Mengetahui Jenis-Jenis CV Taaruf dan Contohnya

0
193

Penulis: Mita | Editor: Agnes

Taaruf merupakan proses perkenalan sebelum laki-laki dan perempuan memutuskan untuk menikah. Bagi umat muslim, proses ini amat dianjurkan apalagi salah satu syarat sah menikah adalah identitas dari masing-masing mempelai harus jelas. Cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan taaruf yaitu saling bertukar Curriculum Vitae (CV) antara laki-laki dan perempuan melalui seorang perantara yang saling mengenal keduanya.

Simak baik-baik ya, Ladies. Inilah contoh CV taaruf dan cara membuatnya agar isinya lengkap dan tampak menarik dilihat calon pasanganmu.

 Apa Itu CV Taaruf

surat keterangan belum menikah

Curriculum Vitae (CV) merupakan daftar riwayat hidup yang umumnya berisi biodata seseorang, riwayat pendidikan, dan pengalaman hidup (pengalaman kerja dan organisasi). Sementara itu, pada CV taaruf akan ada penambahan informasi lainnya seperti:

  • latar belakang keluarga
  • kehidupan sehari-hari
  • pendapatan per bulan
  • riwayat penyakit yang dimiliki
  • visi dan misi yang seseorang miliki dalam pernikahan
  • kriteria calon yang diinginkan untuk menjadi pasangan hidup
  • rencana pasca pernikahan
  • rencana pengelolaan keuangan, dan lain sebagainya.

Jenis CV Taaruf

Ada dua jenis CV taaruf yang dapat kita buat sesuai dengan tujuan kita, yaitu:

1. CV Taaruf Langsung (Tembak)

CV taaruf langsung maksudnya adalah kita membuat CV untuk yang tertuju langsung kepada seseorang yang telah kita sebelumnya. Biasanya di dalam CV taaruf ini kita menuliskan nama tujuan calon CV itu diberikan.

2. CV Taaruf Biasa

CV taaruf biasa maksudnya adalah kita membuat CV yang tidak dituliskan nama tujuan CV itu diberikan. CV jenis ini dianggap sebagai tujuan CV taaruf yang sebenarnya karena dua orang yang bertukar CV tidak saling mengenal meskipun mungkin ada dalam satu kegiatan aktivitas yang sama. Jika CV taaruf kita ada yang menerima maka kita bisa bertukar dengan CV calon pasangan.

Isi CV taaruf ini memang sebaiknya lengkap dan detail karena sebagai media yang digunakan di tahap pertama untuk mengenal satu sama lain antara dua orang yang berniat akan menikah. Format CV taaruf tidak berbeda jauh dengan CV untuk lamaran kerja. Ada beragam format yang bisa kita gunakan, baik itu ditulis tangan, diketik kemudian dicetak, didesain sedemikian rupa dan dicetak setelahnya, bisa juga menggunakan format digital.

Contoh CV Taaruf yang Lengkap

Inilah contoh CV taaruf lengkap yang bisa jadi referensi saat akan membuat CV bagi dirimu sendiri atau bisa juga membantu temanmu membuat CV.

1. Pada halaman pertama, CV taaruf kita, bisa diisi dengan data pribadi paling dasar (foto, biodata, media sosial, riwayat pendidikan).

2. Halaman kedua bisa diisi tentang profil diri dan profil keluarga. Ini penting supaya kita dan calon pasangan dapat saling mengenal diri dan keluarga masing-masing apakah sekufu atau tidak dan hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.

3. Halaman ketiga berisi visi dan misi yang kita miliki dalam pernikahan, rencana pasca menikah maupun informasi tambahan lainnya seperti pertanyaan tambahan seputar calon pasangan kita, atau permintaan khusus yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga yang akan dijalankan bersama.

Itulah informasi tentang contoh CV taaruf dan cara membuatnya. Jangan lupa siapkan CV taaruf-mu yang terbaik ya, Ladies.

Baca Juga:

Ternyata Ini Arti Mimpi Melihat Orang Menikah

Kenali Tugas Bridesmaid dan Groomsmen dalam Pernikahan

Ingin Cepat Sembuh? Berikut Kumpulan Doa Meminta Kesembuhan