5 Jenis Diet Ini Ampuh Bikin Berat Badanmu Turun, Cobain Ya!

0
228

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Memiliki tubuh ideal tentu menjadi dambaan semua wanita. Wajar jika seorang wanita sangat memerhatikan, mengontrol, dan menjaga asupan makanannya. Selain itu, diet juga dipercaya menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

Namun, tidak semua diet lantas aman dilakukan oleh semua wanita, loh. Sebagai wanita, kita juga patut selektif memilih pola diet yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh kita. Ladies, berikut ada beberapa jenis diet yang aman untuk menurunkan berat badanmu. Siapa tahu salah satunya cocok untukmu!

Diet Raw Food

jenis-jenis diet

Jenis diet ini paling sering dilakukan oleh para pelaku diet vegan. Bukan hanya demi mengurangi bobot tubuh, diet raw food  juga bertujuan menjaga keseimbangan lingkungan. Asupan makanan yang boleh dikonsumsi hanya yang bersifat organik atau lebih dikenal dengan julukan vegetarian. Diet ini tidak memperbolehkan kita mengonsumsi olahan daging. Santapan untuk diet ini biasanya berupa sayuran segar, kacang-kacangan, hingga susu nabati yang terbuat dari kacang atau pun gandum.

Diet Atkins

jenis-jenis diet

Jika diet biasanya identik dengan mengurangi konsumsi lemak, maka diet atkins justru sebaliknya. Pola dasar dari diet ini adalah mengendalikan asupan karbohidrat dan lebih banyak mengonsumsi lemak. Namun, tentu saja lemak yang dimakan tidak sembarangan ya, Ladies.

Lemak yang dikonsumsi adalah lemak tak jenuh alias lemak baik. Menu makanan pada diet ini berfokus pada kandungan protein serta tinggi serat, misalnya ayam atau ikan-ikanan yang dikombinasikan dengan sayuran segar.

Diet Mediterania

jenis-jenis diet

Diet ini terinspirasi dari kebiasaan tradisional para penduduk di negara-negara perbatasan Laut Mediterania (Yunani, Kreta, dan lain-lain). Makanan yang dikonsumsi terdiri dari sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Secara keseluruhan, diet mediterania dapat menyehatkan tubuh sekaligus menurunkan berat badan. Pelaku diet ini juga dianjurkan mengurangi konsumsi protein berlebih dari ayam atau pun jenis daging lain. Risiko akan terkena penyakit kanker, jantung, dan diabetes dapat diturunkan jika rutin melakukan diet mediterania. 

Diet Keto

jenis-jenis diet

Prinsip utama diet keto adalah memakan asupan tinggi lemak dan protein, tetapi rendah karbohidrat. Kalori untuk beraktivitas harian diperoleh dari kedua unsur tersebut. Akibatnya, fungsi gula (karbohidrat) sebagai sumber energi pun dapat digantikan oleh lemak dan protein.

Penting untuk dicatat nih Ladies, sumber lemak dari diet keto tentu bukan berasal dari lemak jahat seperti gorengan, ya. Lemaknya bisa berasal dari produk susu atau pun telur organik. Buah seperti alpukat juga bisa dijadikan sumber lemak baik untuk pola sehat diet keto ini.

Diet Paleo

jenis diet

Yang unik dari diet paleo adalah metodenya yang mengacu pada kehidupan manusia purba Zaman Paleolitikum. Makanan yang dikonsumsi pun biasanya hanya ditumis, dikukus, atau dibakar. Intinya, tidak melalui banyak proses masak dan biasanya berpedoman pada makanan tinggi protein dengan sedikit karbohidrat.

Oleh sebab itu, pelaku diet paleo juga diharuskan mengurangi konsumsi gula. Diet ini efektif mengontrol gula darah serta hormon insulin dalam tubuh. Berat badan juga cenderung lebih mudah turun melalui pola diet paleo, asalkan dilakukan dengan konsisten.

Itulah beberapa jenis diet yang bisa dicoba, Ladies. Namun, sebaiknya konsultasikan kondisi kesehatan ke dokter sebelum melakukan diet ya. Agar berat badan bisa turun, pastikan juga pola diet tersebut diimbangi dengan kegiatan olahraga yang cukup.

Baca Juga:

Ini Dia 6 Jenis Obat Alergi yang Ampuh Meredakan Gatal

Sederhana dan Eksotis, Ini Dia 6 Jenis Rumah Adat Papua

Menu Makanan Sehat dan Simpel, Cocok Buat Kamu yang Belajar Memasak!