehatannya. 

Baca Juga:

Hobi Menanam? Ini 7 Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Tumbuh

Wajah Lembap dan Glowing dengan Serum Untuk Kulit Kering

Sebelum Wisata ke Tanah Sunda, Wajib Tahu 6 Jenis Rumah Adat Jawa Barat