Buat Ladies, Yuk Kenalan dengan Jenis Brush Make Up!

0
141

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Ladies yang baru coba menggunakan make up pasti bingung dengan banyaknya jenis brush make up. Setiap brush punya fungsi yang berbeda loh, jangan salah menggunakannya agar make up Ladies menempel secara optimal. Jika Ladies menggunakan brush sesuai fungsinya, bisa membuat make up lebih tahan lama dan tampak lebih smooth.

Oleh karena bentuk setiap brush berbeda, mudah kok mengenalinya jika Ladies sudah terbiasa. Nah, bagi Ladies yang masih pemula, simak nih penjelasan jenis dan fungsi brush berikut!

1. Powder brush

Kuas yang satu ini memiliki bulu tebal yang berfungsi meratakan bedak di wajah agar tidak terlalu tebal. Ada 3 jenis powder brush loh Ladies, namun yang membedakannya hanya ukuran saja. Varian powder brush meliputi small, medium, dan large. Selain memiliki bulu yang tebal, ujung kuas ini juga berbentuk agak cembung.

2. Foundation brush

Foundation brush memiliki bentuk pipih dan ujung kuas yang cembung. Ladies dapat menggunakan kuas ini untuk meratakan BB cream atau foundation. Bulu kuas ini juga lebih keras dibanding yang lainnya.

3. Angled Brush

Nah kalau kuas yang ini mudah banget dikenali Ladies. Kuas ini memiliki sudut miring yang berfungsi untuk mengaplikasikan bronzer. Ujung kuas biasanya membentuk sudut yang runcing. Bentuknya yang asimetris ini juga memudahkan kita membuat kontur di dahi dan tulang pipi.

4. Blush Brush

Ujung kuas blush brush hampir mirip seperti powder brush, namun tetap saja ada perbedaan di antara keduanya. Blush brush punya gagang kuas yang lebih ramping dan panjang dibanding powder brush. Bulu pada kuas ini juga lebih tipis loh Ladies. Selain berfungsi untuk blush on, kuas ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengaplikasikan shimmering.

5. Fan brush

Jenis kuas yang satu ini disebut fan brush karena bentuk bulunya yang menyerupai kipas. Bentuk bulu pipih dan melebar berfungsi untuk menggunakan highlighter di tulang pipi serta rahang, tepatnya di atas kontur. Kuas ini juga bisa digumakan untuk merapikan bagian detail pada wajah yang masih belum merata.

6. Concealer brush

Jangan salah menggunakan brush yang satu ini karena bentuk pipihnya sekilas mirip foundation brush. Concealer brush punya gagang yang lebih runcing dan panjang. Bulu kuas ini terasa lembut dan rapat dengan ujung bulu yang melengkung. Kuas ini bertugas meratakan concealer untuk menyamarkan area tertentu seperti bekas jerawat maupun lingkar hitam di sekitar mata.

7. Eyeshadow brush

Eyeshadow brush memiliki bulu berbentuk pipih, cembung dan pendek. Kuas ini dapat membentuk sudut mata melalui eyeshadow. Jadi, kalau Ladies ingin tampilan mata lebih oke, gunakan eyeshadow brush ya.

8. Kabuki brush

Wanna get a magic? Use this brush! Kabuki brush memiliki banyak fungsi yaitu meratakan bedak, blush on, highlighter hingga powder foundation loh, Ladies. Multifungsi banget, ya! Bentuknya pun mudah dikenali dengan kuas bundar, bulu yang melebar dan mengembang. Gagangnya pun lebih pendek dibanding kuas lainnya.

9. Lash brow brush

Nama lain dari kuas ini adalah sikat alis. Terdapat dua sisi pada lash brow brush dengan fungsi yang berbeda. Pada bagian yang menyerupai sisir bermanfaat untuk menyisir bulu mata sebelum menggunakan mascara sekaligus bisa merapihan gumpalan mascara yang tertinggal. Sementara pada bagian lainnya yang berbentuk sikat bisa digunakan untuk merapikan alis sebelum mulai membentuknya.

10. Lip brush

Jenis Brush Make Up 10

Terakhir, lip brush yang memiliki gagang kuas panjang disertai dengan bulu tipis, pendek, bertekstur kasar, dan padat. Lip brush berguna untuk mengaplikasikan lipstick, lip cream, atau lip palatte ke bibir. Bulu tipis dan padatnya justru membuat lengkungan sempurna pada garis bibir.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Ladies sudah paham dan bisa membedakan brush berdasarkan fungsinya? Seiring dengan latihan make up yang Ladies lakukan pasti akan terbiasa dengan sendirinya kok Ladies.