Jam Tidur Ideal dan Cukup Bikin Tubuh Lebih Bugar, Ini Penjelasannya!

0
153

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, berapa jam sih waktu kita tidur dalam sehari? Terkadang kesibukan yang padat membuat kita melupakan jam tidur ideal sehari-hari. Padahal, kualitas tidur yang cukup dan baik sangat mempengaruhi kesehatan kita loh.

Lalu, jam tidur ideal seperti apa sih yang sebaiknya kita lakukan tiap hari? Dan apa efeknya buat tubuh kita jika memiliki jam tidur cukup? Simak uraian singkatnya berikut ini ya!

Jam Tidur Ideal di Tiap Usia

Otak kita tidak serta merta ikut tidur ketika kita nyenyak terlelap di malam hari. Sistem-sistem di dalam tubuh tetap bekerja di bawah pengawasan otak. Itu sebabnya, kita butuh betul-betul mengistirahatkan seluruh badan dan pikiran kita agar sistem-sistem yang ada berfungsi maksimal.

Jam tidur ideal manusia tentu berbeda-beda, tergantung dari faktor usianya. Dilansir dari Halodoc, berikut ini daftar jam ideal untuk tidur:

  • Bayi baru lahir: waktu tidur 14-17 jam sehari.
  • Bayi usia 12 bulan: waktu tidur 10 jam di malam hari dan 4 jam tidur siang.
  • Anak usia 2 tahun: waktu tidur 11-12 jam di malam hari dan tidur siang siang 1-2 jam.
  • Anak usia 3-5 tahun: waktu tidur 10-13 jam.
  • Anak usia 6-13 tahun: waktu tidur 9-11 jam.
  • Remaja usia 14-17 tahun: waktu tidur 8-10 jam.
  • Orang dewasa: waktu tidur sebanyak 7-9 jam.

Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Jam tidur ideal yang kurang rentan menyebabkan berbagai risiko penyakit. Mulai dari jantung, stroke, tekanan darah tinggi, hingga ginjal. Bahkan, kekurangan waktu tidur sangat mungkin meningkatkan kadar gula darah sehingga memicu munculnya penyakit diabetes.

Agar tubuh senantiasa sehat, kita butuh mendisiplinkan diri dalam menentukan jam tidur ideal. Terlebih kita masih di usia sangat produktif. Jangan sampai deh ya nanti pas sudah menua justru kena banyak penyakit tak diinginkan. 

Membantu Menjaga Berat Badan

Buat Ladies yang sedang getol diet, info ini patut disimak nih. Kurang tidur juga dapat meningkatkan potensi obesitas. Pasalnya, hormon ghrelin dalam tubuh naik, sementara hormon leptin turun. Hal ini yang membuat kita mudah merasa lapar di keesokan harinya.

Bisa dibilang memiliki jam tidur ideal menjadi cara alami menurunkan berat badan. Atau setidaknya menjaga berat badan di angka yang baik. Siapa sangka waktu tidur cukup dapat melangsingkan badan kita ya.

Tubuh Menjadi Bugar di Jam-Jam Aktif

Dengan jam tidur ideal, tubuh kita menjadi kian bugar untuk beraktivitas di hari berikutnya. Badan akan jauh dari keluhan lemah, lesu, atau lunglai. Kita akan lebih mudah bersemangat di jam-jam aktif, terlebih untuk bekerja.

Saat kurang tidur, seseorang akan lebih mudah lelah dalam melakukan banyak kegiatan. Bahkan, tak jarang mengantuk sepanjang hari. Tentu hal ini tidak ingin kita alami setiap hari kan?

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, menjaga ketahanan tubuh menjadi hal paling penting. Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh kita adalah dengan mempunyai jam tidur ideal. Sistem kekebalan tubuh kita lebih kuat jika rutin cukup tidur.

Ketika tidur, sistem tersebut mengeluarkan senyawa sitokin yang nantinya memberikan perlindungan pada imunitas kita. Kekebalan inilah yang bertugas melawan berbagai potensi infeksi atau pun penyakit. Terjawab ya mengapa kurang tidur sering membuat kita mudah sakit seperti batuk, flu, atau demam. 

Setelah membaca informasi di atas, ada baiknya nih kita kembalikan jam tidur ideal kita. Jangan sampai badan kurang istirahat dan rentan kena penyakit!

Baca Juga:

Serba-Serbi Manfaat Sperma: Benarkah Baik untuk Kesehatan Wanita?

5 Merk Vitamin Lokal untuk Jaga Kesehatan Mata Keluarga

9 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik untuk Kesehatan